Pojok #UNYu

Hal-hal yang Harus Dilakukan dan Dihindari Ketika Buka Puasa Bersama

Alhamdulillah ya teman tahun ini kita masih diberi kesempatan untuk menjalankan ibadah puasa di tahun ini. Bulan Ramadhan itu identik dengan apa sih? Biasanya identik dengan berbagai jajanan takjil dan juga ngabuburit. Nah selain hal tersebut, ada kegiatan penting lain di bulan Ramadhan, yap yaitu acara buka puasa bersama. Nah buka puasa bersama ini bisa dilakukan dengan siapa aja loh gengs. Misalnya dengan teman sekolah kalian, teman kampus, keluarga, dan lain-lain. Biasanya kan acara buka bersama menjadi ajang reunian, jadi kamu harus pandai-pandai dalam bersikap. Berikut hal-hal yang harus dilakukan dan dihindari ketika kamu buka puasa bersama.

1. Usahakan jangan terlambat ya

jangan terlambat
pic : mediamalang.com

Duh namanya juga acara buka puasa bersama sekalian ajang reunian. Usahakan jangan datang terlambat ya. Jangan datang pas mepet waktu buka puasa. Kan jadi nggak ada quality time bareng temen-temen. Kalau datangnya pas mepet waktu buka puasa kan malah pada langsung makan, terus pulangnya juga buru-buru pula. Ajang reuninya jadi nggak berkesan.

2. Taruh handphone-mu di saku atau tas

Taruh handphone-mu
pic : mypurnamaa.blogspot.co.id

Sekali lagi ditegaskan ya, bahwa acara buka puasa bersama kan juga bisa menjadi ajang reunian. Jadi tolong dengan sangat, lepaskan handphone, taruhlah di saku atau tasmu. Kalian nggak akan mendapatkan quality time yang berkesan dan berkualitas kalau sibuk main handphone sendiri-sendiri. Jaman sekarang diajak kumpul-kumpul masih sibuk main handphone sendiri? Nggak gaul gengs! Biar gaul ajak komunikasi langsung alias bertutur langsung dengan temanmu. Kalau misalnya ada nomor temanmu yang hilang, ya kamu bolehlah ngeluarin handphone buat menyimpan nomor temanmu, tapi setelah itu simpan handphone-mu ya!

Baca Juga  Pergeseran Makna Hijab Pada Mahasiswi

3. Tersenyum, memberi salam, dan pakailah pakaian yang sopan

assalamualaikum

Pastinya ada rasa kecanggungan  ya gengs kalau udah lama nggak ketemu teman lama? Nah usahakan kalian tetap menyapa teman-teman kalian dengan tersenyum ya. Biar teman kita juga seneng karena ketemu kita. Jangan lupa ucapkan salam misalnya “Hallo guys!” biar kesan keakrabannya terasa seperti dulu. Selain itu gunakan pakaian yang sopan ya. Yang sopan bukan berarti pakaian yang mewah dan mahal. Yang penting itu sopan buat kumpul-kumpul bareng. Karena kita bertemu banyak orang dan di tempat umum memang sewajarnya memakai pakaian yang sopan.

baca juga : Mau Ngabuburit Asyik? Kunjungi 5 Spot Berikut Ini

4. Tanyakan kabar temanmu, jangan sibuk dengan “ke-aku-an”

apakabar
pic : kanemochi-yotsuba.blogspot.co.id

Nah kalau udah sampai di tempat kumpul-kumpul nih, jangan lupa juga tanyakan kabar teman-temanmu, tanyakan kegiatannya ngapain aja. Dalam hal ini komunikasi penting. Dari misalnya kamu bertanya, temanmu menjawab, temanmu bertanya, kamu menjawab, jadinya ada feedback.  Terus jangan sibuk dengan “ke-aku-an”. Maksudnya kamu jangan terus-terusan ngomongin dirimu. Kamu juga harus memberi kesempatan kepada temanmu untuk bercerita. Kalau kamu sibuk dengan “ke-aku-an” temanmu bisa jadi males lho.

Baca Juga  Tipe-tipe Dosen Serta Cara Menghadapinya

5. Jangan selfie terus coy!

selfie bukber
pic : instagram.com/ikhsanul_fikrii/

Namanya acara buka puasa bersama harusnya foto-fotonya juga bareng-bareng dong. Kamu jangan sibuk dengan dirimu sendiri buat pengen difotoin di tempat makan tersebut. Seharusnya kamu menyadari bahwa acara tersebut bisa jadi hanya terjadi setahun sekali, jadi lebih baik kamu harus mendapatkan rasa kebersamaan itu. Lebih baik fotonya bareng-bareng aja ya.

Semoga tipsnya berguna ya gengs. Buat yang mau buka puasa dan juga reunian, perhatikan hal-hal di atas ya. Semoga bisa menjadi referensi hihi.

Bekti Renggani

Sastra Indonesia | 2014 | Mahasiswi yang suka nonton anime dan makan makanan Jepang

Related Articles

Back to top button
Close