intip JurusanPojok #UNYu

Mengenal Program Magister (S2) Pendidikan Luar Sekolah UNY

Hallo sobat #UNYu apa kabar, kalian udah pada lulus atau belum nih? Oh iya, buat kalian yang sudah lulus S1/D4 dan masih bingung mau ngapain dan ingin belajar lebih mendalam lagi, lebih baik kalian lanjut S2 aja! Program Magister (S2) merupakan program perguruan tinggi bagi lulusan S1/D4 untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi (S2) agar memperoleh gelar Master. Di UNY sendiri banyak program studi S2 salah satunya prodi PLS (Pendidikan Luar Sekolah) atau bisa disebut dengan PNF (Pendidikan Nonformal), untuk informasi lebih lanjutnya, yuk kita simak artikel berikut ini.

Program Studi Magister Pendidikan Luar Sekolah (PLS)/Pendidikan Nonformal untuk mempersiapkan magister yang unggul dan dapat memperkuat kapasitas Pendidikan Nonformal yang berorientasi kewirausahaan sosial. Salah satu kegiatan rutin adalah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PPM).

Pendaftaran program studi ini bisa melalui:

  • SM Pascasarjana jalur portofolio
  • SM Pascasarjana jalur CBT
Baca Juga  Apa itu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Nantinya lulusan program studi ini memiliki gelar Magister Pendidikan (M. Pd) untuk durasi waktu studi selama 4 semester (perkiraan studi penuh waktu). Fasilitas yang terdapat di program studi ini berupa perpustakaan, lab komputer dan internet, ruang kuliah, multimedia, layanan bahasa, serta fasilitas umum lainnya. Sedangkan biaya Pendidikan & Beasiswa di program studi ini meliputi SPP. Ada juga berbagai beasiswa untuk jenjang S2 seperti Beasiswa LPDP, Beasiswa BPI/BU, Beasiswa Prestasi UNY, dan Beasiswa perorangan, sedangkan daftar biaya pendidikan dan beasiswa pilihan lebih lengkapnya lagi bisa dilihat di laman pmb.uny.ac.id

Adapun prospek kerja prodi PLS yaitu:

  1. Dosen S1 Prodi PLS atau yang relevan
  2. Pamong belajar atau widyaprada
  3. Peneliti Pendidikan Nonformal
  4. Pengembang Pendidikan Nonformal
  5. Pelaku kewirausahaan sosial
  6. Konsultan Pendidikan Nonformal
  7. Pengembang masyarakat
  8. Pengembang wisata, dan lain-lain
Baca Juga  5 Hal Bermanfaat yang Bisa Didapatkan Waktu ikut Pesantren Kilat

Kenapa sih kalian harus gabung Program Magister PLS ini? Nah, berikut ini keunggulan yang bisa didapat kalua masuk Program Magister PLS:

  • Terakreditasi unggul oleh BAN PT
  • Sumber daya dosen berkualifikasi guru besar dan doktor
  • Bekerja sama dengan lembaga dalam negeri maupun luar negeri seperti Kemendikbudristekditi Kementerian Desa, Transmigrasi, BKKBN Dinas Sosial, Asosiasi Experiental Learning Indonesia (AELI), Shrinakharinwarot Thailand University dan lain
  • Ketersediaan digital library yang bisa membantu mahasiswa dalam mencari number referensi
  • Pengembangan Inovasi Pendidikan Nonformal melalui penelitian dan kajian-kajian jumal ilmiah yang bereputasi

Konsentrasi atau focus dalam program studi ini ada beberapa jenis yaitu:

  1. Pemberdayaan Masyarakat
  2. Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)
  3. Pemberdayaan Keluarga
  4. Pengembangan Wisata Edukasi

Nah, lengkap sekalikan Program Magister PLS UNY ini. Yuk, bergabung bersama menjadi mahasiswa/i Pendidikan Luar Sekolah!

Silvia Adisty

Mahasiswi PLS UNY 2020

Related Articles

Back to top button
X