Pojok #UNYuUNY Banget

Taman Adimarga dan Patung Kembara yang Ikonik

Sejak 2019 hingga 2020 ini, kampus kita tercinta banyak melakukan revitalisasi sarana rekreasi outdoor untuk mahasiswanya. Ada Taman Randu Alas yang lebih representatif untuk olahraga, diskusi, belajar, makan siang, atau bahkan sekedar duduk menikmati senja bersama teman-teman atau keluarga. Ada juga nih taman disebelah barat air mancur rektorat, pas di depan perpustakaan UNY yang direvitalisasi. Taman itu diberi tempat duduk, meja, dan penerangan yang jauh lebih nyaman, tapi sayang udah nggak ada rumput-rumputnya. Namanya juga sarana rekreasi outdoor, ya kelemahannya pas hujan seperti sekarang ini sih, nggak bisa digunakan dengan nyaman karena basah tentunya.

Foto : @haris_dull

Nah, di akhir tahun 2019 kemarin, ada perubahan yang cukup besar juga nih di UNY boulevard, taman yang ditengah-tengah jalan masuk kampus via rektorat. Ada tiga pilar ikonik milik UNY yang dirobohkan dan diganti dengan sebuah patung karya seniman legendaris Indonesia, Nyoman Nuarta. Patung yang digarap Pak Nyoman sejak Desember 2019 ini, datang ke UNY sekitar bulan Februari 2020 dan diresmikan tepat pada tanggal 13 Februari 2020. Patung ini diberi nama Kembara dengan bentuk sayap garuda, logo UNY, dan api seperti logo khas Yogyakarta. Pada plakat peresmian di bawah patung Kembara ini ada sebuah kalimat “UNY Menjelajah Mencari dan Mengembangkan Ilmu”. Sebuah kalimat pengingat bahwa di kampus ini kita nggak cuma belajar aja, kita harus menjelajahi, mencari, dan juga mengembangkan ilmu yang kita dapatkan. Bahkan ketika nanti setelah kita lulus dari almamater tercinta ini, kita nggak boleh berhenti untuk menjelajahi, mencari, dan mengembangkan ilmu di luar sana.

UNY boulevard kini berganti nama menjadi Taman Adimarga. Dulunya yang dihiasi dengan tiga pilar besar, pohon pucuk merah, kini terlihat lebih simpel dengan menunjukkan patung Kembara yang berdiri gagah nan ikonik. Sekedar informasi aja nih, berdasarkan KBBI Taman Adimarga ini berarti taman yang berada di jalan raya besar dan di samping kiri dan kanannya terdapat pohon-pohon besar, jadi arti nama Adimarga sebenarnya sama aja sih dengan arti boulevard hehe. Taman Adimarga tentu bikin UNY jauh lebih kelihatan baru, fresh, dan kekinian, tapi ada beberapa orang yang menyayangkan hilangnya pohon pucuk merah yang pernah menghiasi taman ini.

Baca Juga  Kalender Akademik UNY

Selain itu ada gerbang kampus yang juga ikut direvitalisasi. Gerbang kampus yang awalnya tidak terlalu besar diganti dengan gerbang yang cukup besar dan mirip dengan gunungan pada pewayangan. Oh ya, sekarang juga pintu masuk menuju area Auditorium UNY berada di luar gerbang, jadi tidak perlu putar balik di Taman Adimarga terlebih dahulu untuk masuk ke area auditorium. Nah yang bikin menarik perhatian di Jl. Colombo No. 1 adalah tembok yang ada tulisan Universitas Negeri Yogyakarta juga diubah. Kalau dulu tulisan kampus yang berada dibagian depan banget dan mepet jalan raya, sering nggak kelihatan karena tertutup rimbunnya tanaman, sekarang sudah diubah lebih cantik, lebih jelas dan lumayan eyecatching bagi siapapun yang lewat di Jl. Colombo. Banyak yang bilang “Ah niru kampus sebelah nih!”, ya emang sedikit mirip dengan milik kampus sebelah sih, tapi ‘kan bagus juga untuk spot foto di area kampus hehe. Masa kalo wisuda fotonya cuma di depan rektorat, di bawah air mancur doang? Lumayan lah buat nambah spot foto buat wisuda nanti, ada Taman Adimarga dengan patung Kembaranya dan tulisan UNY di gerbang masuk.

Baca Juga  Buat Kamu Calon MABA, Ini alasan Kenapa Harus Kuliah di UNY

Related Articles

Back to top button
Close
X