Prodi Manajemen UNY Cocok Bagi Kamu yang Berjiwa Entrepreneur | UNY COMMUNITY
Friday , 16 November 2018
Home / intip Jurusan / Prodi Manajemen UNY Cocok Bagi Kamu yang Berjiwa Entrepreneur

Prodi Manajemen UNY Cocok Bagi Kamu yang Berjiwa Entrepreneur

Ketika memilih jurusan kuliah kita sering dihadapkan dengan pilihan-pilihan serta beberapa risiko memilih jurusan kuliah. Prodi yang menjadi favorit dan tidak asing lagi adalah Prodi Manajemen. Di Universitas Negeri Yogyakarta, Prodi Manajemen juga menjadi salah satu prodi terfavorit. Prodi ini berkaitan dengan bidang ekonomi sehingga masuk dalam Fakultas Ekonomi. Visi atau tujuan Prodi ini adalah  “Menjadi program studi unggul yang menghasilkan lulusan yang profesional di bidang ilmu manajemen, yang memperhatikan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dan tuntutan global berdasarkan nilai-nilai ketakwaan, berjiwa entrepreneur, serta bersikap kritis dan inovatif terhadap berbagai persoalan manajemen”. Cocok banget buat kamu yang menyukai bidang ekonomi dan entrepreneurship.

pic : instagram.com/manajemenuny/

Tercatat pada tahun 2016, peminat Prodi Manajemen berbagai jalur sebanyak 8.253 sedangkan pada tahun 2017 meningkat menjadi 10.607. Kuota penerimaannya sebanyak 70 orang dengan rincian: jalur SNMPTN 25 orang, SBMPTN 25 orang dan Seleksi Mandiri 20 orang. Angka yang fantastis bukan? Terlebih Prodi Manajemen yang tadinya berakreditasi B menjadi berakreditasi A sejak Oktober 2017. Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No: 3742/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2017 yang ditetapkan pada tanggal 10 Oktober 2017, Program Studi Manajemen FE UNY berhasil meraih akreditasi A. Nilai dan peringkat akreditasi tersebut berlaku selama lima tahun, yaitu mulai dari tanggal 10 Oktober 2017 sampai 10 Oktober 2022.

Baca Juga  Mengapa Seorang Aktivis Kampus Layak menjadi Pelabuhan Hati Terakhir.

Prospek Lulusan Manajemen

Tapi lulusan manajemen akan jadi apa ya? Jangan khawatir, karena banyak banget prospek kerja untuk lulusan manajemen . Lulusan manajemen akan mendapat gelar S.E. Nantinya bisa menjadi antara lain: manajer perusahaan sesuai dengan konsentrasi(marketing, finance, human resources), mendirikan usaha sendiri dan menjadi entrepreneur, administrator, staff eksekutif, supervisor, analisis pasar, analisis saham, analisis mutu, direktur, dan tenaga pendidik dosen. Mungkin masih banyak lagi prospek kerja lulusan manajemen yang belum disebutkan.

Kuliah di Manajemen Seperti Apa?

Ingin kuliah di Manajemen UNY tapi belum ada pandangan nanti kuliahnya seperti apa, ribet atau nggak, dsb. Setelah diterima di Prodi Manajemen maka tidak hanya akan belajar mengenai ilmu manajemen saja. Mata kuliah di Prodi Manajemen ada mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan. Mata kuliah wajib seperti Pendidikan Agama, PKn, Pancasila, Statistika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kewirausahaan, dan KKN. Kemudian akan ada mata kuliah lain dari fakultas dan prodi. Di mata kuliah pilihan kita hanya akan memilih sesuai dengan minat kita. Pada semester lima nantinya aka nada pilihan konsentrasi antara lain: Konsentrasi Pemasaran, Konsentrasi SDM dan Konsentrasi Keuangan. Sesuai dengan mata kuliah yang diberikan, di prodi Manajemen mempelajari seputar divisi-divisi di manajemen seperti keuangan, produksi, SDM, dan pemasaran. Sistem perkuliahannya ada teori, presentasi serta praktik.

Baca Juga  Aturan Umum di Perpustakaan yang Sebaiknya Kamu Tau

Tips Agar Diterima di Prodi Manajemen

Agar bisa diterima di Prodi Manajemen UNY jangan lupa persiapkan dari awal, jika masih di semester awal ketika SMA berusaha untuk mendapatkan nilai rapor yang bagus dan bisa coba ikut lomba-lomba. Ini akan membantu ketika penerimaan jalur SNMPTN dan SM Prestasi. Sedangkan jalur SBMPTN diperlukan waktu untuk belajar soal SBMPTN, nilai SBMPTN juga bisa digunakan untuk daftar SM SBMPTN lho dan untuk SM Ujian Tulis sesuai dengan pengalaman nih, soalnya mirip dengan soal UN jadi tinggal review aja materi UN.

Tetap semangat dan jangan takut mencoba. Jangan khawatir dengan persaingan ketat, yakinlah bahwa kamu bisa karena belum tentu kamu tidak bisa lebih baik dari ribuan lawanmu di luar sana. Jangan lupa berdoa dan minta restu orang tua. Sampai ketemu di UNY!

Baca Juga  Hanya Mahasiswa yang Belum Lulus Tes TOEFL yang Merasakan Hal Ini

About Lusiana Indriani

Mahasiswi Sastra Indonesia 2016 | Menyenangi semua hal yang menyenangkan

Check Also

UKM Kewirausahaan UNY, Solusi Salurkan Minat dan Bakat Entrepreneurmu

Di dunia perkuliahan tentunya kita memerlukan wadah untuk mengembangkan kemampuan sesuai bidang yang diminati. Bidang …