Kuliner

Rekomendasi Sate Enak di Jogja

Sate merupakan salah satu hidangan yang hampir selalu ada di setiap daerah di Indonesia, bahkan mancanegara. Akan tetapi, sate yang masuk dalam daftar 50 makanan terenak di dunia adalah sate ayamnya Indonesia. Sate ayam bumbu kacang yang sering kita makan sebetulnya merupakan sate khas Madura yang saat ini sudah tersebar di seluruh Indonesia. Banyaknya penjual sate ayam di berbagai daerah inilah yang menjadikan orang-orang tidak mengetahui bahwa makanan tersebut berasal dari Madura.

Ngomong-ngomong soal sate, Jogja juga punya sate khasnya sendiri, yaitu sate klathak. Sate khas Jogja ini tentu punya rasa yang nggak kalah enak dengan sate daerah lain. Nama klathak sendiri diambil dari bunyi sate ketika dibakar di atas arang seperti ‘klathak..klathak..klathak..’

Sate klathak ini cukup berbeda dengan sate ayam yang sering dijual di berbagai daerah. Sate klathak berisi daging kambing yang ditusuk menggunakan jeruji besi. Bumbu yang digunakan pun bukan bumbu kacang, melainkan bumbu simpel berupa lada dan garam.

Nah, masih berbicara sate di Jogja, penulis punya beberapa rekomendasi sate enak di Jogja, nih! Nggak cuma sate klathak, tetapi ada sate ayam dan juga sate kere. Tanpa basa-basi lagi, yuk kita simak!

Sate Ayam

Sate ayam yang ada di Jogja sangat banyak variannya, mulai dari sate ayam madura, sate ayam bumbu merah, sampai sate ayam taichan yang dibuat seolah-olah mirip makanan Jepang. Di Jogja sendiri, ada beberapa rekomendasi sate ayam yang enak dan ramai pengunjung, yaitu Sate Ratu, Sate Pak Kromo, dan Sate Taichan Senayan.

Baca Juga  Nyari Seblak Khas Bandung Tapi Sesuai Lidah Jogja? Yuk ke Seblak Mem’s Kitchen aja !
foto : Alkhapila Nahri Zulhazmi

Nah, salah satu sate ayam yang belakangan ini sedang ramai diburu oleh pecinta sate adalah Sate Ratu. Sate Ratu merupakan sate ayam bumbu merah yang unik sehingga sering menjadi tempat jujugan wisatawan mancanegara untuk mencicipi sate Indonesia. Wajar saja kalau Sate Ratu mendapat julukan Juara Nasional. Sebab, sampai saat ini sudah ada 86 turis dari negara berbeda yang singgah di Sate Ratu. Sate Ratu bisa kalian jumpai di Jalan Sidomukti, Tiyosan, Condong Catur, Sleman dan buka pada hari Senin-Sabtu, pukul 11.00-21.00 WIB.

Nggak Cuma sate bumbu merah, Sate Ratu juga menyediakan berbagai macam jenis sate dengan harga mulai Rp15.000-Rp25.000.

Sate Klathak

Wisata kuliner di Jogja rasanya belum lengkap kalau belum mencoba sate klathak khas Jogja. Sate daging kambing muda yang ditusuk menggunakan jeruji besi dari sepeda ini banyak dijumpai di sepanjang jalan Imogiri Timur. Menurut cerita, sate klathak yang legendaris di Jogja adalah Sate Pak Pong. Akan tetapi, Pak Pong bukanlah pelopor sate klathak pertama di Jogja. Meskipun demikian, Sate Pak Pong memang terkenal enak dan ramai pengunjung, terutama ketika akhir pekan tiba. Bahkan, untuk menunggu pesanannya datang bisa memakan waktu yang cukup lama. Harga sate yang dijual Pak Pong ini mulai dari Rp27.000,00.

foto : Noer Ainun

Oh iya, jika kalian ingin mencicipi rasa legendaris dari Sate Pak Pong, kunjungi saja warungnya yang berada di Jl. Sultan Agung No.18, Jejeran II, Wonokromo, Kec. Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka Sate Pak Pong yaitu pukul 09.00-23.00 WIB

Baca Juga  Mides; Mie Lezat khas Pundong Bantul

Sate Kere

Sesuai dengan namanya, sate kere dulunya dibuat untuk memuaskan masyarakat kurang mampu. Sebab, pada zaman dahulu sate yang ada berbahan dasar daging sapi yang harganya mahal. Oleh karena itu, munculah ide untuk membuat sate kere yang berbahan dasar tempe gembus atau jeroan.

foto : Rahmat Nugroho

Dari berbagai sumber yang ada, sate kere sendiri ternyata bukan makanan tradisional Jogja, melainkan dari Solo. Tapi, di Jogja masih cukup banyak penjual sate kere sehingga banyak yang mengira bahwa sate kere berasal dari Jogja. Beberapa sate kere yang penulis rekomendasikan adalah Sate Kere Kupat Sayur Mbah Mardi dan Sate Kere Pasar Beringharjo.

Meskipun sama-sama sate kere, dua rekomendasi ini memiliki cara penyajian yang berbeda.

Sate kere yang dijual di sepanjang jalan dekat pasar Beringharjo mirip dengan sate kere pada umumnya. Sementara Sate Kere Mbah Mardi disajikan bersama kupat dan kuah santan yang memiliki rasa gurih pedas ditambah satenya sendiri yang manis. Warung sate Mbah Mardi berlokasikan di Jalan Godean Km.7,5, Sidomoyo, Kapanewon Godean, Sleman dan buka mulai pukul 16.00 WIB. Harga yang dipatok juga tidak begitu mahal, yaitu mulai Rp12.000-an saja.

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi sate yang enak dan bisa kalian jadikan tujuan wisata kuliner di Jogja.Jadi, sudah kepikiran belum ingin mencicipi sate Jogja yang mana dulu?

Zahra Radhiyya M

Mahasiswi S1 Pendidikan Teknik Boga

Related Articles

Back to top button
X