Pojok #UNYuUNY Banget

Pesan Untuk Adikku, Mahasiswa Baru UNY 2016

Selamat buat kalian yang sudah lolos SNMPTN, SBMPTN, dan SM. Selamat datang di kampus pendidikan. Selamat mendapat gelar baru, mahasiswa, yang katanya di masyarakat kelak membawa perubahan. Selamat atas perjuangan kalian mengalahkan ratusan bahkan ribuan pendaftar dari banyak kecamatan.

13767509_905743022865131_747531519_n

Adikku, dunia kampus sangat berbeda dengan masa putih abu-abu. Kau tak akan mendengar bel tanda masuk kelas. Kau tak akan menemui dan mendengar pengumuman lewat pengeras suara atau TOA yang biasa kau rasakan dan harapkan pulang cepat karena guru ada rapat, ketika sekolah menengah atas, dulu. Kau akan ketinggalan informasi kalau tak aktif mencari, jika tak terbiasa mandiri kau akan kewalahan sendiri. Adikku, namun kau tak perlu takut. Jangan pula kau terkejut. Masa adaptasi perlu kau nikmati. Kelak akan menjadi cerita berarti.

Adikku, ini adalah kesempatan dan peluang besar untuk menggali informasi, menggali potensi, dan meningkatkan kualitas diri. Kalau kau masih beranggapan kuliah untuk mendapatkan ijazah, maka kau akan rugi. Dunia kampus bukan sekedar ruang berukuran 10×25 meter saja, alias ruang kelas. Di ruang kelas kau hanya akan mendapatkan 20% bekal untuk menuju sukses, sisanya bisa kau dapatkan dari berbagai kegiatan, seminar, kepanitiaan, UKM, HIMA, ataupun komunitas lainnya. Ya, menurut Daniel Goldman kesuksesan itu adalah kombinasi 20% hard skils dan 80% soft skills.

baca juga:A� Tips Menghadapi OSPEK bagi Mahasiswa Baru

Seminar. Mulai dari yang tidak berbayar hingga yang berbayar akan membuat ilmumu semakin bersinar. Seminar yang sering diadakan universitas maupun fakultas biasanya tidak berbayar. Meskipun begitu, pembicara dalam seminar sangat kuar biasa. Sedangkan seminar yang berbayar biasanya diselenggarakan oleh HIMA atau UKM. Biaya untuk mengikutinya sesuai dengan kantong mahasiswa. Meskipun berbayar, sesungguhnya uang tersebut akan kembali pada peserta seminar dalam bentuk seminar kit, snack, makan siang, doorprize, kadang kala ada stiker dan lain-lainya. Jadi bisa dikatakan berbayar namun tidak berbayar. Di seminar, bisa bertemu dengan pembicara yang luar biasa, bahkan bisa berinteraksi denganya, di sesi tanya jawab yang disediakan oleh panitia.

Kepanitiaan. Kurang afdol rasanya kalau sudah merasakan menjadi peseta namun belum pernah merasakan menjadi panitia. Akan sangat berbeda rasanya, yang hanya hadir dan duduk manis mengikuti jalannya acara dengan yang selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan bekerja keras untuk menyelenggarakan suatu acara. Mulai dari ketua, sekretaris, bendahara, seksi acara, seksi perlengkapan, seksi dokumentasi, seksi konsumsi, seksi sponsor ship, hingga seksi keamanan. Berbagai jabatan menjanjikan pengalaman untuk pembelajaran. Menguji kemampuan public speaking dan melatih percaya diri, itulah seksi sponsor ship. Belajar mengelola keuangan, tugas bendahara, berguna untuk masa depan.

HIMA. Himpunan mahasiswa jurusan tertentu. Semua mahasiswa pasti tergabung dalam HIMA. Namun hanya beberapa orang saja yang menjadi pengurus HIMA. Dengan menjadi pengurus HIMA, akan lebih dekat dengan jurusan, tentunya juga dengan dosen. Hal ini membuat mahasiswa dapat menjalin hubungan lebih baik dengan dosen. Lebih banyak kesempatan untuk berinteraksi dengan dosen, tentu lebih banyak kesempatan untuk menimba ilmu pengetahuan dan pengalaman.

UKM. Unit kegiatan mahasiswa yang menjadi wadah untuk mengasah bakat mahasiswa. Di UNY ada 39 UKM yang siap membawa mahasiswa menjadi juara sesuai potensi yang dimiliki. Ya, dari berbagai UKM telah melahirkan prestasi dalam hingga luar negeri. Pada dasarnya setiap orang memiliki potensi. Jika tidak digali maka potensi akan perlahan mati. Namun jika diasah akan menjadi bakat. Nah, berbagai UKM ini adalah tempat strategis untuk menggali potensi, agar meningkatkan kualitas diri hingga berbuah prestasi.

Adikku gunakan waktu kuliahmu dengan bijaksana. Ikuti berbagai kegiatan yang sesuai dengan minat kalian. Semoga kelak kalian sukses dengan prestasi akademik dan nonakademik. Selamat berproses dan berprogress.

Baca Juga  Bingung Cari Perlengkapan Kost di Jogja? Kunjungi Tempat ini

Lasmiyati

Mahasiswi Manajemen Pendidikan UNY 2014

Related Articles

Back to top button
Close
X