JogjakuKuliner

Catat ! Ini  dia 5 Referensi Tempat Berburu Siomay Enak di Jogja

Siomay ?!

Hmm, siapa tidak mengenal kudapan jenis ini ? Dengan cita rasanya yang khas ditambah lumuran saus kacang nan menggoda, Panganan satu ini menjadi salah satu primadona “njajan ala pinggir jalan“. Bahkan semakin berkembangnya pangsa pasar, saat ini banyak bermunculan varian–varian siomay di kedai-kedai. Siomay  sendiri masih berkerabat dekat dengan jenis panganan dimsum, umumnya disajikan dalam bentuk potongan dari campuran tahu, pare, hingga tahu isi dan telur. Nah di tulisan kali ini, kami mengajak kamu bergoyang lidah untuk nyiomay ! Siap-siap mencatat ya

  1. Siomay Shin-Chan Dekat UNY pusat lho !

Eits ! Coba tebak, mengapa siomay ini bernama seperti kartun ala Negeri Sakura ? Ya siomay Shinchan adalah salah satu rekomendasi spot nyomai nih! Berdasarkan hasil penelusuran kami, siomay shinchan yang terletak di dekat kampus Sanata Dharma dan UNY Pusat ini memiliki ciri khas spanduk yang aksaranya dibuat sedikit mirip lekuk aksara Jepang  lengkap dengan  gambar Shinnosuke “Shin” Nohara si tokoh Shinchan lho! Tekstur siomaynya padat dengan jenis siomay seperti terbungkus kulit dengan ukuran yang relatif besar. Saus kacang beserta kecap dan perasan jeruk nipis bisa kamu gunakan sebagai pelengkapnya.

foto : prima dita hapsari

Siomay Shin-Chan : Jalan STM Pembangunan No 6A, Mrican, Santren, Caturtunggal Yogyakarta, mulai buka pukul 10.30 WIB-habis.

  1. Siomay Kang Ujang Daerah Ngasem

Nah rekomendasi selanjutnya adalah siomay Kang Ujang . Siomay ini cocok dicoba buat kamu yang kebetulan sedang “safari ria” di kisaran Alun-Alun Utara ,Malioboro atau Kauman.Siomay ini sendiri berlokasi di  daerah Ngasem dekat Tamansari . Berdasarkan hasil penelusuran tim redaksi ,Siomay Kang Ujang dibanderol dengan harga perbiji. Untuk siomay nya sendiri bertekstur kenyal tanpa bungkusan semacam kulit  seharga 3.000 rupiah , Tahu-tahu ,kentang dan kubis serta pare dibanderol 2.000-3.000 rupiah  ,untuk telurnya sendiri 3.000 rupiah. Siomay Kang Ujang boleh request digoreng  juga lho ! Wah mantap !

Baca Juga  Sensasi Tahun Baru di Pantai Greweng
foto : Febri Dwi

Siomay Kang Ujang : Jalan Ngasem ,Utara daerah Tamansari disisi timur jalan buka mulai pukul 10.00-22.00 WIB . Disana tersedia minuman pendamping seperti es campur juga .

  1. Siomay Telkom Dekat Padmanaba

Kalau nasi goreng kambing depan Padmanaba pasti sudah tidak terlalu asing ya, bagaimana kalau Siomay Telkom ?  Gerai siomay satu ini juga tidak jauh dari SMA 3 Yogyakarta (Padmanaba).

foto : ririska

Siomay yang lokasinya menempel tembok kantor Telkom Kotabaru ini khas. Serunya dari pengalaman nyiomay disini adalah kita bisa ambil sendiri siomaynya langsung dari kukusan gede, jadi bisa pilah-pilih nih hahaha !

Di dandang kukusan terdiri dari siomay, kentang, kol, tahu isi adonan siomay, telur hingga pare. Boleh original atau juga minta tolong digoreng. Rasa ikan tengirinya kerasa dengan saus kacang yang pedas, wah sudah ngiler belum ?

Siomay Telkom : Jalan Juadi No 1, Kotabaru Gondokusuman ,Yogyakarta. Dekat juga dari toko buku Togamas . Mulai buka 09.00-22.00 WIB.

  1. Siomay Bandung “Pak Tugiyat” Pujasera Pakualaman

Hayo siapa yang suka kulineran sekitar Tamsis (Taman Siswa) –Pakualaman ?  Memang syurga ya daerah sana  hehehe.

Baca Juga  Mi Ayam Ciamik Sekitar UNY
foto : diana AZ

Masih seputar siomay yang maknyus ,kali ini ada di daerah Puro Pakualaman, tepatnya di halaman foodcourt yang berisi beraneka jajanan itu. Siomay Bandung yang dikelola oleh Pak Tugiyat beserta istrinya ini juga tersedia di jaringan go food lho . Berdasarkan hasil penelusuran  ke daerah Pakualaman, siomay pak tugiyat mendapat bintang 5/5 dari kami. Siomay nya terasa lembut dan gurih dengan harga start from 2.000 rupiah per item. Sausnya masih terlihat tumbukan kacang yang makin menambah cita rasa.

  • Siomay Pak Tugiyat, daerah Pakualaman dekat Halte Pakualaman masuk ke Pujasera, Jalan Sultan Agung, Purwokinanthi Pakualaman. Dari eks bioskop Permata belok kiri jalan terus sampai Puro Pakualaman. Buka mulai pukul 10.00 WIB- habis.
  1. Warung “Pojok Teknik “ Yacaranda Mirota

Yang terakhir adalah siomay di warung Pojok teknik UGM. Berdasarkan penelusuran tim redaksi ,sebenarnya warung ini menyediakan menu utama berupa mie ayam pangsit goreng. Serunya saat memesan mie ayam kita bisa menambahkan toping batagor sehingga akan menghasilkan sensasi krenyes nan unik serta berbeda. Lebih serunya lagi selain mie ayam dan batagor pastinya tersedia menu saudara dekat batagor yaitu siomay. Harganya mulai dari batagor saja 5 .000an, Siomay per biji 800 rupiah, Mie ayam Siomay atau Batagor nya 7.000an. Aigo kuy lah kesana !

foto : Diptasari Wibawanti
  • Warung Pojok Belokan Dekat Kampus Vokasi Teknik UGM ,Jalan Yacaranda Daerah Blimbingsari ke arah Sendowo. Dekat dari perempatan Mirota .Biasa buka pukul 09.00-17.00 WIB kecuali akhir pekan.

Tentrem Restu Werdhani

Belajar menulis untuk mengisi apa yang belum diketahui . Bisa diikuti potret kegiatannya di instagram @pramudhiyawardhani .

Related Articles

Back to top button
Close
X