PMB UNYPojok #UNYu

Banyak Jalan Menuju UNY: Seleksi Mandiri UNY 2021

Wah selamat ya buat kalian yang kemarin sudah dinyatakan diterima di UNY melalui jalur SNMPTN maupun SBMPTN. Semangat melanjutkan perjuangan menuntut ilmu. Untuk kalian para pejuang yang belum berhasil jangan berkecil hati, yakinlah kalian masih memiliki tekad pejuang yang tak gentar menggapai asa sampai tercapai, bukan? Seperti pepatah yang mungkin sudah sering kita dengar. Masih ada banyak jalan menuju Roma. Yap benar sekali. Begitu pun untuk berkuliah di UNY masih banyak jalan yang terbuka salah satunya adalah melalui Seleksi Mandiri (SM) UNY. Seleksi ini tidak hanya satu jalur saja, melainkan ada banyak sekali jalur SM yang bisa kalian coba seluruhnya untuk meningkatkan peluang kalian menjadi bagian keluarga kampus biru.

Apa saja jalur SM UNY? Yuk simak dulu informasi dan segala syarat dan ketentuan SM UNY 2021 berikut ini.

1. Seleksi Mandiri D IV
SM ini diperuntukkan bagi kalian yang ingin berkuliah di jurusan D IV UNY. Jenjang D IV atau sarjana terapan setara dengan S1. Ada beberapa jurusan dan program studi di UNY dengan jenjang D IV untuk lebih jelasnya bisa kalian lihat di pmb.uny.ac.id. Pada tahun ini SM D IV terdapat dua jalur masuk yaitu Jalur Tes Tulis dan Skor UTBK.

a. Seleksi Mandiri D IV Jalur Tes Tulis
Jalur ini peserta harus melakukan tes tertulis sebagai syarat penilaian atau scoring. Terdapat dua pilihan pelaksanaan tes tulis yaitu, CBT Domisili dan CBT Kampus. CBT Domisili berarti peserta melakukan tes menggunakan sistem Computer Based Test di tempat tinggal atau domisili masing-masing dengan tetap mengikuti segala ketentuan yang telah ditetapkan oleh panitia PMB. Pendaftaran SM D IV Tes Tulis CBT Domisili dibuka sejak 31 Mei 2021 sampai dengan 21 Juli 2021. Pelaksanaan tes akan diinformasikan ketika peserta telah melakukan finalisasi data pendaftaran. Hasil seleksi diumumkan pada 29 Juli 2021. Sedangkan CBT Kampus menggunakan sistem Computer Based Test di kampus UNY. Pendaftaran SM D IV Tes Tulis CBT Kampus dibuka sejak 7 Juni 2021 sampai dengan 2 Juli 2021. Pelaksanaan jadwal tes juga akan diinformasikan ketika peserta telah melengkapi data pendaftaran. Pengumuman hasil ujian pada 8 Juli 2021.

b. Seleksi Mandiri D IV Skor UTBK
Berbeda dengan jalur masuk sebelumnya, jalur ini tidak membutuhkan tes tulis dari peserta, melainkan menggunakan skor UTBK yang sudah dimiliki peserta. Sehingga jika ingin mengikuti jalur seleksi ini peserta wajib mengikuti UTBK sebelumnya. Rumpun mendaftaran jalur ini harus sama dengan rumpun yang diambil saat UTBK. Sebagai contoh saat UTBK mengambil rumpun jurusan saintek, maka saat mendaftarkan SM D IV Skor UTBK juga harus dalam rumpun saintek. Untuk pengelompokkan rumpun jurusan bisa dilihat di laman pmb.uny.ac.id. Pendaftaran dibuka mulai 14 Juni 2021 sampai 8 Juli 2021. Hasil seleksi akan diumumkan pada 10 Juli 2021.

2. Seleksi Mandiri S1
Apabila sebelumnya dikhususkan untuk peserta yang ingin mendaftar di program D IV, kali ini diperuntukkan untuk peserta yang ingin mendaftar untuk program S1. Seleksi Mandiri S1 dikelompokkan dalam beberapa bagian yaitu, Jalur Non Tes Tulis, Jalur Tes Tulis, dan Skor UTBK.

Baca Juga  Ingin Tampil Cantik di Hari Wisuda ? Berikut ini Rekomendasi MUA JOGJA !

