Hadapi Kehidupan Kuliah? Ini Perbedaannya Dengan SMA | UNY COMMUNITY
Tuesday , 23 July 2019
Home / Pojok #UNYu / Hadapi Kehidupan Kuliah? Ini Perbedaannya Dengan SMA

Hadapi Kehidupan Kuliah? Ini Perbedaannya Dengan SMA

Masa transisi dari Sekolah Menengah Atas ke jenjang perkuliahan tentunya suatu perlu mendapat perhatian. Beberapa hal yang biasa kita temui di SMA tidak akan lagi kita temui saat kuliah dan ada hal baru yang akan kita temui saat kuliah. Yuk simak hal-hal berikut.

  1. Perjuangan Mencari Ilmu

Ketika di bangku sekolah, kita selalu terpacu dengan peringkat kelas yang biasanya diumumkan saat penerimaan rapor. Adanya pengumuman juara kelas membuat kita berlomba-lomba untuk mendapatkan juara atau tidak berada di peringkat akhir. Guru-guru di sekolah juga akan memberi nasihat dan hukuman jika kita tidak mengerjakan tugas. Berbeda dengan perkuliahan, prestasi mahasiswa tidak diumumkan langsung atau diberi peringkat seperti di sekolah, pemberitahuan nilai pada saat kuliah biasanya diumumkan melalui sistem informasi di akun masing-masing.

Kompetisi akademik maupun non-akademik akan lebih luas jangkauannya, kamu akan banyak menemui lomba-lomba yang bisa kamu ikuti hingga ke luar negeri, lho. Agar tidak ketinggalan informasi lomba, kamu harus sering-sering update informasi di media sosial atau poster-poster yang ditempel di sekitar kampus. Semangat berpestasi yuk!

  1. Beraneka Macam Teman
Baca Juga  5 Tips Merawat Kulit yang Nggak Bikin Kantong Kering

Di masa kuliah, kamu akan menemui lebih banyak macam tipe teman karena latar belakang mereka lebih beragam.  Ada yang ambisius buat mendapatkan sesuatu, ada yang biasa aja tapi sebenarnya gerilya, ada yang memang biasa aja, ada yang sangat santai dan masih banyak lagi. Kira-kira kamu yang mana nih?

Tipsnya adalah jangan takut berteman atau terlalu pilih-pilih teman asalkan kita tahu batasannya. “Siapa yang menanam, ia akan memetik” jadi jangan khawatir kalau kamu dijahatin yak!

  1. Cara Berpikir

Ada apa dengan cara berpikir? Saat kuliah, kamu akan menemukan fakta-fakta dan pengetahuan yang bisa mengubah cara pandangmu terhadap sesuatu. Pandai-pandai dalam menyaring informasi yak!

  1. Cara Bertahan Hidup

Masa SMA biasanya belum begitu merasakan bagaimana cara bertahan hidup karena kebanyakan masih ikut dengan orang tua. Zaman SMA, sarapan udah siap, ada juga yang dibawain bekal terus pulang sekolah makanan udah siap, kalau sewaktu-waktu laper tinggal ambil aja. Masa kuliah, terutama yang anak rantau kalau nggak usaha ya nggak makan.

Baca Juga  Kamu Mahasiswa Semester Lima ? Ini Dia Kiat Sukses Menghadapi Microteaching

Kamu bisa bertahan hidup dengan menghemat uang saku dari orang tuamu atau mencari kerja paruh waktu biar bisa menambah penghasilanmu atau bisa berburu promo, giveway dan hal-hal menarik lainnya.

  1. Asmara

Jangan kaget kalau di masa kuliah lebih banyak yang HTS dibandingkan yang pacaran, biasanya mereka merencanakan untuk hubungan yang lebih serius karena mengingat usia dan pertimbangan lainnya. Jadi buat para cewek, jangan galau kalo doi bener-bener serius bakalan bilang ke orang tua kok, begitu sebaliknya buat para cowok siap-siap nyamperin orang tua doi ya. Pilihan ada padamu asalkan tidak melupakan tujuan awalmu, eheheh.

About Lusiana Indriani

Mahasiswi Sastra Indonesia 2016 | Menyenangi semua hal yang menyenangkan

Check Also

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Tempat Magang Bagi Mahasiswa

Untuk menuju dunia kerja, biasanya perguruan tinggi mewajibkan mahasiswanya untuk mengikuti program magang di suatu …

X