Berbagai Keunggulan dan Kelemahan Laptop ASUS | UNY COMMUNITY
Saturday , 15 December 2018
Home / review / Berbagai Keunggulan dan Kelemahan Laptop ASUS

Berbagai Keunggulan dan Kelemahan Laptop ASUS

Laptop ASUS termasuk salah satu brand laptop keluaran Asustek Computer. Asustek Computer sendiri adalah sebuah perusahaan yang berbasis di Taiwan yang memproduksi berbagai komponen komputer seperti motherboard, VGA atau kartu grafis dan terakhir Asustek memberanikan diri untuk memproduksi laptop dan smartphone dengan merek dagang yang sama, yaitu ASUS. Pesaing utama dari ASUS adalah MSI dan Gigabyte. Memang sebelum terjun dalam memproduksi laptop, ASUS lebih dahulu terkenal dengan motherboard-nya yang terkenal tangguh dengan kualitas terbaik.

ASUS berani memberikan garansi hingga 2 tahun untuk laptopnya. Dengan begitu, laptop ASUS menjadi salah satu laptop yang menjadi pilihan dan sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. Untuk harga Notebook ASUS tentu ASUS memberikan harga yang bervariatif, semuanya tergantung dari spesifikasi dan jenis laptop tersebut. Akan tetapi, ASUS masih memberikan harga yang relevan dan juga cukup terjangkau oleh beberapa kalangan masyarakat.

 Kelebihan dan Kekurangan Laptop ASUS

Setelah sebelumnya membahas sedikti mengenai ASUS, kini saatnya untuk membahas berbagai kelebihan dan kekurangan dari laptop ASUS. Berikut ulasannya,

  • Kelebihan Laptop ASUS

Kelebihan yang dimiliki oleh laptop ASUS diantaranya adalah:

  1. Asus merupakan produsen dari laptop dan notebook terbaik saat ini. Merek dagang ini sudah pernah meraih berbagai macam penghargaan baik dari dalam maupun dari luar negeri karena jaminan kualitas yang diberikannya.
  1. Ketangguhan dari motherboard ASUS dalam setiap produknya, termasuk motherboard yang digunakan oleh laptop ASUS sudah tidak perlu diragukan lagi. ASUS sudah berpengalaman dalam memproduksi motherboard sebelum mereka mengembangkan laptop.
  1. Untuk beberapa varian produk, ASUS menawarkan harga yang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan merek lainnya dengan spesifikasi yang sama. Jika tidak percaya, anda dapat memeriksa daftar harga laptop di dalam beberapa situs yang memang khusus membahas mengenai laptop, dan bandingkan dengan harga laptop dari merek lainnya.
  1. ASUS terkenal sebagai merek laptop yang tahan banting dan bandel apalagi ketika digunakan untuk bermain game. Hal ini sebagai efek dari ketangguhan motherboard dari ASUS dan juga sokongan dari VGA berkualitas seperti ATI Radeon dan juga Nvidia Gdforece. Tentu ini sangat cocok bagi para gamer dan juga desainer.
  1. Untuk produk laptop ASUS, diberikan garansi selama 2 tahun. Apabila kurang dari itu, maka akan di ganti dengan produk baru yang sejenis. Tidak ada merek lain yang mampu memberikan garansi hingga 2 tahun.
Baca Juga  Kudo, Pilihan Tepat Belanja Baju Online

Nah, itulah beberapa kelebihan dari laptop ASUS. Akan tetapi seperti halnya sebuah pepatah yang mengatakan bahwa tak ada gading yang tak retak, tentu laptop ASUS juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh laptop ASUS.

  • Kekurangan Laptop ASUS
  1. Dalam pengembangannya ASUS terlalu cepat dalam meng-update produk yang diproduksinya. Hal ini menyebabkan produk yang dikeluarkan sebelumya menjadi cepat ketinggalan, padahal produk tersebut belum lama dikeluarkan oleh ASUS. Hampir setiap bulannya ASUS selalu mengeluarkan produk terbaru, sehingga variannya terlalu banyak. Hal ini dapat membingungkan para calon pembeli. Di samping itu juga kondisi seperti ini sering membuat pengguna yang telah membeli produk sebelumnya merasa menyesal dan kecewa.
  1. Untuk urusan service center, ASUS masih belum memiliki jumlah service center yang banyak di beberapa wilayah. Hal tersebut menjadi penyebab sering terjadinya beberapa penumpukan barang servisan. Sehingga ketika terjadi suatu masalah ataupun kerusakan, pelanggan harus menunggu antrian yang memakan waktu cukup lama.
  1. Untuk produk laptop ASUS tidak disertai dengan softcase dan tas. Hal ini membuat pelanggan harus membeli lagi softcase dan tas untuk membawa laptopnya ketika bepergian.
  1. Untuk beberapa kasus seperti seri 12” kerap terjadi error touchpad. Kasus lainnya adalah pada seri K43u AMD E350 sering terjadi hardisk error. Hal ini tentu sedikit mencoreng nama ASUS.

