Ketahui Persiapan dan Biaya Renovasi Rumah Minimalis 2 Lantai | UNY COMMUNITY
Home / review / Ketahui Persiapan dan Biaya Renovasi Rumah Minimalis 2 Lantai

Ketahui Persiapan dan Biaya Renovasi Rumah Minimalis 2 Lantai

Memiliki rumah adalah idaman bagi setiap orang di dalam hidupnya. Rumah atau dalam bahasa Jawa sering disebut dengan papan merupakan salah satu bagian dari kebutuhan primer manusia, tentunya manusia memerlukan tempat tinggal untuk melindungi diri dari pergantian cuaca dan gangguan lainnya. Seiring dengan perkembangan zaman tentunya model dan gaya rumah memerlukan renovasi karena faktor usia rumah itu sendiri. Ada beberapa pertimbangan yang diperlukan dalam perencanaan renovasi rumah yang layak dan nyaman ketika dihuni. Biaya renovasi rumah bermacam-macam tergantung tipe dan model rumah yang dinginkan. Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai persiapan dan biaya renovasi rumah minimalis 2 lantai.

Keterbatasan tempat menjadi permasalahan utama ketika ingin membangun atau merenovasi rumah, namun kini dengan tempat yang tidak begitu luas kita bisa membangun atau merenovasi rumah. Rumah dengan beberapa lantai bisa menjadi solusi. Setelah memutuskan untuk merenovasi rumah minimalis 2 lantai maka langkah selanjutnya adalah melakukan persiapan pembangunan antara lain:

  1. Menentukan tipe rumah minimalis yang akan direnovasi. Menentukan tipe berdasarkan luas akan membantu dalam perencanaan renovasi dan penentuan anggaran dana.
  2. Setelah menetukan tipe rumah yang dipilih. Langkah selanjutnya mencari kontraktor atau pekerja dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan. Biasaya mereka menawarkan jasa pekerjaan khusus untuk membangun, urusan perkayuan tersendiri dan ada pula yang sifatnya borongan. Mereka sudah berkoordinasi dengan beberapa pekerja lainnya sehingga semua pekerjaan dalam satu komando. Untuk bahan-bahan ada juga yang terserah pemilik dan yang diurus oleh kontraktor sendiri. Dalam mencari kontraktor atau pekerja sebaiknya mencari informasi berdasarkan hasil yang telah mereka kerjakan.
  3. Konsultasi bahan. Dalam menentukan bahan-bahan untuk renovasi rumah tidak bisa secara asal-asalan karena akan digunakan untuk beberapa tahun ke depan sehingga konsultasi bahan sangat diperlukan terutama dalam penentuan biaya renovasi rumah minimalis 2 lantai ini. Setelah memilih jenis kontraktor, jika kita memilih yang sendiri-sendiri maka bisa berkonsultasi sesuai dengan bidang pekerjaannya atau ke toko material. Kalau yang borongan biasanya mereka menawarkan material mana yang akan digunakan lalu mereka yang akan mengurusnya.
Baca Juga  3 Kelebihan Beasiswa Tanoto Foundation

Setelah melakukan persiapan, hal yang paling utama ialah mengetahui biaya renovasi rumah minimalis 2 lantai. Ada beberapa tipe rumah seperti tipe 36 dan tipe 45. Tipe 36 meliputi ruang keluarga, dapur dan kamar mandi sehingga penambahan lantai menjadi solusi yang tepat sedangkan tipe 45 tidak berbeda jauh dari tipe 36, ada ruang tamu dan bisa dibuat garasi. Jika ingin merenovasi secara keseluruhan bisa mencapai 100 juta. Biaya-biayanya antara lain:

  1. Biaya Pekerja

Biaya perkerja perbidangnya masing-masing jika di desa kisaran 50-150ribu, tergantung keahlian. Jika di perkotaan kisaran 100-200ribu. Sedangkan pekerja borongan, sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati rombongan.

  1. Biaya Material

Harga bahan, sewa alat dan lainnya juga tergantung daerah. Berikut harga satuan material:

  • Semen 1 sak kisaran Rp55.000-Rp75.000
  • Batu bata perbiji Rp600
  • Batako perbiji Rp1500
  • Kayu Meranti ukuran 8×12 sekitar Rp130.000
  • Kayu Kamper ukuran 5×10 sekitar Rp120.000
  • Pasir beton, biasa dan mundu per meter persegi sekitar Rp260.000-280.000
  • Besi beton sesuai ukuran 12 meter, diameter 6mm-16mm harganya sekitar Rp20.000- Rp160.000
  • Triplek tebal ukuran 3mm-15mm harganya sekitar Rp47.000-Rp186.000
  • Atap asbes ukuran 150×105 – 300×105 kisaran Rp46.000-Rp86.000
  • Cat Tembok ukuran 5kg-25kg kisaran Rp140.000-Rp.777.000, aquaproof ukuran 5kg-25kg kisaran Rp170.000-Rp.700.000
Baca Juga  13 Daftar Harga Kulkas 2 Pintu Semua Merek Terbaru

3. Biaya Tidak Terduga

Di luar biaya pasti, biasanya ada biaya-biaya yang tidak terduga karena sebab-sebab tertentu sehingga perlu dianggarkan dana 10% dari biaya total.

Demikian informasi mengenai persiapan dan biaya renovasi rumah minimalis 2 lantai, semoga dapat bermanfaat dan menjadi referensi dalam merenovasi rumah Anda.

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

Berkah Ramadhan Tokopedia Belanja Online Melimpah Untungnya !!

Hallo semua ! apa kabar nih puasanya? Semoga masih full ya gaes. Alhamduliah tidak terasa …