Hai Pejuang SBMPTN; Lakukan 5 Hal Ini Demi Lolos SBMPTN | UNY COMMUNITY
Sunday , 18 November 2018
Home / Pojok #UNYu / Hai Pejuang SBMPTN; Lakukan 5 Hal Ini Demi Lolos SBMPTN

Hai Pejuang SBMPTN; Lakukan 5 Hal Ini Demi Lolos SBMPTN

Untuk bisa masuk ke universitas yang diinginkan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tentunya untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan itu memerlukan proses. Ada sebuah pepatah mengatakan “hasil tidak akan menghianati proses”,

Pada umumnya di setiap SMA/SMK sederajat memberikan sosialisasi kepada siswanya mengenai cara masuk universitas. Pertama yang dituju tentunya SNMPTN, bukan? Bagi kalian yang belum diberi kesempatan lolos melalui SNMPTN tidak perlu berkecil hati, karena masih ada SBMPTN.

Sedikit bercerita, saya juga termasuk siswa yang harus belajar lagi, alias tidak lolos SBMPTN. Awalnya sedih sekali, iri dengan teman-teman yang sudah mendapatkan lampu hijau untuk masuk universitas impian. Namun seiring berjalannya waktu, saya bisa menerima keputusan ini, karena saya yakin bahwa Allah ingin melihat perjuangan saya lagi.

Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar lolos SBMPTN :

  1. Bekali dirimu dengan niat kuat. Hal ini yang akan mengantarmu hingga tujuan
pci : islamidia.com

Hal pertama yang harus dimiliki agar lolos SBMPTN yaitu niat. Apapun yang diawali dengan niat yang baik, maka insya Allah hasilnya pun juga akan baik. Niat merupakan elemen penting yang wajib dimiliki. Karena apa? Misal, awalnya kita memilik niat berusaha semaksimal mungkin agar lolos SBMPTN, namun ketika di jalan kita menemui berbagai macam rintangan seperti malas belajar, dsb. Nah, dengan adanya niat, maka bisa membuat kita semangat lagi, membuat kita mau berusaha lagi apabila mengingat kembali niat kita di awal.

  1. Tetapkan jurusan yang akan kamu ambil dengan pertimbangan matang

Bagi kalian yang dari SMA jurusan IPA, maka ketika kuliah pun kita memilih jurusan yang berkaitan dengan SAINTEK. Begitu juga untuk yang berasal dari SMA jurusan IPS, maka ketika kuliah memilih jurusan yang berkaitan dengan SOSHUM. Hal ini akan mempermudah kalian dalam belajar, karena sudah berada pada jalurnya. Namun tidak menutup kemungkinan untuk kalian yang ingin lintas jurusan. Tentunya untuk kalian yang ingin lintas jurusan harus belajar lebih ekstra.

  • SAINTEK (Sains dan Teknology) adalah soal-soal yang berhubungan dengan saintek atau IPA, yaitu Biologi, Fisika, dan Kimia.
  • SOSHUM (Sosial dan Humaniora) adalah soal-soal yang berhubungan dengan ilmu sosial atau IPS, yaitu Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi.
  • IPC adalah gabungan dari SAINTEK dan SOSHUM.
  1. Rencanakan waktu belajar kamu. Mulai belajar sedini mungkin akan jauh lebih baik untukmu
pic : republika.co.id

Setelah menentukan kalian ingin memilih saintek, soshum atau bahkan keduanya, yang harus kalian lakukan adalah belajar. Untuk yang tidak memiliki biaya mengikuti bimbingan SBMPTN, tidak perlu khawatir. Kalian bisa belajar sendiri atau berkelompok dengan teman-teman para pejuang SBMPTN. Caranya adalah dengan membeli buku soal-soal SBMPTN, atau bisa juga kalian mencari soal-soal di internet, karena ada banyak sekali. Untuk mengurangi kebosanan dalam belajar, kalian bisa membuat jadwal belajar sendiri, dan ini berhasil saya terapkan pada tahun kemarin.

Baca Juga  Pengen dapat IPK Cumlaude ? Lakukan Tips Ini

Contoh :

Tes SBMPTN masih 19 hari lagi. Dan disini kita memilih SOSHUM.

No WAKTU MATERI
1 27 April 2017 TKD (Ekonomi)
2 28 April 2017 TKD (Ekonomi)
3 29 April 2017 TKD (Ekonomi)
4 30 April 2017 TKD (Ekonomi)
5 1 Mei 2017 TKD (Sejarah)
6 2 Mei 2017 TKD (Sejarah)
7 3 Mei 2017 TKD (Sejarah)
8 4 Mei 2017 TKD (Sejarah)
9 5 Mei 2017 TKD (Geografi)
10 6 Mei 2017 TKD (Geografi)
11 7 Mei 2017 TKD (Geografi)
12 8 Mei 2017 TKD (Geografi)
13 9 Mei 2017 TKD (Sosiologi)
14 10 Mei 2017 TKD (Sosiologi)
15 11 Mei 2017 TKD (Sosiologi)
16 12 Mei 2017 TKD (Sosiologi)
17 13 Mei 2017 TKPA
18 14 Mei 2017 TKPA
19 15 Mei 2017 TKPA
20 16 Mei 2017 TKPA
Baca Juga  Mahasiswa yang Rajin Berkunjung ke Perpustakaan, Pantaskah disebut ‘Culun’?

Itu hanya contoh saja. Jika kalian memang merasa sudah mengerti pada salah satu materi, maka kalian bisa mengurangi waktu belajar materi tersebut dan fokus pada materi yang kalian belum bisa.

baca juga :  Daya Tampung dan Peminat SBMPTN Universitas Negeri Yogyakarta 2017

  1. Kamu telah belajar begitu keras, namun jangan lupa juga untuk memohon pada Tuhan
pic : tstatic.net

Usaha tanpa diikuti dengan berdoa maka sia-sia. Jangan lupa selalu menyertakan doa agar diloloskan SBMPTN ketika beribadah. Berdoa agar diberikan hasil yang maksimal atas usaha yang sudah dilakukan, dimudahkan dalam memahami materi.

  1. Ketika usaha dan doa telah dilakukan semaksimal mungkin, tak ada yang lebih baik dari bertawakal. Selalu yakini bahwa Tuhan lebih tahu yang terbaik untukmu

Setelah belajar, berdoa maka yang terakhir adalah tawakal. Berserah diri kepada Allah setelah kita berusaha. Percaya bahwa hasil tidak akan menghianati usaha. Yakinkan pada diri kalian jika kalian pasti akan lolos. Positif thinking itu sangat penting. Semangat untuk kalian para pejuang SBMPTN 2017. Kami doakan kalian diterima di universitas dambaan kalian.

Baca Juga  Hai Maba UNYu, Ini Loh Beberapa Kawasan Kost Favorit Mahasiswa UNY

About Mamada Arlistya Putri

Mahasiswi Pendidikan Anak Usia Dini 2016 | Drakor addict | Life must go on!

Check Also

Kata Siapa PG PAUD Kuliahnya Cuma Nyanyi Dan Tepuk Tepuk?

Pendidikan Guru Anak Usia Dini atau yang sering dikenal dengan sebutan PG PAUD merupakan sebuah …