Ketika kerja dan Kuliah Mesti Diperjuangkan | UNY COMMUNITY
Tuesday , 23 July 2019
Home / Pojok #UNYu / Ketika Aktivitas Mengumpulkan Pundi-pundi Rupiah dan Kuliah Mesti Diperjuangkan, Lakukan Langkah Arif Berikut

Ketika Aktivitas Mengumpulkan Pundi-pundi Rupiah dan Kuliah Mesti Diperjuangkan, Lakukan Langkah Arif Berikut

Deadline tugas kuliah, belum lagi job yang menuntut keprofesionalan tanpa ampun, jelas akan menjadi tantangan tersendiri untuk kamu yang telah memutuskan kuliah nyambi kerja. Dunia kuliah dan kerja terkadang memiliki andil sama penting sehingga membingungkan si pelaku itu sendiri. Nah, semua itu bisa ditangkal dengan kiat cerdas berikut ini, gaes. Monggo disimak.

bekerja-paruh-waktu-sambil-kuliah-yuk-1-638

1. Komitmen

Yes. Komitmen. Sedari awal menentukan langkah ini, jelas kamu pun paham apa-apa saja yang akan menjadi kendala di depan. Paham saja tidak cukup membuatmu bertahan ya, gaes. Kamu perlu memiliki komitmen berlapis baja bahwa kedua aktivitasmu itu pasti bisa kamu taklukan seberat apapun beban itu. Penting sekali kamu menjadikan komitmen itu sebagai pijakan awal yang akan selalu membuatmu ingat ketika kendala itu datang.

2. Pintar mengatur waktu

Kamu adalah pengatur dari laku hidupmu sendiri. Termasuk ketika kamu memutuskan kuliah nyambi kerja. Sadar penuh akan konsekuensi bahwa waktu antara kuliah dan kerjamu itu bisa saja perang sana perang sini, tabrak sana tabrak sini. Pusing? Ya, jangan pusing dulu. Hal itu bisa diantisipasi dengan kecerdasan bagi waktu yang pasti bisa kamu menej sendiri. OK!

3. Berani bekerja keras

Hidupmu jelas akan terasa lebih dinamis dan di sinilah kamu harus berani bekerja keras. Termasuk berani menaklukan lelah, berani memahami keadaan sekitar kampus dan lingkungan kerja, juga berani mengambil resiko saat suatu keadaan tidak bisa kamu pilih. Misal, kamu harus berani dipotong gaji karena waktu kerja yang berbenturan dengan urusan kuliah yang tidak bisa kamu tinggalkan. Selanjutnya, kamu pun bisa melanjutkan keberanian bekerja keras kembali. Semangat

Baca Juga  Membidik Masa Depan Bersama Prodi Teknologi Pendidikan UNY

4. Cari Teman Belajar

Ciptakan teman belajar yang sangat solid di kampus. Mereka adalah yang bisa dipercaya membantumu dan mengerti aktivitasmu di luar sana. Sulitkah? Tergantung ya, gaes. Saat kita memberikan laku yang terbaik pada orang lain, maka sudah sepantasnya kita diperlakukan baik pula. Semua diawali dari diri sendiri.

5. Bicara dengan bos dan rekan kerja

Komunikasikan dengan baik segala hal yang bisa agak menghambat waktu kerjamu karena hal kuliah pada rekan kerja dan bos. Ketika semua bisa dikomunikasikan dengan baik, tentu akan menghasilkan sesuatu yang baik.

So? Sebenarnya ya biasa-bisa saja, sah-sah saja saat kamu memutuskan untuk beraktivitas mengumpulkan pundi-pundi rupiah saat kuliah, kok. 5 langkah tersebut semoga bisa jadi rujukan, ya. Matursuwun.

About Dy Zhisastra

Saya menyayangi mereka yang menyayangi saya | Pegiat Sastra Universitas Negeri Yogyakarta

Check Also

Lakukan Hal Berikut Ini Saat Kamu Diterima Menjadi MABA UNY

Selamat untukmu, #UNYu yang sudah berhasil lolos seleksi masuk perguruan tinggi bergengsi, UNY, mengalahkan ribuan …

X