JogjakuWisata

Beranjangsana Ke KRKB Gembira Loka Yogyakarta

Ada yang akrab dengan nama Kebun Rojo? Bagaimana Kalau Umbulharjo? Terdengar mirip bukan? Kebun Rojo ialah cikal bakal salah satu tempat wisata di Yogyakarta. Sudah bisa menebak?

Ya exactly, Kebun Rojo sekarang ini lebih akrab dikenal dengan nama Kebun Raya dan Kebun Binatang (KRKB) Gembira Loka. Kebun Binatang Gembira Loka sendiri telah tergagas cetak birunya kurang lebih pada kurun waktu 1933 pada era Sri Sultan Hamengkubuwono IX dengan bantuan arsitek kenamaan Ir.Kartsen yang juga membangun gedung megah Lawang Sewu Semarang.

Selang waktu berjalan, dibawah naungan PT Buana Alam Tirta kini Kebun Rojo telah bertransformasi menjadi “Gembira Loka Zoo”. Perkembangan dan revitalisasi yang rajin digalakkan  membuat jumlah wisatawan mengalami peningkatan. Tempat teduh nan asri menambah sensasi tersendiri .Apalagi bisa juga mengajak sanak famili .

So, Kebun Binatang Gembira Loka bisa menjadi pilihan destinasi liburanmu lho! Untuk menambah wawasan berikut kami berikan ulasannya, check this out !

  1. Dimana Alamat Kebun Binatang Gembira Loka ?

Secara administratif Kebun Binatang Gembira Loka tercatat di Jalan Kebun Raya no 2 ,Umbulharjo No 2 Yogyakarta. Jika datang dari arah Jalan Kusumanegara, teman-teman akan melewati jembatan diatas Sungai Gajah Wong. Untuk nomer hotlinenya sendiri ada pada 081-222-6622-90 . Akun officialnya sendiri bisa diakses melalui @glzoojogja. Teman-teman bisa menggunakan kendaraan pribadi atau mencoba naik Trans Jogja.

  1. Registrasi dan Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Gembira Loka

Untuk registrasi berupa tiket di Kebun Binatang Gembira Loka pada hari biasa mencapai kisaran Rp 30.000, untuk weekend Rp. 35.000. Pada Hari Raya  Idul Fitri berada di kisaran Rp. 40.000. Sedangkan registrasi lain seperti tiket kendaraan ialah motor Rp.2.000 mobil Rp.5.000 dan Bus Pariwisata Rp. 10.000.

Baca Juga  Buat Acara Minum Susumu Jadi Spesial dengan Mengunjungi 5 Tempat Ini Guys!

Sedikit tips dari unycommunity ,usahakan teman-teman masuk melalui pintu barat dari arah Jalan Veteran ya dan parkir dikantong parkir yang sudah disediakan demi keamanan bersama.

  1. Fasilitas Penunjang : Pengunjung Senang dan Berdatangan !

Untuk kategori fasilitas pengunjung dapat menemukan :

  1. Sentral Servis sebagai pusat layanan untuk pengunjung. Bahkan ada pula ruang laktasi hingga toilet untuk sahabat disabilitas .Sentral Servis sendiri bersebelahan dengan Gajah Resto, Halte Taring dan Gerai Souvenir.
  2. Ada peminjaman stroller bayi yang dapat dipinjam di selatan Pos 1 dekat Pintu A. Caranya mudah, yaitu dengan mengisi data diri dan meninggalkan kartu identitas.
  3. Kursi Bantu berupa kursi roda yang dapat dipinjam dengan lokasi yang sama dengan Stroller bayi. Pihak pengelola pun telah membangun jalan khusus yang diperbantukan bagi para pengguna kursi roda.
  4. Kulineran di Foodcourt saat makan siang dengan aneka sajian lezat khas Indonesia seperti bakso, ayam goreng ,mie ayam hingga yang segar-segar seperti es tungtung.
  5. Tempat ibadah mushola dan masjid juga ada. Untuk mushola lokasinya disetting menyatu dengan alam di area selatan wahana ATV. Masjid Gembira Loka juga biasa untuk solat Jumat, lokasinya sendiri ada di dekat pemeriksaan hewan.
  6. Sayang Anak ? Pakaikan Gelang !

Gembira Loka memberikan pengamanan khusus untuk anak-anak usia 3-6 tahun yang berisi nama anak dan nomer telepon orang tua sebagai antisipasi terpisah saat berkeliling di area.

  1. Kategori Wahana Rekreasi

Pada kategori wahana rekreasi pengunjung dimanjakan dengan adanya onta tunggang ala Timur Tengah bersebelahan dengan kandang kudanil.Pengunjung juga bisa berinteraksi dengan satwa-satwa di area Petting Zoo  bersama kambing,marmut,hingga kura-kura. Ingin bermain air pun teman-teman bisa mencoba kolam sentuh atau kolam tangkap. Bahkan terapi ikan, menunggang gajah hingga naik perahu kayuh dan skuter air pun bisa! Ciamik kan ?!

Baca Juga  Uji Nyali Menantang, Naik Gondola di Pantai Timang

Untuk menikmati wahana terapi ikan dan lainnya, teman-teman cukup merogoh kantong pada kisaran  Rp 10.000- Rp. 20.000

  1. Kategori Atraksi Interaksi

Pengenalan perilaku burung saat terbang di alam liar hingga dapat mengetahui perilaku hewan secara langsung dapat ditemui acara BIRD SHOW. Jika ingin mencicipi sensasi berinteraksi dengan para reptile, teman-teman bisa berjalan ke zona RAP. Sedangkan, jika hendak melihat Presentasi dan Edukasi Satwa (PES) bersama Orang Utan ,Beruang Madu hingga burung Linsang datang pada jam pertunjukanya di Senin-Jumat 11.00-13.00 WIB dan Sabtu-Minggu mulai pukul 10.00-14.00.

  1. Penjelajahan ditutup dengan berfoto ria lalu ke gerai mercandise, Its time to belanja !

Setelah puas melihat banyak satwa dan berkeliling ke beragam zona mulai dari reptilemamalia, hingga aves teman-teman bisa belanja oleh-oleh seperti kaus ala GL ZOO, ganci alias gantungan kunci, boneka-boneka hewan  di gerai mercandise. Ketika sudah lelahpun teman-teman boleh mencoba naik kereta Taring !

Bagaimana asyik dan menyenangkan bukan ? Yuk berkunjung ke Kebun Binatang Gembira Loka  !

Gembira Loka ?! Bukan sekedar rekreasi !

Tentrem Restu Werdhani

Belajar menulis untuk mengisi apa yang belum diketahui . Bisa diikuti potret kegiatannya di instagram @pramudhiyawardhani .

Related Articles

Back to top button
Close
X