karirMahasiswa BangetPojok #UNYu

3 Tempat Mencari Info Lowongan Kerja Part Time, Mahasiswa Jobseeker Wajib Tahu!

Diterima di kampus pilihan hampir menjadi impian setiap orang. Untuk mencapainya tentu diperlukan sebuah perjuangan dan pengorbanan. Selain harus belajar dengan sungguh-sungguh, kita perlu mengorbankan banyak waktu bersama teman bahkan keluarga. Jika sudah dinyatakan lolos dan diterima tentu kita baru bisa merasakan manis dan indahnya sebuah pengorbanan. Akan tetapi, perjuangan dan pengorbanan tidak berhenti sampai di situ saja. Justru dengan memasuki dunia perkuliahan, itu adalah awal dari perjuangan dan pengorbanan yang sesungguhnya.

Satu hal yang perlu kita perjuangkan adalah masalah biaya perkuliahan. Biaya yang diperlukan untuk menempuh pendidikan tinggi biasanya lebih mahal dibandingkan jenjang pendidikan sebelumnya. Bagi yang mampu, mungkin hal tersebut adalah sesuatu yang bisa dianggap enteng. Namun, bagaimana dengan yang terhambat masalah ekonominya? Beasiswa tentu bisa menjadi solusi permasalahan tersebut. Akan tetapi, bagi sebagian orang menganggap persyaratan lolos beasiswa itu ribet dan biasanya hanya mahasiswa pandai yang bisa mendapatkannya. Mahasiswa yang tidak begitu pandai urusan akademik tentu akan lebih memilih alternatif lain. Terutama bagi yang mempunyai tekad kuat untuk membayar biaya perkuliahannya secara mandiri. Salah satunya dengan cara bekerja atau mencari pekerjaan part time yang tidak mengganggu waktu kuliahnya.

Baca Juga  Pendaftaran Asrama Mahasiswa UNY Wates Tahun 2020 sudah dibuka! Ini syarat dan tata caranya

Lalu, dari mana kita bisa mendapatkan informasi tentang lowongan part time? Nah, hal tersebut adalah poin penting yang akan kita bahas di sini. Yuk kita simak!

1. Media Sosial

Mahasiswa zaman sekarang tentu sudah tidak asing dengan Instagram, twitter, Facebook, Telegram, LinkedIn dan berbagai macam media sosial lainnya. Banyaknya platform yang ada bisa kita manfaatkan untuk mencari informasi, salah satunya lowongan kerja. Misalnya, sobat #UNYu ingin mencari lowongan kerja di Instagram. Kalian tinggal mengetik ‘lokerjogja’ atau ‘jogjaparttime’ di bagian kolom pencarian. Secara otomatis, akun-akun yang memberikan informasi seputar kerja part time akan muncul berderet-deret. Begitu pula untuk platform media sosial lainnya.

2. Website

Bagi mahasiswa, website juga bukan suatu hal yang asing di telinga mereka. Sama konsepnya dengan media sosial, jika ingin mencari info part time, kalian tinggal mengetik ‘loker part time Jogja’ di mesin pencarian. Website yang biasa digunakan untuk mencari info lowongan pekerjaan, yaitu jobstreet.co.id, lokerjogja.id, indeed.com, dll. Tinggal bagaimana kita pandai memilih dan memilah lowongan yang cocok untuk kita.

Baca Juga  Prof. Haikal dan Perjumpaan Sesaat

3. Status WhatsApp Teman

Status WhatsApp atau yang sering disingkat WA memang sering kita jadikan sumber untuk mencari informasi, salah satunya lowongan kerja. Meskipun masih jarang, info loker tersebut biasanya lebih valid dan lebih terpercaya karena yang menyebarkan adalah teman kita sendiri. Selain itu, kita jadi lebih nyaman untuk bertanya-tanya mengenai lowongan tersebut. Atau jika tidak ada lowongan di media sosial dan website yang cocok dengan passion dan jadwal kita, bisa saja kita membuat status WA ‘Info loker part time untuk mahasiswa’. Biasanya, akan ada satu atau dua orang yang akan membalas status WA dan memberi tahu mengenai informasi lowongan kerja part time tersebut.

Tiga sumber di atas adalah beberapa situs online yang bisa dijadikan sumber dalam mencari informasi lowongan pekerjaan. Sebenarnya, jika membicarakan info lowongan pekerjaan yang profesional, LinkedIn adalah salah satu platform yang lebih dianjurkan. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk mencoba tiga hal di atas. Selamat mencoba!

Zahra Radhiyya M

Mahasiswi S1 Pendidikan Teknik Boga

Related Articles

Back to top button
X