MahasiswaPojok #UNYu

5 Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Saat Presentasi, Mahasiswa Wajib Tahu!

Presentasi adalah salah satu hal yang pasti pernah ditemui bahkan dirasakan oleh mahasiswa, mau itu mahasiswa dari kampus swasta ataupun kampus negeri. Bahkan presentasi ini juga sudah diajarkan sejak kita duduk di bangku sekolah dasar. Nah, sesi yang paling mendebarkan adalah ketika sesi tanya jawab. Apalagi kalau presentasi dilakukan ketika kelas luring. Beuh, deg-degannya akan lebih terasa. Tapi, kalau presentasi dilakukan saat kelas daring, kesempatan untuk mencari jawaban lewat internet akan lebih besar.

Nah, biasanya pertanyaan yang diajukan oleh audiens itu beragam. Tapi, ada beberapa pertanyaan template yang sering ditanyakan setiap kali ada teman lain yang sedang presentasi di depan kelas. Kali ini, kami akan memberi bocoran pada sobat #UNYu, 5 pertanyaan template yang sering ditanyakan oleh audiens saat presentasi. Yuk kita simak!

1. “Apa senyebab dan akibat dari…?”

Pertanyaan mengenai sebab dan akibat sering sekali ditanyakan oleh mahasiswa ketika sesi tanya jawab saat presentasi. Meskipun kebanyakan presentator akan mencantumkan materi sebab dan akibat, tapi pertanyaan ini masih sering dipertanyakan oleh audiens. Nah, kalau memang ada audiens yang bertanya tentang sebab akibat, maka kita sebagai presentator cukup menjawab sesuai yang kita ketahui dan sudah kita pelajari sebelumnya.

2. “Bagaimana penerapan … dalam kehidupan sehari-hari?”

Pertanyaan template kedua yang sering sekali ditanyakan oleh audiens, penerapan tentang materi yang kita sampaikan dalam kehidupan nyata atau kehidupan sehari-hari. Karena biasanya, materi yang dipresentasikan adalah sesuatu yang sifatnya sangat teoritis sehingga jika tidak diberikan penjelasan mengenai penerapannya, audiens masih tetap bingung dengan materi yang sudah dijelaskan.

Baca Juga  Ingin Mengenal Kampus UNY Lebih Dekat ? “Tour De Kampus” Bisa Menjadi Pilihanmu !

So, kalau sobat #UNYu bertugas sebagai presentator, pelajari juga penerapan materi yang kita sampaikan dalam kehidupan sehari-hari, ya!

3. “Apa keunggulan … dibandingkan sesuatu yang sudah ada sebelumnya?”

Seiring perkembangan zaman, teori-teori yang sudah ada sejak zaman dulu biasanya ada yang diperbarui atau dikurangi. Tujuannya ya untuk memperbaiki atau menambah nilai efektivitas dari teori sebelumnya. Nah, sesuatu yang baru ini biasanya akan menimbulkan pertanyaan baru, yaitu apa keunggulannya jika dibandingkan dengan sebelumnya?

Contoh, gadget yang semakin lama semakin canggih. Tentu kita akan bertanya-tanya tentang keunggulan dari produk baru dan jika dibandingkan dengan produk sebelumnya, apakah lebih baik atau justru lebih buruk?

So, jika materi yang sobat #UNYu presentasikan adalah sesuatu yang baru, kalian harus siap untuk mendapatkan pertanyaan semacam ini.

4. “Apa kekurangannya dan bagaimana cara untuk mengatasinya?”

Pertanyaan semacam ini juga termasuk pertanyaan template yang sering ditanyakan oleh audiens. Apalagi kalau penyampaian materinya tentang program-program yang kita jumpai saat ini. Baik itu program organisasi, program pemerintahan, program negara, dll. Sebab, untuk mengatur manusia yang jumlahnya tidak sedikit tentu saja akan sulit sehingga kekurangan adalah hal yang tidak bisa dipisahkan darinya. Tapi, hal tersebut tentu saja harus bisa diatasi.

Baca Juga  Kamu Alumni UNY? Kini Legalisir Ijazah Bisa Online Lho, Begini Caranya

So, kalau sobat #UNYu menyampaikan materi yang menimbulkan pertanyaan semacam ini, kalian harus menyiapkan jawaban yang bisa dijadikan sebagai solusinya juga, ya!

5. “Apakah ada alternatif lain ketika … tidak terlaksana dengan baik atau tidak bisa dimanfaatkan lagi?”

Pertanyaan ini sering diajukan ketika materi yang disampaikan mengenai sebuah program, sumber daya, dll. “Jika program tidak terlaksana dengan baik, apa alternatif/program lain yang bisa diterapkan?” atau “Jika sumber daya tersebut habis atau tidak bisa dimanfaatkan lagi, apakah ada alternatif lain?”

So, jika yang kita sampaikan adalah materi mengenai suatu hal yang bisa rusak, gagal, atau habis, maka kita harus mempersiapkan jawaban alternatifnya.

Nah, itu tadi 5 pertanyaan template yang sering ditanyakan saat presentasi. Intinya, ketika kita akan bertugas sebagai presentator, maka kita harus betul-betul paham dengan apa yang akan kita sampaikan. Karena pada dasarnya, jika kita sudah memahami materi yang akan dipresentasikan dengan matang, maka pertanyaan serumit apapun akan mudah untuk kita jawab. Setuju, kan sobat-sobat #UNYu ku?

Zahra Radhiyya M

Mahasiswi S1 Pendidikan Teknik Boga

Related Articles

Back to top button
X