MahasiswaPojok #UNYu

Ingin Ikut Short Course Kekinian dan Gratis? Kenalan dengan Program KMMI, Yuk!

Halo, Sobat UNYu!

Kini saatnya kalian sebagai mahasiswa berhak belajar di mana saja dan tanpa batas apapun. Privilege yang berharga ini musti kalian manfaatkan sebaik-baiknya demi mengembangkan skill dan mendukung mimpi-mimpi.

Kali ini, kami akan ngenalin ke Sobat UNYu tentang sebuah program keren banget yang diadakan oleh Kemdikbudristek. Program ini pastinya akan memberi manfaat buat para mahasiswa untuk menambah wawasan dan skill yang mumpuni di era digitalisasi. Program ciamik ini bernama KMMI. Karena saat ini masih masa pandemi, KMMI akan dilaksanakan secara daring. Mau tahu lebih dalam tentang KMMI? Simak artikel sampai selesai, ya.

Apa Itu KMMI?

Berdasarkan website resminya, Program KMMI (Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia) menawarkan alternatif pembelajaran yang lebih dinamis, kompetitif, yang didorong oleh permintaan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang diperlukan dalam berbagai bidang keilmuan yang dibutuhkan industri dan atau kewirausahaan yang berupa penemuan ide, penciptaan produk atau jasa, model bisnis, pengelolaan bisnis, pemasaran, penjualan, investasi, hingga pengembangan bisnis mahasiswa.

Apa Manfaat Ikut KMMI?

Program KMMI memberikan sertifikat yang dapat diajukan ke perguruan tinggi untuk konversi SKS mata kuliah dan portofolio pada Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) serta pengakuan lain yang sesuai dengan aturan yang berlaku di perguruan tinggi masing-masing. Program ini dapat berguna untuk menjembatani kesenjangan antara perguruan tinggi dan dunia kerja serta industri.

Baca Juga  Simak! Jalur SM UNY 2021 yang Bisa Kamu Ikuti

Bagaimana Cara Ikut KMMI?

Sebelum mendaftar, pastikan terlebih dahulu jika Program KMMI memang sedang membuka pendaftaran. Untuk itu, Sobat UNYu bisa cek timeline-nya di https://kmmi.kemdikbud.go.id/pt/timeline. Jika memang sedang dibuka pendaftarannya, kalian bisa langsung membuat akun terlebih dahulu di website KMMI.

Tutorial Membuat Akun dan Mendaftar Course

Sumber: https://kmmi.kemdikbud.go.id/
  • Isi identitas yang diperlukan, seperti asal universitas, NIM, dan NIK. Jika data yang diisikan benar, maka nama kalian akan terisi otomatis. Jangan lupa juga isi nomor handphone, e-mail, dan kata sandi.
Sumber: https://kmmi.kemdikbud.go.id/
  • Karena tidak ada proses verifikasi data atau aktivasi akun, kalian bisa langsung memilih course yang akan diikuti. Course yang tersedia ada banyak sekali dan diadakan oleh banyak universitas di Indonesia. Oleh karena itu, manfaatkan kolom pencarian dan ketik kata kunci course yang kalian incar. Oiya, perlu diketahui, Sobat UNYu bebas dan bisa mendaftar course dari UNY atau dari universitas lain. Jadi, manfaatkan event ini untuk belajar sungguh-sungguh.
Sumber: Panduan Pendaftaran KMMI
Sumber: Panduan Pendaftaran KMMI
  • Jika sudah menentukan pilihan, jangan lupa baca detail penjelasan mengenai course-nya. Kalau perlu, baca juga RPS yang tersedia (RPS yaitu semacam silabus/poin-poin materi yang akan kalian pelajari pada course tersebut). Kalau sudah mantap, kalian bisa langsung pilih “Daftar”. Ingat! Tiap mahasiswa hanya dibolehkan untuk ikut satu course saja, kecuali jika sudah ditolak.
Baca Juga  Bingung, Transportasi Menuju UNY Wates? Berikut Tipsnya !
Sumber: Panduan Pendaftaran KMMI
  • Selanjutnya, Sobat UNYu disuruh menunggu konfirmasi dari pihak penyelenggara, apakah diterima/ditolak. Kalian bisa cek akun status ini secara berkala melalui akun KMMI untuk mengetahui statusnya diterima/ditolak.
Sumber: Panduan Pendaftaran KMMI

Bagaimana Jika Pendaftaran Course Sudah Diterima?

Jika pendaftaran yang dilakukan Sobat UNYu berhasil diterima, maka akan muncul tampilan seperti ini di akun KMMI.

Sumber: https://kmmi.kemdikbud.go.id/
Sumber: https://kmmi.kemdikbud.go.id/

Selanjutnya, jangan lupa isi nama bank, nomor rekening, atas nama rekening kalian, dan klik “Simpan”. Selain itu, kalian juga sudah bisa mengetahui informasi lebih detail mengenai course, industri mana saja yang terlibat dalam course yang kalian pilih, link untuk akses course-nya kelak, dan kontak penyelenggara course.

Lalu, Bagaimana Jika Pendaftaran Course Ditolak?

Bagi Sobat UNYu yang pendaftarannya ditolak, tidak perlu berkecil hati. Kalian bisa mendaftar course lain selama masih dalam masa pendaftaran.

Sumber: Panduan Pendaftaran KMMI

Gimana nih, Sobat UNYu. Apakah kalian sudah siap ikut Program KMMI?

Anis Safitri

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2017 @irtifassina

Related Articles

Back to top button
Close
X