Pojok #UNYuUNY Banget

Hallo Maba ! Yuk Intip Cara Akses Digital Library UNY

“Budaya Malas Membaca adalah kekuatan yang melemahkan bangsa dan negeri ini. Dari segala aspek ekonomi, sosial, dan budaya “  -Soesilo Toer

Kata siapa perpustakaan jaman sekarang hanya terdiri dari tumpukan koran dan rak-rak buku berkode ? Kata siapa perpustakaan sebagai gudang buku tidak bisa diintegrasikan dengan sentuhan keajaiban dari teknologi terbaru ?

Kalau belum tau, cobalah mencicipinya di UPT Perpustakaan UNY. Para civitas akademika akrab mengenalinya dengan sebutan Digital Library (Digilib). Digilib biasanya identik dengan anekdot ‘Kebun Apel UNY’ .

Baru-baru ini jagat maya khususnya di area Kampus Eks IKIP ini tergugah dengan postingan mahasiswa baru yang mendapati kesulitan untuk mematikan perangkat di digilib. Nah, agar kejadian tersebut bisa diminimalisir, kali ini UNY Community punya ringkasan tata cara akses komputer Digilib .

Check this out !

  1. Lokasi Digital Library

Seperti sudah disinggung sebelumnya ,Digilib ialah bagian dari perpustakaan pusat Kampus UNY. Djika diibaratkan Digilib ialah ‘wajah baru ‘ dari  Konsep Perpustakaan secara umum. Lokasi digilib berada dibelakang perpustakaan pusat atau tepatnya di dekat Parkir Terpadu dan Foodcourt UNY (FMIPA) dan Museum Pendidikan Indonesia.

Baca Juga  Coba Bikin Cemilan Berikut, Dijamin Bisa Nemenin Hari Kencanmu dengan si Doi

Official akun @uny_library, dengan jam layanan Senin –Kamis : 8am-5pm ,Jumat 8.30 am-5 pm ,Sabtu –Minggu 9am-3pm .

  1. Sudah masuk ? Jangan lupa absensi ya
foto : gudeg.net

Jangan lupa sempatkan absensi saat masuk perpustakaan meski nanti memilih berkegiatan untuk diskusi ringan . Untuk para pemustaka yang tidak mau antri untuk akses digital library ,silahkan lihat ketersediaan komputernya ya ,biasanya terpampang di papan informasi elektronik.

  1. Ada apa sih di Digital Library min ?

Nah dilansir dari akun official milik Digital Library dijelaskan bahwa pada tiap lantai memiliki koleksi yang berbeda. Contohnya di lantai basement diperuntukan untuk para pemustaka yang akan mengakses koleksi digital library . Pada lantai ini, disediakan kurang lebih 100 pc iMac . Beralih ke lantai 1, para penggunjung bisa menggunakannya untuk diskusi ringan yang nyaman apalagi ditambah keberadaan sofa dan akses wifi yang kuenceng cah . Sedangkan ,private room di lantai dua digunakan sebagai tempat seperti ‘warnet pribadi’ ,dengan disediakan 1 PC iMac  untuk para pengunjung.

Untuk lantai 3 sendiri tersedia 3 ruangan yang bisa dijadikan sebagai ruang collaborative (ruang pembelajaran) ,ruang audio  dan ruang komputer.  Berlanjut di lantai 4 biasanya digunakan sebagai ruang seminar.

  1. Oke Min ! Lanjut dong gimana sih cara akses komputernya  ?

Bagi yang masih bingung cara penggunaan komputer di digilib berikut ini ringkasannya :

  1. Presensi terlebih dahulu menggunakan komputer di lantai 1
  2. Siapkan kartu identitas (umunya KTM) lalu meunju ke Front Office
  3. Pinjamlah mouse dan keyboard pada petugas
  4. Akseslah komputer sesuai kode pada mouse dan keyboard
  5. Setelah selesai jangan lupa kembalikan perangkat yang kamu pinjam
  6. Ambil kembali kartu identitasmu dan pastikan tidak tertukar
Baca Juga  Kata-Kata Berikuti Ini Akan Sering Kamu Dengar Ketika Kuliah Di Jogja

Mudah bukan ? sekarang berkunjung ke perpustakaan bukan lagi kegiatan menjemukkan apalagi berkonotasi cupu. Perpustakaan ialah salah satu gudang ilmu . Dengan teknologi mutakhir yang bijak dikelola, sekarang kita bisa mengakses perpustakaan dengan sistematika yang lebih ringan. Jangan lupa berkunjung ke digital library !

Perlu di catat , tidak usah khawatir apabila komputer masih menyala saat akan kamu tinggalkan karena telah tersistem saat kamu mengembalikan perangkat mouse dan keyboard akan off sendiri .

Sampai jumpa di ulasan lainnya !

Tentrem Restu Werdhani

Belajar menulis untuk mengisi apa yang belum diketahui . Bisa diikuti potret kegiatannya di instagram @pramudhiyawardhani .

Related Articles

Back to top button
Close
X