a. Seleksi Mandiri S1 Jalur Non Tes Tulis
1) SM S1 Prestasi Akademik
Diperuntukkan bagi peserta dengan menggunakan nilai raport dan prestasi akademik. Seleksi calon mahasiswa baru S1 berbasis nilai rapor dan prestasi akademik. Peserta adalah lulusan SMA/MA/SMK Tahun 2019, 2020, atau 2021. Bukti prestasi akademik wajib diunggah melalui laman http://pmb.uny.ac.id. Memilih 1 (satu) prodi S1 yang diminati. Peserta yang memilih prodi olahraga atau seni harus mengunggah portofolio keterampilan sesuai pilihan prodi. Biaya pendaftaran sebesar Rp200.000,00 dibayar melalui Bank Mandiri, Bank BTN, Bank BPD DIY, atau Tokopedia. Prosedur pendaftaran dan pembayaran dapat dilihat di laman http://pmb.uny.ac.id.
2) SM S1 Prestasi Unggul
Seleksi calon mahasiswa baru S1 yang berprestasi unggul dalam bidang akademik dan nonakademik (a.l. bidang seni, olahraga, LKS, Olimpiade, Hafidz Al-Qur’an dan penghafal kitab suci lain). Peserta adalah lulusan SMA/MA/SMK Tahun 2019, 2020, atau 2021. Bukti prestasi unggul dalam bidang akademik dan nonakademik (misal: piagam penghargaan, sertifikat) minimal tingkat kabupaten/kota yang diperoleh saat SMA/MA/SMK wajib diunggah melalui laman http://pmb.uny.ac.id. Memilih 1 (satu) prodi S1 yang diminati. Peserta yg memilih prodi olahraga atau seni harus mengunggah portofolio keterampilan sesuai pilihan prodi. Biaya pendaftaran sebesar Rp200.000,00 dibayar melalui Bank Mandiri, Bank BTN, atau Bank BPD DIY. Prosedur pendaftaran dan pembayaran dapat dilihat di laman http://pmb.uny.ac.id.
3) SM S1 Talent Scouting
Lulusan SMA/MA/SMK tahun 2019, 2020, atau 2021. Siswa SMA/MA/SMK yang memiliki Prestasi Non Akademik peringkat atau juara 1, 2 dan 3 serendah-rendahnya tingkat Kabupaten/Kota dalam lomba atau kejuaraan bidang olahraga, bidang MTQ, bidang penalaran, bidang Seni dan bidang minat khusus (dibuktikan dengan sertifikat kejuaraan dan divalidasi Lembaga yang kredibel). Pendaftaran secara online di http://pmb.uny.ac.id. Biaya pendaftaran sebesar Rp200.000,00 dibayar melalui Bank Mandiri, Bank BTN, Bank BPD DIY, atau Tokopedia.
Piagam kejuaraan harus mencantumkan Nama yang bersangkutan; Jumlah sertifikat yang dapat dimasukkan 5 buah/Kategori; Membawa surat rekomendasi dari KONI atau Induk Organisasi Cabang Olah Raga untuk prestasi dalam bidang olahraga. Mengikuti ujian wawancara.
4) SM S1 Prestasi Olahraga Unggul
Pendaftaran Secara Online di http://pmb.uny.ac.id. Uang Pendaftaran Rp350.000,00 dibayarkan melalui Bank Mandiri. Mengunggah Hasil Tes Kesehatan dan Piagam Prestasi. Mengikuti Ujian Tulis (CBT) dan Uji Kecabangan Olahraga. Tinggi badan minimal: putra 160 cm, putri 155 cm dan tidak buta warna. Bersedia Membela Tim UNY. Bersedia tinggal di asrama FIK.

Baca Juga  KTM Kamu Hilang? Ingin Mengurus KTM Baru? Ikuti Prosedur Ini Ya

b. SM S1 CBT
Sama halnya dengan CBT untuk program D IV, SM CBT S1 dilaksanakan dalam dua system yaitu CBT Domisili dan CBT Kampus. Pendaftaran dibuka pada 22 Juni sampai 19 Juli 2021 untuk CBT Domisili dan 13 Juli 2021 untuk CBT Kampus. Seleksi calon mahasiswa baru S1 berdasar hasil tes akademik. Peserta adalah lulusan SMA/MA/SMK/Paket C tahun 2019, 2020, atau 2021. Memilih maksimal 2 (dua) prodi S1 untuk Kelompok SAINTEK atau SOSHUM. Peserta yg memilih prodi olahraga atau seni harus mengunggah portofolio sesuai pilihan prodi. Biaya pendaftaran sebesar Rp200.000,00 dibayarkan melalui Bank Mandiri, Bank BTN, Bank BPD DIY, atau Tokopedia. Prosedur pendaftaran dan pembayaran dapat dilihat di laman http://pmb.uny.ac.id. Mengikuti Computer Based Test (CBT) sesuai dengan kelompok ujian SAINTEK atau SOSHUM (materi: TPA, Bhs. Inggris, Bhs. Indonesia, IPA atau IPS), dan sesuai jadwal.

c. SM S1 Skor UTBK
Peserta yang sudah melakukan UTBK dan memiliki skor UTBK dapat mengikuti jalur ini. Seleksi dilakukan berdasarkan hasil skor UTBK. Peserta adalah lulusan SMA/MA/SMK/Paket C Tahun 2019, 2020, atau 2021 yang mengikuti UTBK tahun 2021. Pilihan prodi harus sesuai dengan kelompok UTBK yang diikuti pada tahun 2021. Memilih maksimum 2 (dua) prodi S1 untuk Saintek atau Soshum. Peserta yang memilih prodi olahraga atau seni harus memiliki nilai portofolio keterampilan di UTBK 2021. Biaya pendaftaran sebesar Rp200.000,00 dibayar melalui Bank Mandiri, Bank BTN, Bank BPD DIY, atau Tokopedia. Prosedur pendaftaran dan pembayaran dapat dilihat di laman http://pmb.uny.ac.id.

d. SM S1 Kerja Sama
Diselenggarakan atas kerja sama kemitraan antara UNY dengan instansi pemerintah/swasta. Kuota diatur tersendiri. Waktu pelaksanaan diatur tersendiri sesuai dengan kesepakatan kerja sama. Peserta mengikuti CBT sesuai kelompok prodi yang dipilih. Peserta yg memilih prodi olahraga atau seni harus mengunggah portofolio sesuai pilihan prodi. Tes dapat diselenggarakan di lokasi mitra kerja sama Biaya penyelenggaraan seleksi ditanggung oleh mitra kerja sama.

Bagaiman kira-kira kalian mau daftar lewat jalur mana, atau mungkin mau coba daftar semuanya? Well, semoga berhasil ya dan tetap semangat berjuang. Oh iya, untuk info lebih lengkap lagi mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UNY bisa diakses di pmb.uny.ac.id.

Dika Andri Pradana

Mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Jerman

Related Articles

Back to top button
Close
X