Hasil SNMPTN Kurang Memuaskan? Jangan Bersedih! Setiap Kemauan Pasti Selalu Ada Jalan!! | UNY COMMUNITY
Home / Motivasi / Hasil SNMPTN Kurang Memuaskan? Jangan Bersedih! Setiap Kemauan Pasti Selalu Ada Jalan!!

Hasil SNMPTN Kurang Memuaskan? Jangan Bersedih! Setiap Kemauan Pasti Selalu Ada Jalan!!

Bagi kalian siswa SMA/SMK tingkat akhir, pasti tidak asing dengan istilah tersebut. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau sering disingkat SNMPTN, memang salah satu jalur masuk perguruan tinggi yang paling diidam-idamkan oleh setiap siswa abu-abu tingkat akhir. Selain prosesnya yang tidak terlalu ribet, jalur ini memberikan peluang keterima sesuai dengan kemampuan masing-masing individu selama duduk di bangku SMA/SMK. Dengan alasan demikian, tak heran jika jalur ini sangat diidam-idamkan bagi mereka calon mahasiswa baru.

Memang bagi kalian yang lolos di jalur ini, rasanya hati kalian melayang terbang tinggi dengan rasa bangga yang luar biasa saat melihat pengumuman. Tapi bagi kalian yang tidak lolos, bukan berarti harus berkecil hati dan minder saat bertemu teman kalian yang lolos jalur ini loh ya. Bersedih boleh boleh saja sih, asal jangan kelewat batas kewajaran.

Baca Juga  Seputar Pertanyaan “Nyeleneh” yang Berpotensi Diajukan Dosen Saat Sidang Skripsi
Pic: berkuliah.com

Lalu apa yang seharusnya dilakukan disaat suasana hati sedang terpuruk? Ada baiknya kalian menenangkan hati terlebih dahulu. Banyak cara untuk menenangkan hati. Dan aku percaya kalian pasti memiliki cara sendiri untuk menangkan hati kalian. Ada yang lebih mendekatkan diri kepada Tuhan, ada yang memilih refresing ke tempat wisata, dan lain sebagainya. Setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda dalam menangani masalah tersebut.

Pic: solusisupersukses.com

Setelah hati kalian tenang, coba deh pikirin langkah apa selanjutnya yang akan kalian ambil. Masih banyak jalur untuk masuk kampus idaman kalian. Ada jalur SBMPTN, dan Jalur Mandiri. Untuk jalur mandiri, setiap perguruan tinggi memiliki istilah dan ketentuan yang berbeda-beda, info lengkapnya, kalian bisa mengunjungi situs resmi dari perguruan yang kalian idam-idamkan.

Baca Juga  5 Tantangan Mahasiswa Dalam Menulis Skripsi

Setelah hati kalian tenang, sebaiknya kalian menentukan jalur selanjutnya yang akan kalian lewati. Semakin cepat kalian menentukan langkah selanjutnya, maka kesempatan untuk mempersiapkan di jalur itu semakin banyak. Contohnya jika kalian sudah yakin memilih jalur SBMPTN, maka kesempatan untuk belajar lebih banyak. Intinya jangan sampai waktu kalian terbuang sia-sia karena terlalu lama memikirkan langkah selanjutnya.

Tangguhkan hati kalian! Tetap semangat!! Percayalah, Kegagalan adalah Keberhasilan yang tertunda!!

About Andan Prayoga

Kutu Buku yang suka makan makanan pedas|

Check Also

Yuk Intip, Gimana Sih Jurusan Teknik Sipil itu?

Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai teknik sipil. Termasuk saya pun awalnya bertanya-tanya apa yang dipelajari …