Hal Berikut Membuat SKRIPSIMU Jadi Lama | UNY COMMUNITY
Home / Mahasiswa Banget / Disadari Atau Tidak, Hal Berikut Membuat SKRIPSIMU Jadi Lama

Disadari Atau Tidak, Hal Berikut Membuat SKRIPSIMU Jadi Lama

Sudah saatnya fokus skripsi dan berbagai hal mungkin bisa menghambatnya. Kalau sudah begitu, baru deh muncul kesadaran bahwa hal penyumbat nggarap skripsi itu umumnya bersumber dari diri sendiri. Trus, apa sajakah hal-hal yang bisa bikin skripsimu lama?

tips skripsi

1. Tak Punya Rencana

Beberapa orang kerap melakoni hidup dengan mengalir saja tanpa rencana ini itu. Tapi jika sudah berkenaan dengan penggarapan skripsi, ada baiknya kamu mengubah kebiasaan mengalir itu. Artinya, kamu pun harus berani berencana, menetapkan target tertentu di waktu tertentu agar bisa lulus di jangka waktu yang lebih minimal atau pas tepat waktu deh, gak molor-molor amat. And then, bersetialah dengan rencana itu agar tercapai target yang diharapkan.

Baca Juga  Mengenal Lebih Dekat Jurusan Pendidikan Luar Sekolah UNY

2. MOOD Yang Buruk

Duhdek, duhmas, duhmbak, kalo udah nyrempet ke mood, persoalannya jadi relatif bahkan sensitif banget ya. Tenang, simpelnya adalah jika kamu sudah berani berencana, berani keluar dari zona nyaman, maka persoalan mood itu bisa gak seegois saat kamu selalu berada di zona nyamanmu itu kok. Jangan keseringan munculin mood buruk deh, gaes. Skripsimu itu perlu diramahi dengan mood yang baik.

3. Dosen Pembimbing Yang Sulit

Ini nih, perkara yang datangnya dari luar diri kita saat skripsi. Dosen yang mesti dimengerti kesibukannya dan kita pun harus mengerti cara mengatur kesabaran diri. Sabar ya.

4. Kegiatan Luar Akademik

Yang punya dunia lain, pasti bisa terpecah waktunya dan akhirnya menghambat skripsi. Kegiatan yang kamu ikuti itu kerap menuntut waktu lebih kadang malah menyita perhatianmu. Kamu pasti mengerti kan mana yang mesti mengalah sementara waktu demi menggenapkan utang gelar ke ortu? Ok sip.

Baca Juga  Suka Duka Menjalani Ujian Akhir Semester “Take Home”

4. Cinta dan Libatan Kenangan

Yang mudah dibutakan cinta dan akhirnya menghambat skripsi? Ada. Yang justru susah bangkit dan kerap meratapi nasib akibat jerat kenangan yang gak lepas-lepas? Juga ada. Emang itu ngaruh ke prosesi penghambatan skripsi? Jawabannya, yes. Coba saja. Jika sudah begitu, back to niat awal ya gaes untuk fokus skripsi saja. Cinta ataupun kenangan itu bukan persoalan wahid dalam hidup kok.

Sudah sadar kan kalo kelima hal itu di anataranya pasti pernah, akan, mungkin, dan menanti terjadi saat proses penggarapan skripsi? Kamu adalah makhluk dewasa yang mengerti kmampuan diri, gaes. So, hal penghambat skripsi itupun pasti bisa ditepis seiring berjalannya waktu. Keep fighting!

About Dy Zhisastra

Saya menyayangi mereka yang menyayangi saya | Pegiat Sastra Universitas Negeri Yogyakarta

Check Also

Mau Ngabuburit Asyik? Kunjungi 5 Spot Berikut Ini

Hai, #UNYu. Apa kabar puasa kalian? Apakah aktivitas ngabuburit menjadi rutinitas yang menyenangkan? Yes. Ngabuburit …