Wisata Museum di Jogja yang wajib dikunjungi | UNY COMMUNITY
Wednesday , 21 August 2019
Home / Jogjaku / Wisata Museum di Jogja yang wajib kamu kunjungi

Wisata Museum di Jogja yang wajib kamu kunjungi

Pernah tinggal di Jogja tapi belum pernah ke museum? Pernah berkunjung ke Jogja tapi gak mampir tempat bersejarah dan fenomenal? Rasanya gak lengkap banget kalo belum pernah mencoba menikmati indahnya dan menariknya museum-museum yang berada di kota budaya tersebut. Seperti yang kita tahu nih di jaman sekarang ini, banyak sekali anak-anak, pelajar, dan masyarakat yang kurang sadar akan sejarah dan karya seseorang. Mereka lebih asyik bermain gadget dan browsing lewat mbah google dibanding pergi ke museum dan memperkaya sumber ilmu dan inspirasi dari tempat spesial tersebut. Apalagi yang namanya Jogjakarta dengan segala fasilitas yang ada, termasuk museum. Banyak sekali museum-museum yang sudah jarang terjamah banyak orang. Nah, maka dari itu, wajib bagi kaula muda jaman sekarang untuk mengunjungi museum yang ada di Jogja.

Museum pertama yang wajib dikunjungi adalah museum gunung merapi

museum gunung merapi.jpg
pic : rahajengselesabdillah13.blogspot.com

Museum gunung merapi terletak di daerah Hargobinangun, Sleman. Bangunan yang berbentuk trapesium ini memiliki sebuah replika sebaran awan panas dari tiga buah letusan gunung merapi pada tahun 1969, 1994 dan 2006. Replika tersebut selain sebagai penyambut para wisatawan juga sebagai tanda peringatan untuk kita dalam mengenang sejarah dan mengetahui betapa dahsyatnya kejadian pada saat itu. Untuk mengetahui bagaimana letusan tersebut terjadi, pengunjung dapat menekan salah satu tombol. Setelah itu, sebaran awan panas dan aliran lava pijar akan terlihat menyerupai kejadian waktu gunung tersebut memuntahkan bermacam material dari dalam.

Baca Juga  Menikmati Senja Di Embung Tambakboyo

Di ruangan lain, terdapat display tipe letusan gunung api, koleksi benda-benda sisa letusan tahun 2006, batuan dari gunung merapi sejak tahun 1930, hingga koleksi foto-foto gunung merapi dari tahun ke tahun yang dipajang sedemikian rupa sehingga mudah diamati. Di dalam museum tersebut juga terdapat sebuah tempat untuk menonton kejadian meletusnya gunung merapi yang telah di dokumentasikan dalam bentuk film dokumenter. Sungguh sangat bermanfaat bagi siapa saja yang mengunjungi museum tersebut untuk selalu menghargai dan mengingat sejarah.

Museum yang kedua yang wajib dikunjungi adalah museum dirgantara mandala

museum dirgantara mandala
pic : goblokku.wordpress.com

museum dirgantara mandala yang didirikan pada bulan November 1977 di museum Ksatrian Aau (Akademi angkatan udara) di pangkalan adisucipto Yogyakarta. museum tersebut dilengkapi fasilitas seperti perpustakaan dan auditorium. Bagi yang suka selfie, pengunjung dapat berfoto ria di pesawat bahkan mengenakan pakaian penerbang. Saat ini, museum tersebut memiliki koleksi sejumlah 10.000 buah, pakaian dinas, tanda kehormatan, lukisan-lukisan, 28 foto diorama, 1000 foto, koleksi buku yang disimpan di perpustakaan, dan 36 pesawat terbang. Koleksi masterpiece adalah replika pesawat Dakota VT-CLA milik perusahaan penerbangan India yang ditembak jatuh di daerah Ngoto, Bantul oleh Belanda ketika hendak mendarat di Maguwo, Yogyakarta.

Baca Juga  Mau Ngabuburit Asyik? Kunjungi 5 Spot Berikut Ini

Selanjutnya adalah museum Bahari

museum bahari
jogjakota.go.id

museum Bahari yang terletak di daerah Jalan Martadinata. Museum tersebut didirikan pada tanggal 25 April 2009 oleh Laksamana Madya TNI didik Heru Purnomo yang memiliki sejumlah koleksi barang yang berhubugan dengan dunia kelautan. Didalamnya, pengunjung dapat melihat koleksi senjata meriam, kemudi kapal, kompas, radar dan sonar, bom dan ranjau laut, miniatur berbagai jenis kapal perang, radio komunikasi, miniatur pesawat terbang, dan lain sebagainya.

Terakhir, Museum De Mata

demata
pic : doc pribadi

Sebagai tambahan yang merupakan museum modern adalah museum De Mata dimana banyak koleksi gambar-gambar 3 dimensi yang dipajang dan cocok untuk berfoto-foto ria. Jadi tak ada salahnya bagi para wisatawan yang berkunjung ke Jogja untuk mampir dan singgah sebentar ke museum yang terletak di ST Square bekas terminal lama tersebut, tepatnya di Jl. Veteran, Pandean, Umbulharjo, Yogyakarta.

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

Robotika UNY Sabet 5 Penghargaan di Kancah Internasional

Tanggal 12-16 Agustus 2019 akan dikenang dengan manis oleh tim Robotika Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Keikutsertaan mereka …

X