Ingin Menikmati Rasa Jogja dalam Kehangatan Semangkok Soto! 5 Tempat ini bisa Kamu Sambangi! | UNY COMMUNITY
Wednesday , 23 August 2017
Home / Jogjaku / Ingin Menikmati Rasa Jogja dalam Kehangatan Semangkok Soto! 5 Tempat ini bisa Kamu Sambangi!

Ingin Menikmati Rasa Jogja dalam Kehangatan Semangkok Soto! 5 Tempat ini bisa Kamu Sambangi!

Bukan hanya menyimpan kenikmatan gudeg yang legendaris, nyatanya Jogja juga memiliki cerira tentang kelezatan soto yang tak kalah melegenda. Bahkan Jogja memiliki temapat makan soto yang telah berdiri sejak tahun 1921. Penasaran dengan kelezatan soto di Jogja? Berikut ini lima tempat makan soto di Jogja yang harus kamu coba kelezatannya!

  1. Soto Kadipiro

Terletak di sebelah barat perempatan Wirobrajan, tepatnya di Jalan Wates .Dari sinilah legenda soto di Jogja bermula. Ha ini tidak mengherankan mengingat Soto Kadipiro telah berdiri sejak tahun 1921. Lokasinya yang berada di tengah kota, ditambah berita kelezatannya yang telah mahsyur membuat Soto Kadipiro salalu ramai disambangi wisatawan.

pic : jogjawis.blogspot.co.id

Semangkok soto yang berisi kuah kaldu istimewa dengan isi kol, suwiran ayam goreng, kecambah, seledri dan tak lupa taburan bawang goreng akan membuat lidahmu berdecak nikmat. Kamu juga bisa memilih aneka lauk tambahan seperti pergedel, ayam kampung goreng, baceman tahu tempe dan sate. Bila ingin lebih kenyang kamu dapat memesan sepiring nasi. Soto Kadipiro juga meneyediakan minuman jaman dulu yang sekarang ini telah sulit ditemui. Kamu bisa menikmati kesegeran minuman Sarsaparila yang juga dikemas dalam wadah beling antik di tempat ini.

  1. Soto Bathok Mbah Katro

Sesuai dengan namanya, Saoto Bathok Mbah Katro memang disajikan dalam wadah batok. Menempati komplek saung bambu di areal persawahan membuat acara makan soto di Saoto Bathok Mbah Katro terasa istimewa. Dari tempat ini kamu juga leluasa menikmati  pemandangan cantik Candi Sambisari.

pic : ksmtour.com

Saoto Bathok Mbah Karto hanya menyediakan soto sapi yang ditempatkan dalam wadah  batok yang berbentuk mangkok. Dalam satu porsi Saoto Bathok Mbah Karto kamu akan menjumpai kuah yang bening dan terasa segar, irisan daging sapi, kecambah dan nasi yang telah dicampurkan langsung.  Di tempat ini kamu juga dapat memesan aneka lauk tambahan seperti tempe goreng, sate usus atau sate telur puyuh. Yuk, buat kamu yang ingin makan soto yang lezat sambil menikmati pemandangan indah bisa bangat segera meluncur ke Saoto Bathok Mbah Karto di Jalan Candi Sambisari, Yogyakarta.

baca juga : Kamu Penggemar Nasi Goreng Juga? Jangan Lewatkan 5 Nasi Goreng Istimewa Ini!

  1. Soto Pak Sholeh Al-Barokah

Berada di Jalan Wiratama No. 84 Tegalrejo, Soto Pak Sholeh Al-Barokah bisa dikatakan sebagai salah satu jenis soto yang mewakili cita rasa kuliner Jogja. Di tempat ini kamu akan menemukan seporsi soto dengan rasa manis gurih, khas rasa masakan Jogja pada umumnya.

pic : jajanjogja.com

Di Solo Pak Sholeh Al-Barokah kamu dapat memesan soto ayam  dengan kuah kaldu yang menggugah selera, lengkap dengan irisan kol, kecambah, suwiran ayam, seledri dan bawang goreng.  Kamu juga dapat memesan lauk tambahan seperti ayam goreng atau pergedel.

  1. Soto Sampah
pic : jogja.tribunnews.com

Mungkin kamu akan mengernyitkan kening begitu membaca nama yang tak biasa dari kuliner yang satu ini. Namun, jangan buru-buru menolak sebelum kami merasakan nikmat gurihnya Soto Sampah. Berlokasi di Jalan Kranggas, Jetis, Yogyakarta, Soto Sampah tidak menggunakan campuran daging ayam atau sapi seperti pada lazimnya. Di tempat ini kamu akan menjumpai soto dengan campuran gajih atau lemak sapi yang sudah terkenal gurih. Bukan hanya hanya itu, jika kamu ingin lebih kenyang kamu bisa menambahkan aneka lauk yang telah tersedia dan mencampurkannya di dalam piring. Kalau sudah begini, tak azal lagi tampilan soto  tak lagi beraturan, bercampur menjadi satu.

  1. Soto Moneter
pic : taugitu.com

Tempat makan soto yang satu ini memang mengingatkan pada krisis keuangan yang pernah melanda Indonesia. Walaupun begitu, bukan berarti kita akan menemui soto yang minim  isi di Soto Moneter. Justru di tempat ini kita akan disuguhi semangkok soto dengan kuah gurih, irisan daging sapi empuk, bihun nan lembut, daun kemangi dan lenthok. Lenthok sendiri adalah semacam Pergedel dengan cita rasa gurih yang dibuat dari singkong. Buat kamu yang tak sabar lagi ingin segera menikmati semangkok Soto Moneter kamu bisa segera berkunjung ke Jalan Ringroad Timur, Banguntapan, Yogyakarta.

 

About Resti Dhian

Apa yang saya tulis belum tentu saya | Alumni PBSI UNY

Check Also

Agar Obrolanmu Dengan Gebetan Tak Garing, Lakukan 5 Hal ini!

Masa pendekatan adalah saat yang krusial. Pada waktu itulah kelanjutan hubunganmu dengan si dia ditentukan. …