YUk, Mengenal Lebih Jauh FBS UNY Serta Daya Tampung dan Akreditasinya | UNY COMMUNITY
Sunday , 18 November 2018
Home / Pojok #UNYu / YUk, Mengenal Lebih Jauh FBS UNY Serta Daya Tampung dan Akreditasinya

YUk, Mengenal Lebih Jauh FBS UNY Serta Daya Tampung dan Akreditasinya

Halo calon mahasiswa baru! Udah pada persiapan buat daftar kuliah belum nih? Atau jangan-jangan kalian masih bingung mau menentukan pilihan ke fakultas dan jurusan apa? Nah kali ini kita akan berbicara tentang salah satu fakultas yang kata orang-orang sih dibilang fakultas paling asik hehe. Yup mana lagi kalau bukan Fakultas Bahasa dan Seni. Yuk mari kita simak.

pic : instagram.com/akhlis.m/
  • Sejarah

Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) semula bernama Fakultas Keguruan Sastra Seni (FKSS). Pada 1981 melalui penataan fakultas dan institut FKSS berganti menjadi Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS) IKIP Yogyakarta. FBS bermula dari kursus-kursus B-1, seperti Kursus Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jawa, yang bernaung di bawah Jawatan Pengajaran PPK, yang akhirnya berubah menjadi FKIP Bagian A Universitas Gadjah Mada (UGM). Bersamaan dengan terbentuknya IKIP Yogyakarta, FKIP Bagian A UGM ini berubah menjadi FKSS IKIP Yogyakarta. Sejarah FBS dapat dibagi ke dalam tiga periode. Periode pertama adalah periode FKSS (1963-1981); periode kedua, adalah periode FPBS (1981-1996); dan periode ketiga adalah periode FBS (1996-kini).

  • Yang Khas dari FBS UNY

Yang khas dari FBS UNY salah satunya dikenal sebagai kampus ungu, karena fakultas ini memiliki warna kebangsaan ungu. Biasanya kalau ospek, dari pihak fakultas selalu memberikan atribut yang berwarna ungu, misalnya tote bag ungu. Fakultas ini memiliki slogan yaitu akademis, humanis, profesional. Cita-cita dari FBS sendiri adalah menjadi kampus yang humanis dan berbudaya. Yang khas lainnya tentang FBS adalah banyak mahasiswa dari fakultas lain mengganggap FBS adalah kampus yang cukup besar, luas dan sejuk. Sehingga banyak mahasiswa lain yang betah main di FBS. Ditambah lagi adanya Pendopo Tedjokusumo yang menjadi ciri khas dan ikon dari FBS UNY. Oh iya selain itu akronim dari FBS juga sering diplesetkan ke kata lain seperti Fakultas Berbasis Selebriti karena lulusan dari fakultas ini memiliki keahlian di bidang sastra dan seni.

baca juga :  5 Atmosfer dari FBS UNY yang boleh kamu yakini kebenarannya

  • Letak

FBS UNY terletak di Kampus Barat Universitas Negeri Yogyakarta, Karangmalang-Kuningan, Yogyakarta. Fakultas ini juga berseberangan dengan Fakultas Psikologi UGM yang dipisahkan oleh lembah UGM. Jadi kalau dari FBS lumayan deket lho buat main ke kampus seberang hihi.

Baca Juga  Hai Anak Kost; 4 Masjid di sekitaran UNY Ini Memberikan Buka Puasa Gratis Loh!

  • Fasilitas

FBS UNY memiliki fasilitas yang menunjang kegiatan belajar mengajar seperti gedung dan ruang kuliah, Lab. Bahasa, Lab. Komputer, Lab. Karawitan. Lab. Seni Musik dan Tari, Lab. Internet, Cine Club, Perpustakaan, dan Self-Access Learning Center. Selain sarana belajar mengajar, FBS UNY juga memiliki tempat untuk berkumpul bersama teman-teman maupun untuk mengembangkan potensi diri mahasiswa seperti Pendopo Tedjokusumo yang sering digunakan anak-anak tari untuk latihan tari, anak-anak musik untuk bermain musik, ataupun untuk berkumpul dan mengerjakan tugas.

baca juga : Daya Tampung dan Peminat SNMPTN UNY 2017

  • Peluang kerja

Peluang kerja lulusan adalah menjadi guru di sekolah-sekolah khusus dan umum, instansi pemerintah, swasta dan badan usaha lain yang bergerak di bidang pendidikan, penelitian, dan pengembangan SDM, sastrawan/seniman, jurnalis, penulis, pariwisata/perhotelan, dan terjemahan.

  • Jurusan, Program Studi, Daya Tampung dan Akreditasi
Baca Juga  Mengenal Lebih Dekat Dengan Prodi Baru Statistika UNY

 

About Bekti Renggani

Sastra Indonesia | 2014 | Mahasiswi yang suka nonton anime dan makan makanan Jepang

Check Also

Alasan Unik Mengapa Kuliah di UNY ?

Masa-masa lulus SMA atau SMK itu memang paling menyenangkan. Karena kita berhasil melewati jenjang pendidikan …