Mahasiswa BangetPojok #UNYu

Perbedaan Yudisium dan Wisuda

Seringkali kita mendengar istilah-istilah yang digunakan oleh para mahasiswa tingkat akhir yang cukup membingungkan bagi orang awam. Sebenarnya apa perbedaan yudisium dan wisuda?

Kedua istilah tersebut tidak terlepas dari proses seorang mahasiswa untuk menyandang gelar dalam pendidikan tinggi seperti Sarjana maupun Magister. Meskipun sama-sama menjadi penanda kelulusan tetapi kedua hal tersebut jelas berbeda.

 foto : feb.uny.ac.id

Pengertian Yudisium

Yudisium menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah penentuan nilai lulus suatu ujian sarjana lengkap di perguruan tinggi. Saat seorang mahasiswa diyudisium berarti mahasiswa tersebut sudah menyelesaikan syarat-syarat kelulusan seperti menyelesaikan skripsi, sidang, mengumpulkan syarat kelulusan dan tentunya sudah mendaftar yudisum. Pada prosesi yudisium, seorang mahasiswa sudah bisa dinyatakan lulus dari suatu lembaga pendidikan.

Baca Juga  Workshop VS Seminar, Sama atau Berbeda? Berikut Penjelasannya!

Pengertian Wisuda

Wisuda menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah peresmian atau pelantikan yang dilakukan dengan upacara khidmat. Dari pengertian ini kita bisa mengetahui bahwa prosesi wisuda ini merupakan selebrasi dari kelulusan yang biasanya diadakan di sebuah auditorium dan dihadiri oleh keluarga wisudawan.

Waktu Pelaksanaan Yudisium dan Wisuda

Waktu pelaksanaan yudisium biasanya pada saat seorang mahasiswa telah menyelesaikan skripsi, sidang dan melengkapi syarat-syarat kelulusan. Yudisium dihadiri oleh dekan maupun pimpinan fakultas. Pelaksanaan yudisium ini tentunya dilaksanakan sebelum seseorang diwisuda.

Sedangkan pelaksanaan wisuda biasanya beberapa minggu atau bulan setelah yudisium. Di setiap universitas biasanya ada beberapa periode wisuda setiap tahunnya, mahasiswa bisa memilih periode wisuda yang terdekat dengan waktu yudisium.

Baca Juga  Menjadi Mahasiswa Itu Harus Sadar Gender

Yang Didapatkan Saat Yudisium dan Wisuda

Apa saja sih yang didapat saat prosesi yudisium? Saat yudisium, seorang mahasiswa akhir resmi menyandang gelarnya. Di beberapa kampus, dokumen bukti kelulusan sudah bisa diserahkan saat yudisium atau dokumen sementara yang bisa digunakan untuk melamar pekerjaan.

Pada saat wisuda tentunya hak-hak yang seharusnya kita dapatkan sebagai mahasiswa sudah tuntas, gelar sarjana maupun magister sudah resmi tersemat pada nama kita.

Setelah membaca penjelasan di atas tentunya kamu sudah tahu kan perbedaan antara yudisium dan wisuda. Jangan sampai salah lagi ya kalau ada teman atau kerabat kamu yang lagi yudisium atau wisuda.

Lusiana Indriani

Mahasiswi Sastra Indonesia 2016 | Menyenangi semua hal yang menyenangkan

Related Articles

Back to top button
X