Ketika Mudik Lebaran Menjadi Momen Berharga Bagi Sang Perantau | UNY COMMUNITY
Home / Pojok #UNYu / Ketika Mudik Lebaran Menjadi Momen Berharga Bagi Sang Perantau

Ketika Mudik Lebaran Menjadi Momen Berharga Bagi Sang Perantau

Hai, Sang Perantau yang sedang menanti detik-detik terbaik buat mudik. Sudah sejauh apakah persiapan yang dilakukan pramudik? Baiklah, di sini akan dibahas tentang hal umum yang pasti dilakukan Sang Perantau sebelum mudik lebaran terutama untuk mereka yang kampung halamannya berada nun jauh di sana. Simak ya.

1. Berburu Tiket Perjalanan

Berburu Tiket Perjalanan
pic : tribunnews.com

Inilah hal pertama yang mesti dilakukan gaes, yaitu berburu tiket perjalanan mudik lebaran. Momen lebaran jelas identik dengan konflik batin uji kesabaran hati untuk mengantri tiket perjalanan. Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya kamu memesan tiket mudik jauh-jauh hari untuk menepis hal-hal fatal yang tidak diinginkan, seperti kehabisan tiket. Atau jika karena sistem tertentu hal tersebut tidak bisa dilakukan, maka rajin-rajinlah setiap waktu mengecek kuota tiket yang akan kamu pesan.

Baca Juga  Galau Menghadapi UAS? 6 Tips Ini akan Memudahkan Langkahmu Meraih Hasil UAS Maksimal!

 2. Menyiapkan Mental, Fisik, dan Finansial

Print
pic : okezone.com

Perjalanan mudik yang jauh jelas membutuhkan kesiapan mental, fisik, dan finansial ya, gaes. Pertama, mental. Bersiaplah bahwa di jalan nanti akan mengalami macet, atau hal klasik lainnya yang menguji kesabaranmu untuk ke sekian kali. Bahkan saat sampai di rumah nanti, kesiapan mental yang lain juga mesti kamu persiapkan, seperti menghadapi pertanyaan horror yang menyangkut masa depan tapi belum terancang olehmu. Kebayang ya? Oke, next tentang kesiapan fisik, ini jelas mesti diperhatikan ya. Kamu boleh kok menyediakan beberapa obat-obatan untuk persiapan di jalan nanti saat tubuh mulai rapuh. Yang jelas sekali adalah persiapan finansial ya, gaes. Ini agak nguras kantong mungkin, tapi percayalah bahwa semua itu akan terbayar dengan bertemu keluarga nanti di rumah.

baca juga : 5 Fakta di Balik Ketegaran Mahasiswa Perantau

 3. Ceklis Oleh-oleh

Ceklis Oleh-oleh
pic : udinnews.wordpress.com

Sebelum mudik, pasti kamu telah menyiapkan oleh-oleh untuk keluarga. Mau sedikit atau banyak, disesuaikan dengan keadaan kantong ya, gaes. Ya, biar kelihatan perantauan bangetlah ya, jadi oleh-oleh wajib dibawa saat mudik lebaran tiba. Oleh-oleh tesebut biasanya juga ada yang pesanan dari saudara atau memang kesadaran dari dirimu sebagai seseorang yang tidak pelit. Heu..Heu..

 4. Plan Terdekat

Plan Terdekat
pic : eva-servicebureau.com

Nah lho. Kamu mestinya memiliki plan terdekat sebelum mudik ni. Pikirkan tentang agenda apa yang bisa dikerjakan di rumah. Akan q-time bersama keluarga saja atau bagi-bagi waktu dengan yang lain, monggo banget, gaes. Dan jangan lupa jadwalkan waktu kembali ke perantauan ya. Gawat ntar kalo kebablasan di rumah terus. Ya kan?

Dan benar, gaes. Sebaik-baiknya tempat mudik lebaran adalah tanah kelahiran. Momen mudik lebaran jelas menjadi berharga bagi Sang Perantau. Selamat bermudik ria.

About Dy Zhisastra

Saya menyayangi mereka yang menyayangi saya | Pegiat Sastra Universitas Negeri Yogyakarta

Check Also

Mau Ngabuburit Asyik? Kunjungi 5 Spot Berikut Ini

Hai, #UNYu. Apa kabar puasa kalian? Apakah aktivitas ngabuburit menjadi rutinitas yang menyenangkan? Yes. Ngabuburit …