Hal-Hal Yang Hanya Dirasakan Mahasiswa Rantau | UNY COMMUNITY
Monday , 24 June 2019
Home / Mahasiswa Banget / Hal-Hal Yang Hanya Dirasakan Mahasiswa Rantau

Hal-Hal Yang Hanya Dirasakan Mahasiswa Rantau

Merantau, bagi sebagian kalangan mahasiswa mungkin menjadi tantangan tersendiri. Pendidikan memang hal yang harus diperjuangkan sekalipun kamu harus meninggalkan rumah, pergi jauh dari zona nyaman ke daerah asing untuk menuntut ilmu dan merancang masa depan. Memutuskan untuk menjadi perantau bukan hal yang mudah karena banyak konsekuensi yang akan dihadapi. Hanya mereka yang bertekad baja yang sanggup menjalaninya. Dan 5 hal berikut ini adalah hal-hal yang hanya dipahami para mahasiswa rantau.

1. Homesick

Sedikit atau banyak, pasti anak rantau akan mengalami homesick ketika di perantauan. Rindu dengan apapun dari kampung halaman. Mulai dari masakan rumahan, suasana, dan orang-orangnya. Tapi jangan terlalu larut. Untuk menguranginya, kamu bisa mengunjungi tempat-tampat baru dengan teman-teman barumu dan mengisi waktu untuk hal-hal yang lebih positif.

2. Bertemu dengan teman dari daerah asal terasa seperti bertemu keluaga

Baca Juga  Ketika Pertanyaan ‘KAPAN NIKAH?’ Mencuat Ke Permukaan Saat Lebaran, Siapkan Jawaban Berikut Ini

Bertemu dengan perantau dari daerah yang sama merupakan suatu keberuntungan. Terasa seperti bertemu keluarga walapun belum pernah kenal sebelumnya. Dari sini, kamu akan merasa memiliki teman seperjuangan dan keluarga baru.

3. Lebaran adalah momen yang paling ditunggu

Tak semua anak rantau dapat pulang ke kampung halaman sesering mungkin. Beberapa dari mereka hanya dapat pulang ketika menjelang libur panjang akhir semester. Salah satunya adalah libur lebaran. Bersua dengan sanak keluarga setelah beberapa waktu yang lama tak jumpa membuat momen ini paling dinantikan.

4. Berat ketika meninggalkan rumah untuk kembali ke tanah rantau

Ketika pulang ke kampung halaman, perasaan inilah yang dialami para perantau. Sedikit apapun waktu ketika berada di rumah itu sangat berharga sampai tak sadar besok sudah saatnya kembali ke tempat rantauan. Namun ketika sudah berada di rumah, berat sekali rasanya untuk kembali.

5. Hidup sendiri membuatmu lebih dewasa dan bertanggung jawab

Baca Juga  Untuk Mahasiswa Baru, Mengapa Ikut UKM Itu Perlu?

Dengan menjadi anak rantau, kamu bisa melatih diri untuk menjadi tahan banting dan lebih dewasa. Tak selamanya kamu harus bergantung dengan orang lain. Di tanah rantau inilah kamu dituntut untuk belajar mandiri. Kamu juga harus pandai mengelola keuangan dan berhemat. Dengan begitu, kamu dapat melatih bertanggung jawab terhadap diri sendiri.

Nah, itu tadi beberapa hal yang pernah dialami anak kost yang jauh dari rumah alias perantau. Namun setiap suka pasti ada dukanya. Buat kalian para anak rantau, tunjukkan pada orangtua kalian bahwa kalian bisa hidup mandiri dan menjadi pribadi lebih baik ketika pulang nanti.

About Nella Amiq

enigmatic

Check Also

Cook Hack Ala Anak Kost-an: Memasak dengan Rice Cooker dan Water Heater

Bagi sebagian anak kost, memasak bukan hal yang asing lagi. Kebanyakan anak kost lebih memilih …

X