intip JurusanPojok #UNYu

5 Fakta Tentang Prodi Pendidikan Geografi

Untuk kamu calon mahasiswa baru yang masih galau dalam memilih jurusan, di bawah ini ada beberapa fakta yang dapat menggambarkan Pendidikan Geografi secara umum. Apa saja sih? Yuk scroll down.

pic : instagram.com/ganjar.aji/

1. Double knowledge (IPA & IPS)
Kuliah di jurusan Pendidikan Georafi nggak hanya melulu mempelajari bidang IPS saja seperti pada SMA, tetapi juga mempelajari bidang IPA. Walaupun Pendidikan Geografi menjurus pada bidang IPS, namun diperlukan juga ilmu IPA untuk digunakan dalam penelitian dan praktek. Misalnya seperti menghitung debit air, mengukur sungai, dan mengetahui warna tanah. Ilmu apa lagi yang ngga dibutuhkan kalau nggak Fisika, Kimia, dan Biologi? Eits, tapi jangan kuatir. Semuanya dipelajari dari nol, kok.

2. Sering berkunjung ke tempat wisata
Kuliah di jurusan Pendidikan Geografi tidak akan membuat kamu jenuh. Seberat apapun laporan praktik yang harus dikerjakan, pasti kamu akan sering dilibatkan dengan kegiatan mengunjungi tempat wisata. Sambil menyelam minum air. Sambil observasi dan praktik, kamu juga bisa menikmati keindahan ombak pantai.

Baca Juga  5 Alasan Kenapa Kamu Harus Nongkrong Di Garden Cafe UNY

3. Gudangnya mahasiswa pecinta alam
Pasti banyak mahasiswa jurusan Pendidikan Geografi yang dicap sebagai mahasiswa pecinta alam. Seringnya mengikuti kegiatan yang menyatu dengan alam, membuat para mahasiswa jurusan ini dituntut untuk lebih peka terhadap lingkungan dan kehidupan sekitar. Lama-lama pasti mahasiwa Pendidikan Geografi akan terbiasa dengan alam. Selain itu juga karena telah mempelajari dan mengetahui tentang alam, jadi akan lebih paham dan peka terhadap alam.

4. Peka dengan sosial budaya
Tak hanya mempelajari tanah dan batuan, mahasiswa Pendidikan Geografi juga mempelajari sosial kultur masyarakat setempat. Dari sini, sudut pandang ilmu pengetahuan sosial (IPS) yang berperan. Para mahasiswa akan mempelajari tentang posisi strategis suatu negara hingga pengaruhnya terhadap sosial budaya masyarakat.

Baca Juga  Mitos: 5 Pohon Ini Adalah Tempat Bersarangnya yang Halus-halus

5. Jurusan sepi peminat tetapi banyak peluang kerja
Banyak yang nggak tahu kalau jurusan Pendidikan Geografi merupakan jurusan dengan peluang karir yang cukup bagus. Sayangnya orang-orang seperti memandang sebelah mata dan berpikir pada salah satu sudut pandang saja. Padahal ada beberapa profesi yang menjanjikan untuk kamu yang lulusan Pendidikan Geografi seperti ahli sistem Geografis, pengajar Geografis, Peneliti Geografi, hingga ahli peta Geografi.

Nah itu adalah beberapa fakta terkait dengan jurusan Pendidikan Geografi. Bagaimana? Sudahkah kamu tentukan pilihanmu?

Nella Amiq

enigmatic

Related Articles

Back to top button
Close
X