Mahasiswa BangetPojok #UNYuTips

7 Tips Sebelum dan Saat Presentasi Kelompok

Mahasiswa itu makanan sehari-harinya ya tugas. Ada aja tugas yang bejibun banyaknya dari dosen. Yang satu belum dikerjakan, eh udah ditambah tugas mata kuliah yang lain. Kalau nggak tugas individu ya tugas kelompok. Terkadang tugas kelompok itu ada senengnya juga, karena dikerjakan bareng-bareng, siapa tahu juga lebih cepat selesai. Kalau ngomongin tugas kelompok, biasanya nggak lepas dari kata “presentasi” kan gaes? Biasanya aplikasi yang sering buat presentasi ya aplikasi power point. Nah namun presentasi itu nggak semudah utak atik aplikasi power point lho, walau hanya bicara di depan teman sendiri kan kadang juga merasa gerogi. Nah berikut ada tips nih untuk persiapan presentasi kelompok dan pas hari presentasinya.

#377 Akhir Presentasi

1. Sebelumnya, kenali siapa kelompokmu dulu

Walau ini terkesan simpel banget, tapi juga cukup penting lho. Jadi kan kalau kelompokan bakal dibagi tuh, misal pakai urutan NIM atau berdasar tempat duduk, dan sebagainya. Nah pas pertama kali dapat kelompok itu kalian hafalin dulu siapa yang menjadi anggota kelompok kalian, atau kalau boleh dicatet. Dan kalau merasa belum punya kontaknya (misal nomor HP), jangan sungkan-sungkan untuk meminta. Karena bagaimana pun dia adalah kelompokmu.

2. Jalin komunikasi

Nah kalau tips nomer satu adalah hafalin siapa kelompokmu, yang nomer dua nih, komunikasi. Penting banget banget banget. Kalau mau ngerjain tugas kelompok kan kumpul bareng-bareng tuh, jadi ya sebisa mungkin meluangkan waktu demi tugas kelompok. Terus janjian datang jam berapa dan dimana itu juga harus jelas.

Baca Juga  Pengen dapat Perhatian Lebih dari cewek, Lakukan Hal Romantis Berikut

3. Cari buku referensi yang tepat

Kan kalau tugas kelompok biasanya dibagi tuh dapet materi apa, nah jadi kalian juga nggak boleh lupa untuk mencari buku referensi sebagai bahan acuan. Karena kita mahasiswa kan sudah selayaknya tahu tidak boleh berbuat plagiasi, asal copy paste dari blog nggak jelas di internet, terus dikumpulkan. Hmm padahal kan ada alat canggih yang mendeteksi tentang plagiasi itu. Jadi yang aman ya cari buku aja ya gaes.

4. Tugas kelompok harus dibagi adil

Penting banget nih. Misalnya di kelompok kalian ada 5 orang. Nah sebaiknya dibagi tuh tugasnya, oh misalnya si A mengetik, si B mencari buku, si C membuat power point, dan sebagainya. Jadi memang seharusnya dibagi secara adil dan semua anggota harus ikut andil bagian semua. Kalau memang terpaksanya ada anggota yang tidak mau bekerja ya coret aja dari kelompok.

5. Menguasai materi

Nah, kalau yang ini pas harinya presentasi. Jadi sebelum kelompok kalian presentasi, per anggota kelompok diwajibkan untuk menguasai materi. Kan kalau presentasi dibagi tuh yang ngomong, jadi sebisa mungkin ya menguasai materi yang dibahas. Usaha jangan gugup. Jadi sebelumnya boleh lho berlatih di depan cermin. Atau boleh juga kelompok kalian mengadakan gladi resik sebelum presentasi. Kan kalau presentasi kalian bagus, dosen dan teman yang lain pun juga menikmati.

6. Biar kompak, pas presentasi pakai pakaian yang seragam

Nah yang nomer 6 ini pasti jarang dilakukan ya? Hmm agar kelompok kalian kelihatan lebih kompak, boleh lho pakai pakaian yang seragam waktu hari presentasi kelompok kalian. Misalnya pakai pakaian dengan warna yang sama, atau pakai korsa / PDL. Secara nggak langsung dosen kan juga bakal nilai kalian dengan penampilan yang baik.

Baca Juga  Jadwal Seleksi Mandiri (SM) UNY 2020

7. Power point dibuat sederhana, lengkap, disertai citasi

Biasanya kan aplikasi yang sering digunakan waktu presentasi kelompok ya power point kan? Nah padahal power point itu juga cukup memanjakan kita dengan adanya background yang menarik dan ikon lainnya. Namun jangan sampai gagal paham. Maksudnya, sebagus-bagusnya power point dari kelompok kalian, disitu juga harus jelas pembahasan materi yang sedang dipresentasikan. Lalu jangan lupa diberi citasi, di ujung atas atau bawah. Citasi maksudnya semacam daftar pustaka gitu, misalnya (Anwar, 2013: 57). Nah, seperti itu dosen juga bisa melirik lho kesungguhan dari kelompok kalian hingga menulis citasi seperti itu. Jadi kan dosen juga tahu kalau kelompok kalian tidak asal mengerjakan tugas langsung jadi semacam copy paste gitu.

Bagaimana tipsnya gaes? Unik unik kan? Semoga bermanfaat ya. Boleh lho diaplikasikan sebelum dan saat kalian presentasi. Karena presentasi di depan teman gitu walau sekedar presentasi materi perkuliahan, kalau semakin sering kita melakukan hal itu dengan baik, juga bisa menjadi bekal besok saat bekerja. Kan bicara di depan orang itu nggak mudah hehe. Semoga yang mau presentasi kelompok diberi kelancaran ya! Aamiin.

Bekti Renggani

Sastra Indonesia | 2014 | Mahasiswi yang suka nonton anime dan makan makanan Jepang

Related Articles

Back to top button
Close
X