Beberapa Fakta Menarik Tentang Gen Z | UNY COMMUNITY
Saturday , 15 December 2018
Home / Pojok #UNYu / Beberapa Fakta Menarik Tentang Gen Z

Beberapa Fakta Menarik Tentang Gen Z

Sebentar lagi keberadaan generasi milenial akan digeser oleh kehadiran penerusnya yaitu generasi Z atau gen Z. Bloomberg of United Nation Data mengeluarkan sebuah analisis terbarunya yaitu jika gen Z ini memiliki jumlah 32 persen dari populasi global pada tahun 2019. Angka ini mengalahkan jumlah generasi milenial yang menurut sebuah laporan adalah mereka yang lahir pada tahun 1980 hingga 2000 an. Didalam laporan itu juga dikatakan jika jumlah generasi milenial sebanyak 31,5 persen dari total 7,7 miliar populasi masyarakat. Gen Z bisa digunakan untuk mengelempokkan anak anak yang terlahir pada tahun 2001 hingga “kelompok generasi” berikutnya yang akan muncul.

Berikut beberapa fakta menarik tentang gen Z diantaranya yaitu :

  • Lebih Fokus Kepada Diri Mereka Sendiri

Menurut sebuah laporan yang ditulis oleh Marcie Merrimen seorang direktur eksekutif di Ernest and Young LLP pada tahun 2015 didalam sebuah laporan yang berjudul Rise Of Gen Z : New Challenge for Retailers, dituliskan disana jika generasi ini lebih bisa fokus kepada dirinya sendiri jika dibandingkan dengan rekan rekannya dengan usia yang lebih muda yang akan lebih mawas diri secara komparatif.

Didalam laporannya Merrimen mengatakan jika orang orang yang lebih muda akan menempatkan penekanan jauh lebih besar jika dibandingkan dengan peranan mereka didunia sebagai bagian dari sebuah ekosistem yang lebih luas dan tanngung jawab mereka didalam membantu untuk meningkatkannya. Sedangkan mereka yang termasuk kedalam generasi milenial atau yang usianya lebih tua akan disibukkan dengan nafsunya yang egois. Didalam laporan itu dibandingkan jika generasi milenial sebagai “berhak”, “ideais”, “kreatif”, dan juga “bergantung”. Sedangkan Gen Z sebagai sosok yang “realis”, “inovatif”, dan “mandiri”. Ini bukanlah untuk yang pertama kalinya generasi milenial mendapatlan penilaian yang buruk dari media dan pastinya ini juga bukanlah penilaian yang terakhir.

  • Menyukai Hal Yang Detail
Baca Juga  Mahasiswa Berkacamata [Biasanya] Mengalami Hal Ini

Generasi ini akan menyukai sesuatu hal yang detail dan termasuk kedalam golongan yang kritis didalam berpikir dan akan detail didalam mencermati sebuah permasalahan. Dizaman sekarang ini untuk mencari sebuah info sangat mudah sekali yaitu cukup dengan mengklik tombol search engine. Pada saat akan menulis topic dengan menelusuri google engine, maka akan terbukalah jendela dunia yang berisikan segala informasi dan juga gambar yang berkaitan erat dengan topic yang ditulis tersebut. Sehingga jangan heran jika anak anak sekarang sangat kritis.

  • Ingin Mendapat Pengakuan

Setiap orang pada dasarnya mempunyai keinginan untuk diakui atas kerja keras, usaha, dan kompetensi yang telah dirinya lakukan. Tetapi anak anak yang termasuk kedalam generasi ini kecenderungannya selalu ingin diberikan pengakuan dalam bentuk reward seperti pujian, hadiah, sertifikat, dan juga penghargaan. Mereka akan sering menganggap jika dirinya adalah seseorang yang unik dan istimewa. Oleh karena itulah dibutukannya justifikasi didalam bentuk pengakuan untuk keistimewaan yang mereka miliki.

  • Mahir Menggunakan Segala Macam Teknologi
Baca Juga  Petuah Sederhana untuk Calon Mahasiswa Baru

Generasi ini lahir pada era dimana digital sudah mulai merambah dan berkembang dengan sangat pesat didunia. Generasi ini akan sangat mahir didalam menggunakan segala macam teknologi yang telah tersedia, dan mereka akan menggunakan teknologi itu didalam menunjang kehidupan sehari harinya. Mereka akan lebih menyukai untuk berkomunikasi melalu media sosial atau dunia maya daripada harus menghabiskan waktu untuk bertatap muka dengan orang orang yang lainnya.

Itulah beberapa fakta menarik tentang gen Z. JIka kamu termasuk kedalam gen Z maka apakah fakta fakta diatas sudah ada pada diri kamu.

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

Menikmati Sisi Lain Pulau Dewata Bali Saat Perayaan Nyepi

Istirahat sejenak dari penat bisa menjadi salah satu cara kita menghimpun dan mengendalikan kembali energi …

X