Boleh Saja Kuliah Sambil Kerja, Tapi Perhatikan Hal Berikut | UNY COMMUNITY
Wednesday , 19 September 2018
Home / Mahasiswa Banget / Boleh Saja Kuliah Sambil Kerja, Tapi Perhatikan Hal Berikut

Boleh Saja Kuliah Sambil Kerja, Tapi Perhatikan Hal Berikut

Mahasiswa oh mahasiswa. Makhluk yang biasanya diagung-agungkan karena mampu menginjakkan kaki di Perguruan Tinggi. Namun juga tak lepas dari pencelaan di masyarakat, karena dirasa mahasiswa itu juga masih seperti bocah-bocah. Lulus nanti belum tentu ia langsung mendapat pekerjaan. Mahasiswa normal pasti bercita-cita ingin cepat lulus dan langsung mendapat pekerjaan. Namun mendapat pekerjaan itu tidak semudah mengembalikan telapak tangan. Sehingga banyak pula mahasiswa yang mulai belajar bekerja, alias kuliah sambil kerja. Kamu boleh saja kuliah sambil kerja, tapi perhatikan hal berikut.

kuliah sambil kerja
pic : kompasiana.com

1. Tanyakan dan diskusikan dengan orang tuamu

Sebelum mengambil keputusan untuk kuliah sambil kerja, hal penting kamu harus lapor dengan orang tuamu. Tidak peduli mau mahasiswa rantau atau bukan. Untuk mahasiswa bukan rantau kan bisa menanyakan langsung saat di rumah. Kalau untuk mahasiswa rantau bisa pula menanyakan melalui telepon atau saat pulang kampung juga bisa langsung tanya dengan orang tua. Jadi kamu harus terbuka dengan orang tuamu. Boleh atau enggak kalau kuliah sambil kerja? Tanyakan ya.

Baca Juga  Do we (mahasiswa) need ‘Ruang Sendiri?

2. Konsultasi dengan Pembimbing Akademik (PA)

Bukan konsultasi KRS ya. Tapi konsultasikan keinginanmu untuk kuliah sambil kerja itu didukung oleh PA kamu atau enggak? Pastinya PA memiliki catatan akademik tentang mahasiswa yang bersangkutan. Mungkin nilaimu dirasa kurang di semester ini, atau banyak mengulang mata kuliah, sehingga PA pasti memberikan himbauan untuk mahasiswa tersebut tentang keinginannya tersebut.

baca juga : Hai Mahasiswa, 12 Part Time Berikut Wajib Kamu Coba Untuk Memantik Potensi Mandirimu

3. Pikir dan renungkan

Coba pikir dan renungkan, alasan utama apa yang melatarbelakangi kamu untuk kuliah sambil kerja? Karena uang saku dari orang tua kurang? Atau karena memang berniat membantu orang tua dari segi ekonomi? Atau alasan lain? Harus dipikirkan secara matang dan harus mengambil keputusan yang benar juga. Jangan galau ya.

4. Kuliah sambil kerja, aku bisa nggak ya?

Nah ini. Pertanyaan yang sering muncul di dalam benak kita. Muncul suatu ketakutan saat tiba-tiba mengambil keputusan untuk tetap kuliah sambil kerja, tapi tidak bisa membagi waktu. Tugas individu keteteran, tugas kelompok nggak dapet kelompok karena jarang masuk, pas ujian nggak bisa hadir karena masalah pekerjaan juga, akhirnya banyak mata kuliah mengulang. Hal tersebut pasti ditakuti. Jadi, pikirkan kembali ya. Buat keputusan yang mantap!

Duh, santai aja ya bacanya. Pasti banyak di luar sana mahasiswa yang sudah nyambi kerja juga. Bisa dikatakan mahasiswa yang kuliah sambil kerja itu hebat kok. Hebat dalam arti dia yang mampu memanfaatkan waktu dengan baik, sehingga antara kuliah dan kerja tidak terbengkalai dua-duanya. So, buat teman-teman yang masih galau mau kuliah sambil kerja atau enggak, boleh lho tips di atas diaplikasikan.

About Bekti Renggani

Sastra Indonesia | 2014 | Mahasiswi yang suka nonton anime dan makan makanan Jepang

Check Also

Alasan Unik Mengapa Kuliah di UNY ?

Masa-masa lulus SMA atau SMK itu memang paling menyenangkan. Karena kita berhasil melewati jenjang pendidikan …