Mahasiswa BangetPojok #UNYu

Masa Depan Cerah, Inilah 7 Jurusan Kuliah Yang Menjanjikan

Memilih jurusan menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian calon mahasiswa yang ingin menempuh jenjang perkuliahan. Memang setiap orang memiliki kecocokan masing-masing bagi jurusan pilihannya.

  1. Ilmu Rekayasa/Teknik

Tidak dapat dipungkiri lagi jurusan yang berkaitan dengan bidang Rekayasa dan Teknologi menjadi jurusan yang paling menjanjikan saat ini. Dari rekayasa fisik yang terdapat wujudnya hingga rekayasa non-fisik seperti coding dan perangkat lunak menjadikan rumpun ini sangat dibutuhkan pada masa kini. Lowongan di bidang ini terbuka lebar bahkan banyak perusahaan mencari pekerja dengan latar belakang pendidikan di bidang rekayasa atau Teknik.

Lulusannya identik dengan gelar insinyur atau Sarjana Teknik. Beberapa jurusan populer di bidang rekayasa/Teknik ini mulai dari yang berkaitan dengan hal-hal fisik seperti Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Industri, berkaitan dengan desain seperti Teknik Arsitektur, Teknik Planologi, berkaitan dengan hal-hal digital seperti Teknik Informatika, Teknik Komputer, hingga rekayasa dari suatu ilmu eksak seperti Teknik Fisika, Teknik Kimia, Bioteknologi, dan lain-lain.

  1. Pendidikan

Jurusan Pendidikan adalah jurusan yang tidak akan pernah mati bahkan lulusannya akan selalu dicari dimanapun berada. Yap, jurusan Pendidikan adalah jurusan paling menjanjikan sepanjang masa. Saya berani berkata demikian karena sejak dahulu, sekarang, hingga masa depan jurusan ini akan selalu dibutuhkan untuk mendidik dan membangun manusia menjadi lebih baik dan beradab di dunia ini.

Lulusan dari jurusan Pendidikan identik dengan Guru meski begitu tidak semua lulusan menjadi guru terdapat jurusan kependidikan yang mengarah pada pengembangan pendidikan dan riset agar pengelolaan sistem pendidikan dapat terus berkembang dari masa ke masa. Jurusan ini dahulu dikenal sebagai Pedagogi kini berubah menjadi Ilmu Pendidikan.  Jurusan Pendidikan cukup luas terbagi atas beberapa jurusan yang lebih rinci menyesuaikan dengan jenjang pendidikan ataupun kebutuhan lain sesuai dengan fokus pendidikannya.

  1. Ekonomi
Baca Juga  Ujian Nasional Boleh Saja Usai, Bukan Berarti Kamu Bisa Santai. Masih Ada Bangku Kuliah Idaman Yang Butuh Diperjuangkan!

Perekonomian adalah hal terpenting bagi suatu negara. Ekonomi menjadi bidang penting yang tidak dapat dilepaskan bagi kehidupan manusia masa kini. Tentu dibutuhkan orang-orang yang pandai dalam ekonomi untuk mengelola perekonomian mulai dari perekonomian keluarga, perusahaan, daerah, hingga negara sehingga dapat mencapai kesejahteraan.

Kemampuan dalam pengelolaan ekonomi ini yang selalu dibutuhkan di berbagai instansi. Jurusan ini akan menuntun kamu dalam membuat pilihan yang dianggap paling menguntungkan dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang tersedia. Selain itu, dengan belajar Ilmu Ekonomi secara lebih dalam, dapat menimbang prioritas kebutuhan dan urgensinya dengan harapan dapat lebih bijak menentukan, yang mana hanya kemauan, yang mana kebutuhan.

  1. Ilmu Kesehatan dan Kedokteran

Ilmu Kesehatan dan Kedokteran memiliki peranan sangat penting dalam kehidupan manusia. Maka dari itu orang-orang yang mempelajari ilmu kesehatan dan kedokteran sangat dibutuhkan selama keberlangsungan hidup manusia. Jurusan di bidang kesehatan termasuk popular dan menjadi program studi favorit. Banyak pelajar lulusan SMA yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi sangat berminat memilih jurusan ini karena memberikan potensi masa depan yang cerah dan pasti.

Lulusannya Identik dengan gelar Dokter (dr.), Sarjana Kesehatan Masyarakat, dan gelar lain yang berkaitan dengan kesehatan. Ilmu Kesehatan dan Kedokteran terbagi atas beberapa jurusan seperti Pendidikan Dokter, Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Keperawatan, dan sebagainya. Jika sudah tingkat lanjut rata-rata lulusannya dianjurkan meneruskan Pendidikan profesi seperti Profesi Dokter, Apoteker, Perawat, hingga Spesialis dan Subspesialis (Bagi lulusan Dokter).

  1. Sains Murni/MIPA
Baca Juga  Definisi Kesuksesan Akan Makin Sederhana Saat Fasemu Berada di Seperempat Abad Usia

Sains atau Ilmu Murni merupakan ilmu yang memiliki potensi untuk terus berkembang seiring perkembangan ilmu pengetahuan. Orang-orang yang berasal dari jurusan ilmu murni matematika dan IPA memiliki peluang yang menjanjikan untuk berkontribusi dalam perkembangan ilmu pengetahuan khususnya pada ilmu-ilmu alam seperti Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi, Aktuaria, dan Statistika.

Lulusan dari jurusan-jurusan MIPA biasanya memiliki gelar Sarjana Sains (S.Si.) atau gelar lain yang setara sesuai jurusannya. Peluang kerja di jurusan-jurusan MIPA diantaranya dapat menjadi Ilmuwan, Dosen, Asisten Lab, Analis Kesehatan, Guru, Ahli Statistik, Programmer, dan lain-lain

  1. Sosial dan Humaniora

Jurusan ini adalah bidang keilmuan yang cukup luas dengan cabang keilmuannya yang melimpah. Jurusan-jurusan ilmu sosial meliputi bidang-bidang yang berhubungan dengan budaya, politik, ekonomi atau sejarah.

Ada beberapa jurusan yang cukup populer di bidang ilmu sosial seperti Hubungan Internasional dengan prospek karir sebagai aktivis di sebuah NGO, diplomasi dan kedutaan bagi negaranya, Ilmu Komunikasi dengan prospek karir sebagai jurnalis, atau Ilmu Sejarah dengan prospek karir sebagai sejarawan, dan Ilmu Politik atau Ilmu Sosial yang memiliki prospek sebagai Pengamat Politik dan Sosiolog.

  1. Desain

Desainer adalah “otak” di balik setiap konsep atau ide logo, paket makanan, situs web, dan banyak lagi. Sebagai lulusan jurusan desain, kamu bisa berkarir sebagai desainer grafis, copy-write artis visual, digital marketing, atau editor periklanan.

Jurusan ini sangat menjanjikan bagi orang yang memiliki passion dibidang seni visual dan mengaplikasikannya secara langsung untuk kegiatan-kegiatan yang berhubungan gambar atau ilustrasi. Jurusan ini adalah yang paling banyak dicari dan mendominasi di industri kreatif.

Naufal Shidqi Laras

Mahasiswa S1 Ilmu Sejarah UNY 2018 mnaufalshidqi.wordpress.com

Related Articles

Back to top button
X