Pojok #UNYuTips

Ingin Berprestasi? Simak Tips dan Rekomendasi Akun Informasi Lomba Berikut Ini!

Halo, Sahabat UNYu!

Menjadi mahasiswa berprestasi adalah idaman semua mahasiswa. Dengan berprestasi, Sahabat UNYu tak hanya dapat sebuah penghargaan saja, tetapi juga dapat pengalaman, relasi, dan ilmu baru yang tentunya sangat bermanfaat untuk masa depan. Salah satu cara untuk jadi mahasiswa berprestasi yaitu ikut lomba-lomba. Sebelumnya, jika Sahabat UNYu perlu suntikan semangat biar lebih greget ikut lomba, jangan lupa baca Meniru Semangat Berkarya dari Kak Athi, Mahasiswa Berprestasi UNY 2021

Apakah mahasiswa yang bisa ikut lomba harus ikut seleksi tingkat kampus (seperti sistem lomba saat SMA)?

Tidak juga. Inilah asyiknya dunia perkuliahan. Berbeda dengan tingkat SMA yang kebanyakan menerapkan sistem perwakilan siswa untuk mewakili sekolahnya, di dunia kampus lebih terbuka lebar. Semua mahasiswa dari berbagai kalangan bisa ikutan karena saking banyaknya lomba yang tersedia. Banyak kampus-kampus lain yang sering mengadakan lomba di bidang akademik dan non-akademik. Banyak juga lomba-lomba yang diadakan oleh Kemendikbudristek. Banyak pula kompetisi-kompetisi yang diselenggarakan oleh lembaga swasta. Akan tetapi, ada juga beberapa lomba yang memang memerlukan perwakilan saja di tiap kampus. Namun, lebih banyak lomba-lomba yang membuka kesempatan untuk semua mahasiswa tanpa ada seleksi dari pihak kampus terlebih dulu.

Baca Juga  Coba Bikin Cemilan Berikut, Dijamin Bisa Nemenin Hari Kencanmu dengan si Doi

Lalu, gimana sih caranya ikut lomba-lomba?

Nah, ada satu faktor penting yang harus diketahui oleh pejuang lomba, yaitu INFORMASI. Percuma jika sudah berambisi ikut lomba, tapi ngga tahu ada lomba apa di luar sana. Karena dunia kampus menuntut mahasiswanya mandiri, maka informasi lomba-lomba ini hanya bisa didapatkan oleh mahasiswa yang punya jaringan pertemanan luas dan rajin update informasi.

Punya jaringan pertemanan luas. Ini sangat sangat berguna. Sahabat UNYu perlu memiliki banyak teman dari berbagai program studi dan fakultas agar bisa saling memberi tahu jika ada informasi lomba. Kalian juga bisa dapatkan update informasi lomba ketika kalian aktif ikut organisasi kemahasiswaan. Biasanya, informasi lomba akan di-share melalui grup WhatsApp. Nah, update informasi juga bisa didapat dengan follow akun-akun Instagram yang berisi informasi lomba dari berbagai penyelenggara. Simak ya, berikut ini beberapa akun Instagram yang wajib Sahabat UNYu follow.

  • @infolomba

Instagram @infolomba

Akun ini menyediakan berbagai lomba dan event yang diadakan di Indonesia. Dengan lebih dari 600k followers, akun ini selalu update info lomba yang bisa kalian coba.

  • @gudanglomba.ind

Instagram @gudanglomba_ind

Akun yang memiliki lebih dari 31k followers ini juga selalu update informasi lomba berbagai bidang.

  • @info.lomba

Instagram @info.lomba

Dengan lebih dari 145k followers, kalian bisa follow akun ini agar selalu update info tentang lomba dan event terbaru.

  • @gudang_lomba

Instagram @gudang_lomba

Akun dengan lebih dari 24k followers ini juga tak kalah recommended untuk kalian ikuti.

Baca Juga  Maba-Maba Club Wajib Catat ! Ini Dia 6 Fungsi KTM UNY Milikmu

Sahabat UNYu bisa juga lho aktifkan notifikasi story/postingan yang ada di profil masing-masing akun tersebut agar tidak ketinggalan informasi.

Semangat berprestasi, Sahabat UNYu!

Jangan niatkan ikut lomba hanya untuk dapat predikat, tapi niatkan untuk dapat banyak ilmu dan belajar.

Anis Safitri

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2017 @irtifassina

Related Articles

Back to top button
Close
X