intip JurusanPojok #UNYu

Mengulik Program Studi Ilmu Sejarah UNY

Sejarah merupakan kejadian pada masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan dari berbagai peristiwa. Nah, dalam dunia pendidikan terdapat sebuah ilmu terkait dengan kesejarahan yang disebut dengan ilmu sejarah. Ilmu sejarah ini merupakan ilmu yang mempelajari berbagai peristiwa yang terjadi pada masa lampau sepanjang kehidupan umat manusia. Di Indonesia ada beberapa kampus yang membuka program studi Ilmu Sejarah, salah satunya kampus kita, UNY. Program studi Ilmu Sejarah berada di bawah naungan Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial. Program studi ini dibuka pada tahun 2003. Di UNY sendiri terdapat dua program studi sejarah yang sama tapi berbeda. Di bawah Jurusan Pendidikan Sejarah, terdapat Pendidikan Sejarah yang berorientasi pada kependidikan atau keguruan, lalu Ilmu Sejarah yang berorientasi pada keilmuan sejarah itu sendiri. Menurut salah satu mahasiswa Ilmu Sejarah UNY angkatan 2016 nih, kedua program studi ini sama-sama mempelajari pelajaran sejarah baik dunia dan Indonesia tapi bedanya Pendidikan Sejarah memiliki mata kuliah terkait dengan kependidikan sedangkan Ilmu Sejarah tidak.

Baca Juga  Refleksi Diri Perjalanan Kuliah dari Tiap Semester
foto : ig @hmis_uny

Program studi Ilmu Sejarah ini memiliki visi mewujudkan program studi yang unggul dalam menciptakan tenaga ahli di bidang sejarah dan mampu berkompetisi dalam kesejarahan. Dalam mewujudkan visi itu, didukung dengan misi membentuk tenaga non kependidikan, profesional, dan atau akademik yang   menguasai ilmu sosial dan  teknologi melalui kegiatan penelitian demi kepentingan pendidikan dan pengajaran, dan untuk kepentingan pengembangan ilmu sejarah; mendorong dan meningkatkan kemampuan tenaga kependidikan, profesional dan atau akademik untuk  mengamalkan dan mengabdikan ilmu pengetahuan dan ketrampilan bagi kehidupan masyarakat. Nah tujuan dari program studi Ilmu Sejarah ini menghasilkan lulusan yang kreatif, inovatif, dan berkualitas serta mampu melaksanakan penelitian di bidang sejarah dan ilmu sosial sesuai perkembangan IPTEK, sehingga dapat memberikan sumbangan untuk menunjang pengembangan Ilmu Sejarah.

foto : ig @hmis_uny

Apa saja sih yang dipelajari mahasiswa Ilmu Sejarah? Pasti banyak yang bertanya-tanya seperti itu. Selama sekolah mata pelajaran sejarah kebanyakan berpaku pada buku paket sejarah dari sekolah, terkadang juga disajikan dalam bentuk teks dan video. Tentu di perkuliahan ada yang membedakan dong, belajar sejarah dari awal mula sampai belakangan ini, dari Indonesia sampai dunia, lebih terbuka, lebih luas, dan lebih dalam. Selain itu mahasiswa Ilmu Sejarah juga diajarkan mengenai hal-hal yang berkaitan sebagai pendukung dalam pengembangan keilmuannya, seperti museologi, bahasa Belanda, pengembangan laboratorium sejarah, dan praktik penulisan sejarah. Tiap-tiap universitas yang memiliki program studi Ilmu Sejarah biasanya memiliki ciri khas tersendiri, nah Ilmu Sejarah UNY ini memiliki ciri khas yakni corak dalam penulisannya lebih ke sosial, budaya, dan sastra.

Baca Juga  Zero Waste, Alternatif Pilihan Gaya Hidup Kekinian

Banyak orang selalu menanyakan hal ini, lulusan Ilmu Sejarah bakal jadi apa? Ya jadi manusia lah, ya kali berubah jadi arca. Lulusan dari Ilmu Sejarah ini bisa jadi pakar sejarah, peneliti, penulis, edukator museum, hingga pemandu wisata. Gimana? Tertarik menjadi bagian dari program studi Ilmu Sejarah UNY?

Related Articles

Back to top button
Close
X