Pojok #UNYuTips

Trik Simpel Manajemen Uang Versi Mahasiswa FE

Sepintas, urusan mengatur keuangan terlihat sepele dan amat mudah. Apalagi bagi mahasiswa yang masih belum memikirkan urusan rumah tangga. Fakta di lapangan tidak serenyah yang dibayangkan lho. Jelas ditemukan godaan di sana sini saat sedang belajar mengatur keuangan pribadi. Trik mahasiswa FE dalam manjemen uang berikut ini perlu kamu aplikasikan.

1. Kuatkan tekad untuk hidup hemat

Yang-Sering-Terjadi-di-Akhir-Bulan
pic : www.nyunyu.com

Bagi sebagian besar mahasiswa, secara otomatis telah memikirkan urusan keuangan untuk dirinya sendiri. Bagaimana sirkulasi uang tersebut bisa mencukupi kebutuhan hingga cara menyayanginya agar tidak miss, alias “besar pasak daripada tiang”. Mulailah dengan tekad kuat untuk hidup hemat. Memupuk tekad tersebut di awal bulan dan setiap waktu.

Baca Juga  UNY Memilih Rektor Baru, Berikut Jadwal Kegiatannya

 2. Membuat skala prioritas kebutuhan di awal bulan

TNT-Student-Discount
pic : blog.shopious.com

 

Awal bulan, yang perlu dilakukan adalah me-list kebutuhan yang menjadi prioritasmu. Pikirkan benar bahwa hanya kebutuhan pokok dulu yang hendak dibeli. Akan lebih baik lagi jika di awal bulan, kamu mengambil setengah dulu dari uang yang tersedia. Setelah uang menipis, baru bisa diambil lagi. Dari skala prioritas yang dibuat, kamu mesti mematuhinya ya, gaes agar tidak terjadi miss financial.

 3. Tidak latah berbelanja di awal bulan dan gunakan uang sesuai kebutuhan

konsumsi belanja
pic : catatankampusholic.blogspot.com

Hindari latah berbelanja di awal bulan ya, #UNYu. Tanggal muda memang masanya menghadapi cobaan berat yang menggairahkan. Kamu hanya perlu menahan kuat nafsu berbelanjamu agar di hari-hari berikutnya kamu tidak terlilit masalah keuangan. Hal terpenting lainnya adalah gunakan uang sesuai kebutuhan, baik itu di tanggal muda atau tanggal tua.

Baca Juga  Semalam Bersama Bu Sumirah

 4. Sisihkan uang untuk sedekah dan menabung

sedekah dan menabung
pic : catatankampusholic.blogspot.com

Sebenarnya tidak ada alasan tidak bisa sedekah dan menabung jika kamu telah melakukan tiga trik simpel manajemen keuangan di atas.  Yes. Dua sikap terpuji itu mestinya bisa dilakukan. Ingatlah bahwa rezeki yang kita miliki di dalamnya terkandung hak orang lain yang lebh membuthkan. Tuhan mencintai hamba-Nya yang pemurah.

 So? Simpel kan trik manajemen keuangan ala Mahasiswa FE di atas? Silakan mencoba,

Dy Zhisastra

Saya menyayangi mereka yang menyayangi saya | Pegiat Sastra Universitas Negeri Yogyakarta

Related Articles

Back to top button
Close
X