Pojok #UNYuTipsUNY Banget

Lakukan 5 Tips Ini Saat Jadi Moderator Presentasi! Dijamin Jadi Kesayangan Dosen!

Halo, Sobat UNYu!

Kira-kira, selama kuliah di UNY, sudah berapa kali kalian jadi moderator presentasi? Atau ada yang belum pernah jadi moderator sama sekali?

Posisi moderator memang kadang sering dihindari oleh para mahasiswa. Ada banyak alasan mengapa mahasiswa tidak mau jadi moderator. Salah satunya, tidak percaya diri dan takut garing. Padahal, semua orang bisa lho jadi moderator. Sosok yang dikenal pendiam atau introvert sekali pun juga bisa jadi moderator andal. Nah, coba lakukan 5 tips di bawah ini biar kamu makin berani untuk jadi moderator saat kuliah.

Sumber gambar: Pixabay.com

1. Persiapkan diri dengan baik

Jangan lupa untuk siapkan semua terkait kebutuhan Sobat UNYu saat mau jadi moderator. Misalnya, catatan kecil berisi garis-garis besar yang akan disampaikan, seperti pembukaan, pengenalan diri dan kelompok yang presentasi, lalu menyilakan waktu untuk kelompok tersebut presentasi, membuka sesi tanya jawab, menyampaikan kesimpulan, dan penutup. Sobat UNYu bisa buat versi yang lain juga. Fungsi catatan kecil adalah agar kita tidak lupa urutan-urutan yang ingin disampaikan.

Selanjutnya, jangan lupa siapkan penampilan dengan baik. Pakailah baju yang nyaman dan tidak membuat panas. Pakailah baju yang sopan dan rapi. Ingat, teman-teman kuliah pasti akan sering melihat moderator. Jadi, pastikan penampilan kalian enak dipandang.

Baca Juga  Selamat! Inilah Wisudawan Peraih IPK Tertinggi Periode Februari 2022/2023

Tak lupa juga latihan sebelum tampil jadi moderator. Latihan membaca sekilas urutan kalimat yang ingin diucapkan. Pastikan kalian membaca dengan artikulasi yang jelas dan volume yang cukup terdengar oleh semua teman kelasmu sebagai audiens.

2. Saat tampil jadi moderator, tunjukkan rasa percaya diri

Saat kalian sudah maju menjadi moderator, tunjukkan rasa percaya diri dengan melakukan eye contact pada teman-teman di kelas. Tidak perlu mengeluarkan kalimat demi kalimat dengan terburu-buru. Lakukan dengan tenang dan penuh konsentrasi. Gunakan gerakan wajah dan tubuh yang komunikatif dan sesuai kebutuhan.

3. Bangun suasana yang dinamis dan komunikatif

Berikutnya, jangan lupa untuk bangun suasana agar lebih dinamis dan komunikatif. Jika saat presentasi kalian melihat ada teman yang ramai sendiri, kalian sebagai moderator bisa mengarahkan teman tersebut agar fokus kembali pada materi. Ingatkan dengan kalimat yang sopan dan jelas. Lalu, saat sudah memasuki sesi tanya jawab, beri kesempatan audiens untuk bertanya. Akan lebih baik juga jika kalian ikut mencatat poin pertanyaannya.

4. Mampu memimpin diskusi dengan bijak

Saat Sobat UNYu jadi moderator dan sudah memasuki tanya jawab, tidak jarang terjadi perdebatan pendapat antara kelompok yang presentasi dengan penanya. Nah, sebagai moderator, jadilah pemimpin diskusi yang bijak. Beri kesempatan penanya dan penjawab untuk memaparkan pendapat sesuai porsinya. Jika terjadi perdebatan, jadilah penengah agar menghindari terjadinya pertengkaran. Tak lupa juga, perhatikan jalannya waktu untuk sesi tanya jawab agar tidak melebihi dari waktu yang direncanakan.

Baca Juga  Tipe Mahasiswa Waktu Ngerjain Tugas, Kamu Yang Mana?

5. Sampaikan kesimpulan dari materi yang disampaikan oleh kelompok presenter

Sebagai moderator, kalian bisa sampaikan kesimpulan singkat tentang materi yang dipresentasikan tadi. Sampaikan dalam bentuk singkat saja, cukup satu atau dua paragraf.

Nah, itulah 5 cara yang bisa Sobat UNYu lakukan saat ingin menjadi moderator presentasi di kelas. Tak hanya moderator di kelas, kalian bisa terapkan cara tadi saat menjadi moderator di luar perkuliahan. Yang pasti, jangan takut atau ragu untuk menjadi moderator. Akan banyak manfaat yang bisa kalian dapat, seperti bisa melatih kemampuan public speaking, kepekaan, problem solving, dan kepemimpinan. Siapa tahu, mulai dari moderator kelas, kalian kelak bisa berkesempatan menjadi moderator di acara kampus atau acara yang lebih besar.

Anis Safitri

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNY @irtifassina

Related Articles

Back to top button
X