Sebelum Jadi Korban, Kenali 5 Modus Penipuan Kredit Online | UNY COMMUNITY
Wednesday , 14 November 2018
Home / review / Sebelum Jadi Korban, Kenali 5 Modus Penipuan Kredit Online

Sebelum Jadi Korban, Kenali 5 Modus Penipuan Kredit Online

Kemudahan kredit online zaman digital memang kadang-kadang seperti dua mata pisau. Jika tidak waspada dan teliti, justru akan merugikan penggunanya sendiri. Pasalnya saat ini ada beberapa perusahaan nakal yang memanfaatkan keluguan konsumen terutama bagi mereka yang literasinya kurang dalam dunia digital.

Kredit online sebetulnya mempermudah konsumen untuk mendapatkan pinjaman tanpa harus datang ke kantor. Misalnya dengan cara mengunduh aplikasi dari Google Play Store maupun dari App Store untuk mengajukan cicilan dengan berbagai kebutuhan.

Agar tidak menjadi korban berikutnya kenali beberapa modus penipuan berikut ini.

Penawaran melalui SMS

Jika kamu termasuk yang selalu mengisi ulang pulsa di beberapa counter tertentu, kadang-kadang nomor tersebut diperjualbelikan. Sehingga beberapa perusahaan pembiayaan nakal akan dengan mudah mengirimkan SMS penawaran kredit langsung ke handphone konsumen.

Cara-cara seperti ini hampir sama dengan modus yang menguras pulsa. Jika kamu mendapatkan penawaran dari nomor yang tidak dikenal sebaiknya abaikan saja. Jika perlu diblokir saja nomornya sehingga tidak akan bisa mengirimkan penawaran yang serupa.

Menggunakan situs gratisan

Ciri-ciri para penipu yang menawarkan kredit biasanya menggunakan situs gratisan seperti blogspot ataupun WordPress. Salah satu yang paling kentara juga adalah menggunakan email gratisan dengan alamat gmail.com.

Baca Juga  Tips Investasi Rumah Kontrakan di Jakarta Timur

Perusahaan resmi biasanya memiliki situs khusus dan juga alamat email yang sesuai dengan situsnya. Ciri-ciri ini adalah modus penipuan yang paling jelas. Jadi kamu  berita lebih waspada jika mendapatkan penawaran terutama dari situs apalagi jika menggunakan email gratisan.

Iming-iming bantuan cuma-cuma

Perusahaan yang menawarkan kredit online biasanya menyeleksi calon korbannya. Mereka akan mempelajari rekam jejak bahkan latar belakang calon korban terutama bagi mereka yang memang sudah memiliki catatan utang.

Proses identifikasi yang dilakukan biasanya dengan menggunakan wawancara secara langsung melalui telepon secara random. Jika korban mengungkapkan alasan dan juga kebutuhannya untuk melunasi utang, biasanya para penipu ini langsung menawarkan jeratan nya dengan memberikan iming-iming bantuan untuk memberikan pinjaman online dengan cara yang lebih mudah.

Jika mendapatkan telepon dari orang yang tidak dikenal sebaiknya tidak mudah mengungkapkan permasalahan finansial. Karena bisa jadi alasan tersebut dijadikan senjata untuk memperdaya korban.

Pastikan untuk merekam semua percakapan telepon agar kamu bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Jika ada ancaman kamu bisa menjadikan rekaman tersebut sebagai bukti untuk dilaporkan kepada pihak yang berwenang.

Meminta data pribadi yang sensitif

Salah satu iming-iming kredit online adalah kemudahan pinjaman dengan syarat syarat tertentu yang diminta oleh perusahaan. Data pribadi memang menjadi salah satu syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi ketika kreditur ingin menawarkan pinjaman.

Baca Juga  Cari Kost Ekslusif Jogja Harga Mahasiswa ? Cari di Mamikos Aja

Namun tidak semua data diperlukan apalagi jika data-data tersebut sudah termasuk ranah yang sebetulnya tidak boleh diketahui oleh orang lain seperti PIN ataupun password akun tertentu apalagi password akun internet banking.

Ujung-ujungnya meminta uang administrasi

Modus penipuan biasanya tidak akan langsung meminta uang di awal tetapi berusaha bersabar dan meyakinkan terlebih dahulu calon korban. Setelah calon korban terpedaya barulah mereka meminta iming-iming uang muka atau uang pelicin agar pinjaman bisa cair dengan cepat.

Bahkan uang pelicin tersebut mangkanya bisa jauh lebih besar daripada bunga yang harus dibayarkan. Jika sudah demikian yakinlah bahwa kamu sedang berada dalam upaya penipuan.

Jangan cepat percaya apalagi cepat terpesona dengan janji-janji yang diberikan. Setiap pinjaman pasti memiliki prosedur yang amat ketat termasuk ketika mengajukan kredit secara online. Semua syarat tersebut biasanya diolah terlebih dahulu untuk menilai apakah kreditur dapat memberikan pinjaman kepada debitur yang layak sesuai dengan kemampuannya.

Salah satu kredit online terpercaya yang bisa kamu andalkan dan transparan ketika memberikan pinjaman adalah Kredivo. Kredivo memberikan pinjaman dalam bentuk limit kredit yang bisa digunakan untuk belanja online dan pinjaman tunai. Kredivo mengenakan bungan lebih rendah dibandingkan dengan perusahaan lainnya yaitu hanya 0% untuk tenor 30 hari, dan 2,95% per bulan untuk cicilan dengan tenor 3, 6, hingga 12 bulan.

Baca Juga  13 Daftar Harga Kulkas 2 Pintu Semua Merek Terbaru

Bukan hanya memberikan kredit untuk belanja online, limit kredit yang diberikan Kredivo juga bisa dijadikan dana tunai. Untuk bisa menikmati fasilitas ini, kamu harus terdaftar dalam akun Cicilan Kredivo terlebih dahulu. Cukup mengunduh aplikasi Kredivo pada Google Play Store atau App Store, pilih opsi daftar cicilan, dan ikuti langkah yang tertera, maka kamu sudah bisa memiliki akun Cicilan Kredivo dalam waktu kurang dari 1 x 24 jam. Pinjaman cicilan online ini bisa kamu manfaatkan untuk kebutuhan yang mendesak saja seperti untuk membayar tagihan rumah sakit ataupun biaya pendidikan.

Kemudahan kredit melalui Kredivo bisa kamu dapatkan dengan cara mendaftarkan diri kamu terlebih dahulu. Prosesnya sangat cepat hanya kurang dari 24 jam saja untuk mendapatkan kredit limit sampai dengan 20 juta rupiah. Syarat dan ketentuan lengkapnya bisa kamu baca di halaman berikut ini.

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

Lomba memperingati Pekan HAM

Dalam rangka memperingati Pekan HAM pada 10 Desember 2018 ✨MAHASISWA PKNH UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DENGAN …