Mahasiswa BangetPojok #UNYu

Hey kamu yang merasa salah Jurusan, Belum tentu salah masa depan Lho

“Dan hidup memang mesti terus berjalan, meskipun apa yang terjadi terkadang tidak berbanding lurus dengan harapan.”

masa depan mahasiswa

Yes, termasuk dalam urusan salah jurusan kuliah. Tidak sedikit orang yang sedemikian panik saat kenyataan tersebut membentang begitu realistis.  Berbagai ragu dan pertanyaan retoris secara tidak damai begitu hebat menari di pikiran. Kalau sudah begitu, kamu akan dihadapkan pada kesimpulan: “Maju? Mundur” (Tapi bukan maju mundur cantik lho) Well. Lakukan langkah berikut..

1. Majulah dan yakini bahwa ilmu lain bisa kamu taklukan

Maju. Kamu sudah sedemikian baik bisa masuk jurusan yang mungkin di luar sana ada jiwa-jiwa yang terluka akibat tidak bisa masuk di jurusan yang kini sedang kamu jalani. Berkonsistenlah dengan tekadmu bahwa ini bukan melulu soal salah jurusan. Tumbuhkan pemikiran dewasa, kamu pun mampu menaklukan ilmu lain dengan bersungguh-sungguh belajar di jurusanmu saat ini.

Baca Juga  Ingin Masuk UNY Jalur Ujian dari rumah saja? Memang Bisa?!Yuk ikut saja Seleksi Mandiri UNY CBT Domisili 2020!

 2. Inilah jalan yang direstui Tuhan

Tuhan memberikan apa yang kita butuhkan, dengan jalan-Nya yang lebih baik.  Kita sebagai pelaku skenario-Nya, semestinya bisa dengan bijak menjalani kenyataan tersebut dengan versi terbaik. Salah jurusan kuliah? Itu kan menurut versimu, tapi nyatanya Tuhan restu kok. Yakinlah bahwa salah jurusan ini menjadi salah satu tantangan yang mesti kamu hadapi.

 3. Semua jurusan berpotensi mengetuk rasa bosan mu

Manusiawi jika dalam hal apapun manusia terkadang bosan. Sadarilah bahwa jurusan apapun itu akan berpotensi mengetuk rasa bosanmu. Akan ada masa sulit dari setiap jurusan kuliah. Akan ada masa bosan yang mengetuk kedewasaanmu. Apa kamu yakin jika sudah masuk di jurusan yang kamu inginkan, rasa bosan itu tidak akan hadir? So, jangan menjadi canggung jika sewaktu-waktu rasa bosanmu hadir karena hal tersebut mesti kamu ingat sebelumnya.

Baca Juga  Penat? 3 Tempat  di  FBS UNY Ini Bisa Kamu Sambangi!

 4. Jangan berhenti menata masa depan

Bangun masa depanmu, gaes. Salah jurusan bukan berarti masa depanmu redup dan tak berwarna. Kamu bisa merancang masa depan dengan menggeluti lebih dari satu bidang di depan; satu di bidang yang saat ini menjadi salah jurusan menurutmu dan yang lainnya adalah bidang yang memang kamu sukai.

So, salah jurusan bukan berarti salah masa depan ya, gaes. Berpikirlah terbuka bahwa dunia ini memang diwarnai ingkar keinginan, tetapi dipenuhi makna terindah.

Dy Zhisastra

Saya menyayangi mereka yang menyayangi saya | Pegiat Sastra Universitas Negeri Yogyakarta

Related Articles

Back to top button
Close
X