5 Kunci Menjemput Kesuksesan di Semester Baru | UNY COMMUNITY
Wednesday , 14 November 2018
Home / Pojok #UNYu / 5 Kunci Menjemput Kesuksesan di Semester Baru

5 Kunci Menjemput Kesuksesan di Semester Baru

sukses

Akhirnya Semester baru telah datang menjemput, kita kembali dihadapkan dengan kegiatan perkuliahan. Bertemu dengan tumpukan tugas kuliah dan tetek-bengeknya. Bertemu kembali dengan dosen, dari yang baik hati sampai dengan yang “killer” . Bertemu lagi dengan perkuliah pagi sampai sore hari. Namun, sejatinya semester baru merupakan kesempatan baru bagi para mahasiswa untuk memperbaiki diri, maupun meningkatkan kualitas dirinya masing-masing. Lalu, bagaimanakah Tipsnya untuk menjemput kesuksesan di Semester Baru? Berikut beberapa Kuncinya

1. Belajarlah dari kesalahan semester lalu

Setelah melewati satu semester perkuliahan, tentunya kita telah menghadapi berbagai macam hal, termasuk kesuksesan dam kegagalan dalam hal perkuliahan. Nah, di awal semester yang baru ini merupakan saat yang tepat untuk merenungkan kembali dan memahami penyebab dari kegagalan yang telah kita alami. Mungkin saja kegagalan itu disebabkan oleh beberapa hal, seperti; metode belajar yang salah, sering begadang, management waktu yang amburadul, terlalu banyak bermain dan lain sebagainya. Oleh sebab itu semua penyebab kegagalan itu harus kita berbaiki di semester baru ini.

Baca Juga  Hai Ladies! Yuk Sayangi Diri Kita Secara Alami

2. Tentukan target pencapaian

Setelah penyebab kegagalan pada perkuliahan semester lalu telah diketahui, kini saatnya untuk menetukan target-target yang ingin dicapai kedepannya. Kita WAJIB dan HARUS membuat target yang ingin dicapai dalam satu semester. Misalnya berapa IP yang ingin didapatkan secara umum, atau berapa nilai yang ingin diperoleh per mata kuliah.

3. Rencanakan anggaran pengeluaran

Selain berlajar dari kegagalan dan menetukan target pencapaian, merancang anggaran juga merupakan hal yang terpenting. Kenapa? karena kondisi keuangan akan mempengaruhi performa kita dalam menghadapi pekuliahan. Kalkulasikan dan rencanakan pengeluaran termasuk dana untuk membuat tugas dan segala macamnya

4. Kenali dosen dan mata kuliahnya

Baca Juga  5 Tips Merawat Kulit yang Nggak Bikin Kantong Kering

Mencari tahu mata kuliah apa saja yang akan didapatkan di semester ini dapat membantu kita dalam menetapkan strategi perkuliahan yang lebih baik. Misalnya saja strategi dalam memilih dosen mata kuliah yang sesuai. Karena pada dasarnya cara mengajar setiap dosen berbeda-beda, strategi ini dapat membantu kita untuk lebih memahami mata kuliah yang diambil.

5. Liburan

Siapa bilang liburan itu menggangu kuliah ? Ya,,, Sesekali kita tentu butuh hiburan untuk melepas jenuh. Misalnya dengan camping dipantai atau mendaki gunung. Belajar terus tidak enaklah ya. Rencanakan pula liburan dan hiburanlah drmu untuk melarikan diri dari stres, tapi tentu jangan kelamaan pula. Takutnya kalau kelamaan jadinya lupa deh sama perkuliahan.

Baca Juga  Seberapa Pentingkah “The Power of Reading”

Demikianlah 5 Kunci Menjemput Kesuksesan di Semester Baru Semoga bermanfaat dan jangan lupa SEMESTER BARU SEMANGAT BARU ya guys.

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

Lomba memperingati Pekan HAM

Dalam rangka memperingati Pekan HAM pada 10 Desember 2018 ✨MAHASISWA PKNH UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DENGAN …