Pojok #UNYuramadhan

Ingin Buka Puasa Bersama Lebih Bermakna? Begini Nih Caranya?

Alhamdulillah udah bulan puasa aja ya gengs. Bulan yang katanya penuh keberkahan. Sudahkah kalian mendapat berkah di bulan Ramadhan ini? Berkah apa aja gengs? Berkah undangan buka puasa bersama kah? Hihihi. Memang, bulan Ramadhan itu identik sekali dengan acara buka puasa bersama, dan sudah mainstream dilakukan. Tetapi ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat kalian mau membuat acara buka puasa bersama dengan teman-teman kalian. Apa saja itu?

1. Pilihlah hari yang pas

kalender
pic : verkeersregelaarswoerden.nl

Nah ini nih yang penting banget. Kalau misalnya mau bikin acara buka puasa bersama apalagi sama teman-teman lama, usahakan pilih hari yang pas, hari yang semuanya bisa datang ya dan enggak terpaksa. Kan berasa kurang kalau ada teman yang nggak datang gara-gara harinya nggak pas. Dalam hal ini diperlukan rasa kebersamaan, solidaritas, dan mendahulukan kepentingan bersama ya gengs. Sayang lho kan cuma setahun sekali. Jadi, pilih hari yang pas ya.

Baca Juga  Jangan Ikut Organisasi Jika Ingin Melewatkan Hal-Hal Berikut Ini

2. Cari tempat yang mudah dijangkau

LOKASI
pic : tonatankaratedojo.blogspot.com

Rumahmu dengan rumah temanmu kan beda daerah. Misalnya rumahmu di daerah timur, ada pula rumah temanmu di daerah selatan. Jadi kalau bisa pilihlah tempat yang kira-kira enggak begitu jauh dari rumahmu maupun rumah teman-temanmu ya. Memang harus diusahakan biar dapet tempat yang ibaratnya “tengah-tengah”, enggak terlalu dekat dan enggak terlalu jauh. Yang penting kesekapakatan aja gengs.

baca juga : Mau Ngabuburit Asyik? Kunjungi 5 Spot Berikut Ini

3. Menunya jangan yang mahal-mahal ya

menumakananpuasa
pic : rajawow.com

Apalah jadinya, kamu hanya seorang mahasiswa yang punya duit pas-pasan, bayar kost masih nunggak pula. Nah jadi pilih menunya jangan yang mahal-mahal ya. Ya paling enggak paketan seharga 10ribuan-15 ribuan gitu masih bisa lah. Penting harga menunya terjangkau. Kalau bisa sih tidak terlalu mahal tetapi dapat banyak bonus, misalnya gratis es teh dan takjil hihihi kan lumayan gengs.

4. Ibadahnya jangan lupa gengs

Sholat-Awal-Waktu
pic : beritamuslim.com

Keasikan buka puasa bersama dan reunian jangan lupa shalat maghrib dan shalat isya ya gengs. Kalau mau shalat tarawih juga boleh. Biasanya kan orang kalau pada buka puasa bersama hanya menyempatkan waktu untuk shalat maghrib doang, tetapi shalat tarawihnya enggak hayo iya kan? Biasanya lho. Nah maka dari itu, juga harus mencari tempat yang kira-kira ada masjid atau musholla-nya, atau paling enggak di sebelah tempat makan tersebut ada tempat ibadahnya. Ini juga penting untuk diperhatikan lho geng. Jangan lupa ibadahnya ya.

Semoga dengan adanya tips ini bisa memudahkan kalian dalam membuat acara buka puasa bersama yang berkesan dan berkualitas ya gengs!

Bekti Renggani

Sastra Indonesia | 2014 | Mahasiswi yang suka nonton anime dan makan makanan Jepang

Related Articles

Back to top button
Close
X