Pojok #UNYuTips

5 Hal Produktif Yang Bisa Dilakukan Selama Libur Semester

Liburan semester genap adalah salah satu momen yang ditunggu-ditunggu oleh sobat #UNYu karena durasi libur yang diberikan cukup lama, kurang lebih dua bulan. Hal ini tentu sangat berbeda dengan durasi liburan semseter ganjil yang biasanya tidak sampai satu bulan. Oleh karena itu, momen liburan semester genap adalah momen yang perlu disiapkan bahkan sebelum liburan dimulai. Tapi, banyak juga loh sobat #UNYu yang masih bingung dengan rencana liburan mereka akan diisi dengan kegiatan apa. Untuk itu, kami ingin memberikan beberapa saran kegiatan produktif yang bisa sobat #UNYu lakukan selama liburan semester. Tanpa basa-basi lagi, yuk kita simak!

1. Turut Andil Dalam Event Kampus

Kampus adalah salah wadah bagi mahasiswa untuk mencari banyak pengalaman, salah satunya pengalaman berorganisasi. Akan tetapi, banyak mahasiswa yang masih merasa khawatir jika tujuan utama mereka untuk mengikuti perkuliahan jadi keteteran karena terlalu sibuk mengurusi organisasi.

Nah, liburan semester ini adalah waktu yang tepat bagi sobat #UNYu untuk mendapatkan pengalaman yang sama seperti pengurus organisasi, yaitu dengan ikut andil sebagai panitia sebuah event. Memang bukan sebagai pengurus organisasi, sih. Akan tetapi, manfaat yang didapatkan tidak jauh berbeda kok dengan mahasiswa yang aktif berorganisasi.

Biasanya, event yang sedang naik daun saat liburan semester adalah PKKMB UNY. Lewat event tersebut, sobat #UNYu bisa coba mendaftarkan diri untuk menjadi bagian dari panitia pelaksananya, baik itu panitia di tingkat universitas, fakultas, ataupun jurusan. Divisi yang ditawarkan dalam event PKKMB ini biasanya juga cukup banyak. Jadi, sobat #UNYu bisa memilih divisi apa yang sesuai dengan minat dan kemampuan kalian.

Baca Juga  Keuntungan Menjadi Mahasiswa UNY

Dengan ikut andil dalam sebuah event, kamu bisa mendapatkan banyak pengalaman. Mulai dari pengalaman leadership, belajar bersosialisasi yang baik, manajemen acara, dll.

2. Ikut Lomba

Tidak semua orang bisa mudah beradaptasi ketika bertemu dengan orang baru. Apalagi jika pertemuan tersebut menyangkut kepentingan orang banyak sehingga menjadi sebuah tanggung jawab yang berat baginya. Tipe-tipe mahasiswa yang seperti ini biasanya tidak ingin terlibat aktif dalam organisasi atau event kampus.

“Kalau begitu sia-sia dong keluar biaya banyak untuk kuliah, tapi tidak punya pengalaman apapun?”

Eits, jangan salah paham dulu! Mahasiswa yang tidak memiliki pengalaman berorganisasi tidak selalu tentang menyia-nyiakan biaya yang sudah banyak dikeluarkan. Mahasiswa juga bisa mencari pengalaman dengan mengikuti berbagai macam lomba yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Banyak lomba yang mensyaratkan pesertanya adalah seorang mahasiswa. Hal tersebut menjadi kesempatan besar yang tidak bisa didapat oleh orang-orang yang statusnya bukanlah mahasiswa.

Dengan mengikuti sebuah perlombaan, sobat #UNYu bida mendapatkan banyak manfaat. Terlebih jika bisa menjadi pemenang, tentu akan sangat berguna ketika dicantumkan dalam curriculum vitae. Seandainya sobat #UNYu belum bisa memenangkan perlombaan pun, kalian harus tetap semangat dan tidak boleh bersedih hati. Justru dari kegagalan tersebut kita bisa mendapatkan banyak pengalaman dan ilmu baru.

3. Magang/Part Time

Magang atau kerja part time juga bisa sobat #UNYu jadikan pilihan untuk mengisi waktu luang selama liburan semester. Program magang dan part time ini tidak hanya bisa dilakukan saat liburan saja. Sobat #UNYu bisa melanjutkan kegiatan tersebut bahkan saat perkuliahan sudah berjalan seperti biasa.

Baca Juga  Keistimewaan Prodi D4 Administrasi Perkantoran

Adanya kebijakan kampus merdeka menjadikan mahasiswa lebih mudah untuk mencari dan mengikuti program magang yang disediakan oleh berbagai perusahaan yang tentunya sudah bekerja sama dengan Kemendikbud. Selain mendapatkan pengalaman kerja, tentunya sobat #UNYu juga bisa dapat cuan, kan?

4. Merintis Bisnis

Bagi mahasiswa yang bercita-cita ingin menciptakan lapangan kerja, liburan semester ini merupakan waktu yang tepat untuk memulainya. Saat liburan semester, kita bisa fokus untuk merintis bisnis karena tidak perlu memikirkan tugas kuliah yang menumpuk. Sobat #UNYu bisa mulai mempersiapkannya dengan mengikuti pelatihan usaha, seminar, atau webinar yang sesuai dengan bisnis yang akan kalian rintis. Jika memang sudah memiliki ilmu yang cukup, sobat #UNYu bisa langsung mulai mengeksekusi usaha tersebut saat liburan itu juga. Jadi, ketika sudah lulus dari bangku perkuliahan, kalian cukup mengontrol kerja karyawan di perusahaan saja.

5. Mempersiapkan Judul untuk Tugas Akhir

Kalau kamu termasuk sobat #UNYu yang memiliki cita-cita lulus dari UNY dengan cepat, poin kelima ini adalah solusinya. Waktu luang selama liburan bisa sobat #UNYu manfaatkan untuk membaca banyak jurnal penelitian, melakukan riset, menentukan judul skripsi bahkan mulai menulis kerangka  yang akan kalian garap. Jadi, kalau teman-temanmu masih sibuk memikirkan kegiatan organisasi, pengulangan mata kuliah, atau projek lainnya, kamu justru sudah siap merapikan skripsimu dengan sentuhan-sentuhan kecil saja.

Nah, 5 kegiatan di atas adalah beberapa kegiatan produktif yang bisa sobat #UNYu lakukan selama liburan. Meskipun liburan sudah berjalan hampir sebulan, tidak ada salahnya loh kalian coba memulainya sekarang. Semangat produktif sobat-sobatku yang aktif!

Zahra Radhiyya M

Mahasiswi S1 Pendidikan Teknik Boga

Related Articles

Back to top button
X