MahasiswaPojok #UNYu

Mengetahui Perbedaan Demisioner dengan Pensiun dan Alumni

Merujuk pada KBBI, demisioner adalah keadaan tanpa kekuasaan. Penggunaan padanan demisioner ini sering muncul pada ranah organisasi dan politik. Tentu demisioner sering digunakan pada mahasiswa ketika akan purna dari tugas menjadi sebuah anggota dan pemangku jabatan di sebuah organisasi kampus.

Demisioner ini biasanya dilakukan pada akhir masa jabatan yang telah disepakati, masing-masing organisasi akan berbeda. Seseorang yang bergabung dalam sebuah organisasi akan mengalami masa habis jabatan. Namun, demisioner ini seseorang tersebut tidak akan lepas begitu saja, mereka masih memiliki tugas yang tidak terlalu terikat, tapi harus dilakukan. Mereka yang baru saja melakukan demisioner akan memeberikan arahan dan melakukan kegiatan sampai ada pelantikan baru.

Mengapa ada istilah demisioner, bukan menggunakan istilah pensiun saja? Nah, dari segi pengertian tentu sudah berbeda antara demisioner dan pensiun. Demisioner tidak langsung berhenti menjalankan tugas, mereka masih punya tanggung jawab untuk menunggu pelantikan baru dan memberikan arahan. Namun, pensiun memiliki pengertian seseorang yang telah sudah berhenti bekerja.

Baca Juga  Antara Mahasiswa Dan Kopi

Adapun ada istilah alumni. Alumni dengan demisioner juga memiliki pengertian yang berbeda jika diberlakukan di sebuah organisasi. Alumni bisa digunakan untuk menyebut seseorang yang telah menyelesaikan pendidikan di universitas. Namun, tentu saja berbeda dengan istilah demisioner yang digunakan untuk organsasi. Biasanya mantan anggota organisasi akan mengatakan bahwa ia sudah melakukan demisioner dari organisasi, bukan alumni dari sebuah organisasi.

Aturan yang dilakukan untuk demisioner tentu sudah ada dan dibuat terlebih dahulu. Hal mengenai aturan tersebut tertuang dalam Anggaran dan Anggaran Rumah Tangga. Pembuatan rancangan tersebut tentunya juga dibuat dengan disepakati secara bersama, tidak dari anggota sebelumnya yang sudah demisioner sepenuhnya.

Dalam lingkup organisasi yang ada di kampus, ada beberapa pengertian demisioner yang perlu diketahui. Salah satu yang perlu diketahui dan paling sering melakukan demisioner adalah BEM. Demisoner BEM memiliki pengertian berakhirnya masa tugas sebagai pengurus BEM, mereka yang sudah demisioner tinggal mengarahkan, menunggu ada pembentukan pengurus yang akan segera datang.

Baca Juga  Dilan, Suami Bijak: Pilih Istri Jurusan Administrasi Negara!

Nah, jadi jika sudah bisa membedakan istilah padanan kata tersebut akan memudahkan seseorang untuk mengetahui. Apa itu demisioner, apa itu pensiun, apa itu alumni. Mengetahui pengertian dasar tersebut bisa membuat seseorang bisa membedakan harus menggunakan padanan kata yang mana. Terlebih jika ditanya, apakah kamu masih ikut di organisasi tersebut? Seseorang akan menjawab, saya sudah melakukan demisioner dari organisasi tersebut.

Related Articles

Back to top button
X