Mahasiswa BangetPojok #UNYu

Inilah 5 Ragam Perubahan Teman Setelah Lulus Kuliah

Masa kuliah dan selepasnya jelas akan terasa berbeda. Perbedaan tersebut salah satu di antaranya terkait tentang perubahan teman-teman di sekitar kita setelah lulus kuliah. Konsepsi perubahan bisa menjurus ke arah yang menyenangkan bahkan menyebalkan. Apa sajakah potensi perubahan teman di sekitar kita setelah lulus kuliah? Simak.

1.Teman yang Makin Dewasa

Entah sudah menjelajahi alam mana, teman yang berubah jadi makin dewasa pasti ditemukan setelah lulus kuliah. Perspektif menyoal kehidupan jadi makin matang, terencana, dan mengejutkan. Teman yang seperti ini biasanya dapat dikenali saat ia sedang berbicara dan bersikap. Selain itu, perubahan mereka dapat ditunjukkan melalui upaya pendalaman ilmu. Yes, melanjutkan studi S2 konkretnya. Perubahan makin dewasa tentu tidak secara pesat juga gaes, namun perlahan. Ini tentu perubahan yang positif ya dan sebagai teman yang elegan, tentu kita harus mendukung perubahan tersebut.

2. Mereka yang Akrab dengan Pekerjaan

A: Nongkrong yuk ntar malem. Mumpung malem minggu nih. Gue tunggu di

Baca Juga  Mengenal Lebih Dekat Rumah Akademik Kita ; Siakad UNY

     tempat biasa ya.

B: Duh, sorry. Nanti malem gue masih lembur. Next time ya.

Dunia kiamat! Teman jadi menggilai pekerjaan daripada pertemuan yang tidak seberapa durasinya. Yes, ini diperuntukan buat mereka yang sedang getol-getolnya menikmati pekerjaan, gaes. Atas nama kerja dan profesionalitas, gerak temu dengan teman jadi terbatas. Maklumi saja ya.

3. Yang Menghilang Tanpa Kabar

Apa yang tidak mungkin setelah lulus kuliah akan ada teman yang mendadak hilang. Hilang tanpa kabar, tanpa ada kepastian. Ya, sebenar-benarnya hilang. Ini bukan proses seleksi alam tentu saja, gaes. Hanya mungkin sejenak ia mesti diikhlaskan untuk menemukan dunianya yang baru. Jika Tuhan mengijinkan, nantinya juga pasti akan dipertemukan dalam situasi yang tak terduga-duga.

4. Sebuah Obsesi Mengubah Berbagai Sifat

Sebagai manusia biasa yang memiliki hasrat tertentu, sebuah obsesi jelas tertanam ya, gaes. Apalagi selepas kuliah yang notabenenya fresh graduate, obsesi menjadi mapan dan bahagia dengan berbagai versi akan muncul. Untuk mencapai obsesi tertentu tak akhyal dibarengi dengan perubahan sifat. Misal yang dulu malas, jadi rajin. Yang dulu ngaret, jadi disiplin. Yang dulu pendiam, jadi vokal, dan sebagainya. Yes, semua perubahan sifat tersebut terjadi demi mewujudkan obsesi.

Baca Juga  Tips Hari Pertama Masuk Kuliah bagi Mahasiswa Baru

5. Dan Tak Ada yang Berubah

Dari ke semua perubahan yang terjadi pada teman setelah lulus kuliah, kita hanya perlu optimis meyakini sepenuh hati bahwa tetap ada teman yang tidak berubah. Si dia yang humoris, hangat, ceria, bahkan jail. Teman yang tidak berubah seperti ini biasanya jadi aset yang dirindukan.

Fine, gaes. Perubahan itu manusiawi, kita gak  perlu kolot menyikapi. Woles saja. Upaya menjaga pertemanan yang sudah ada, bukankah lebih mulia?

Dy Zhisastra

Saya menyayangi mereka yang menyayangi saya | Pegiat Sastra Universitas Negeri Yogyakarta

Related Articles

Back to top button
Close