Nah, itulah kekurangan-kekurangan yang dimiliki oleh ASUS. Lantas seri laptop apa saja yang memiliki harga murah dan direkomendasikkan? Berikut ulasannya.

5 Laptop ASUS Murah Yang Direkomendasikan

  1. ASUS X200MA

Laptop ASUS pertama yang direkomendasikan adalah seri X200MA. Seri ini berukuran layar 11.6 inc. Dengan ukuran yang kecil memungkinkannya untuk dibawa kemanapun karena bentuk dan bobotnya yang ringan. Berbekal prosesor Intel Celeron N2840 berkecepatan 2.58 GHz dengan cache sebesar 1M mampu menyajikan  kinerja yang mumpuni untuk kebutuhan kantor ataupun pelajar. Dukungan RAM sebesar 2GB mampu menghasilkan kegiatan mengetik dan berselancar internet dengan sangat lancar. Harganya sendiri hanya 3 jutaan saja.

  1. ASUS X454WA

Laptop ASUS yang direkomendasikan selanjutnya adalah seri X454WA. Laptop ini hadir dengan layar 14 inch. Untuk seri ini di-bundle oleh hardware AMD. Karakter yang sangat mencolok dapat dilihat dari pemakaian prosesor AMD Dual Core E1-6010 berkecepatan 1.35 GHz dan memiliki cache 1M. Sedangkan untuk kartu grafis didukung dengan seri AMD Radeon R2 yang disokong dengan RAM 2 GB. Untuk hardisknya sendiri berkapasitas 500 GB. Kombinasi semuanya mampu mengerjakan aplikasi standar seperti browsing, streaming, pengetikan dan game ringan. Harganya sendiri sekitar 3.4 jutaan.

  1. ASUS X552WA
Baca Juga  Ini Dia Beberapa Ramalan Zodiak Cancer Tentang Masa Depannya Berdasarkan Waktu Kelahirannya

Laptop ASUS selanjutnya yang memiliki harga cukup murah adalah seri X552WA. Ukuran layar 15 inch yang didukung dengan prosesor AMD Dual Core E1-6010 berkecepatan 1.35 GHz dengan cache 1M mampu memberikan performa terbaik. Disamping itu juga dengan dukungan kartu grafis AMD Radeon RA dan RAM 2 GB mampu menyajikan proses yang responsif. Untuk urusan harga, ASUS membanderolnya seharga 3.5 juta rupiah.

  1. ASUS X450CA

Selanjutanya adalah laptop ASUS seri X450CA yang hadir dengan layar berukuran 14 inch. Kinerja prosesor dari Intel Celeron yang didukung dengan Intel HD mampu mengerjakan berbagai aplikasi dan game bergrafis ringan dengan baik. Disamping itu juga dukungan dari RAM 2 GB dan Hard-disk 500 GB mampu menyajikan proses multitasking yang lancar serta kemampuan menyimpan data yang besar. Laptop ASUS satu ini hanya dihargai 3.6 juta saja.

  1. ASUS X453MA

Laptop ASUS yang memiliki harga murah dan direkomendasikan terakhir adalah ASUS seri X453MA. Laptop ini dibanderol seharga 3.6 juta saja. Ukuran layar 14 inch yang dipacu dengan dukungan dari prosesor Intel Celeron N2840 berkecepatan 2.16 GHz dan cache 1M mampu menyajikan kinerja terbaik. Terlebih lagi kecepatan prosesor yang dapat dinaikan hingga 2.58 GHz tersebut didukung pula oleh Intel HD dan RAM sebesar 2 GB mampu menyajikan grafis multitasking yang cukup baik. Hard-disk berukuran 5000 Gb mampu menampung berbagai macam data. Spesifikasi ini juga telah mendukung OS Windows 8.1, sebuah sistem operasi yang menghadirkan tampilan user friendly.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai laptop ASUS mulai dari kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya hingga beberapa produk yang memiliki harga cukup murah dan direkomendasikan. Semoga dengan membaca artikel ini dapat memberi pencerahan pada anda sehingga tidak salah membeli produk. Pastikan produk yang akan anda beli sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga bermanfaat,

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

Menikmati Sisi Lain Pulau Dewata Bali Saat Perayaan Nyepi

Istirahat sejenak dari penat bisa menjadi salah satu cara kita menghimpun dan mengendalikan kembali energi …

X