Motivasi

Bersyukurlah, Karena Ukuran Kita Tak Sama

Manusia diciptakan beragam. Tidak ada yang sama. Keberagaman inilah yang membuat kita harus mau belajar untuk saling memahami. Saling mengenal. Bukan untuk saling melihat perbedaan. Apalagi menganggap diri paling benar dan orang lain salah.

karena ukuran kita tak sama

Adakah orang yang ingin berbuat salah? Hampir setiap orang di dunia ini pasti ingin melakukan kebenaran. Tidak ada yang dengan sengaja dan rela hati mau berbuat jahat. Hanya saja tiap orang punya sudut pandang kebenaran yang berbeda. Yang sangat bisa jadi antara satu orang dengan orang yang lain sangat berbeda.

Maka bersyukurlah atas seperti apa keadaan kita hari ini, tanpa harus melekatkan nilai kebaikan yang kita dapatkan untuk menilai buruk orang lain.

Baca Juga  Hasil SNMPTN Kurang Memuaskan? Jangan Bersedih! Setiap Kemauan Pasti Selalu Ada Jalan!!

Yap, tiap orang punya ukuran masing-masing. Punya takaran masing-masing. Tidak ada yang persis sama. Kembar identik sekalipun.

baca juga : Apa Kabar Resolusi 2015 muuu ?

Maka sebenarnya tidak ada yang salah dalam setiap penilaian. Namun cara dan ukuran penilaian yang berbeda. Kita ambil satu contoh, seorang yang sedari kecil hanya tinggal dirumah tidak pernah bertemu banyak orang, bisa dipastikan akan canggung ketika tetiba dia harus berbicara dihadapan orang banyak. Namun hal ini ini akan berbeda ketika yang diminta untuk bicara dihadapan umum adalah dia yang sudah sering tampil sebagai pembicara seminar dan sejenisnya.

Apakah salah dia yang canggung berhadapan banyak orang?

Baca Juga  Karakter Positif Masa Kecil Yang Layak Diperjuangkan Hingga Sekarang

Apakah hebat dia yang sudah sering menjadi pembicara seminar?

Ukuran keduanya berbeda. Tidak fair ketika kita menyalahkan kecanggungan seseorang padahal selama ini dia tidak pernah berhadapan dengan banyak orang. Juga sangat tidak adil ketika kita mengatakan orang tersebut hebat atas orang lain hanya karena hal yang sering dia lakukan.

Setiap orang punya ukuran masing-masing. Maka sudah sepatutnya kita melihat orang lain dengan ukuran yang pas. Bukan dengan cetakan orang lain, apalagi cetakan si penilai. Bukankah memaksakan kaki pada harga sepatu sport model terbaru yang kekecilan itu menyakitkan? Dan menggunakan beli sepatu wanita online yang kebesaran juga tidak nyaman? You get my point….

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X