Pojok #UNYuTips

Tips Lancar Micro Teaching, Mahasiswa Pendidikan Wajib Tahu!

Hallo Sobat #UNYu!

Siapa disini yang sudah mendapatkan mata kuliah Micro Teaching atau Pembelajaran Mikro?

Mata kuliah Micro Teaching adalah salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa kependidikan. Sebab, mata kuliah ini dirancang untuk membantu calon guru atau pendidik dalam meningkatkan keterampilan mengajar mereka.

Biasanya mata kuliah ini dibentuk dalam beberapa kelompok kecil di setiap kelasnya. Setiap kelompoknya diisi kurang lebih oleh 10 mahasiswa. Waktu yang disediakan untuk setiap mahasiswanya pun cukup singkat, sekitar 10-15 menit. Selain itu, dalam mata kuliah Micro Teaching mahasiswa dibebaskan untuk memilih satu atau beberapa keterampilan mengajar saja, seperti mengelola kelas, memberikan umpan balik yang baik, pemanfaatan media pembelajaran, atau menjelaskan materi secara menarik. Dengan demikian, mata kuliah ini berfungsi untuk melatih mahasiswa agar bisa melakukan praktik mengajar secara singkat, terfokus, dan intensif di depan teman-teman satu kelompok tersebut ditambah dengan satu dosen pembimbing.

Meskipun praktik mengajar masih dilakukan dalam lingkup yang terbilang kecil, beberapa mahasiswa masih sering gugup ketika sudah berada di depan kelas sehingga materi yang ingin disampaikan sering terlupa. Oleh karena itu, penulis punya beberapa tips supaya sobat #UNYu bisa lancar ketika sedang berada di depan kelas nanti. Yuk kita simak!

Baca Juga  4 Aksi Anak Kost Yang Egois
Persiapan yang Matang

Sebelum tampil di depan kelas sebagaimana seorang guru mengajar, sobat #UNYu perlu mempersiapkan diri terlebih dulu. Terlebih jika kalian jarang tampil di depan umum, tentu rasa grogi yang muncul akan lebih besar dibandingkan teman-teman yang sudah biasa tampil di depan banyak orang atau presentasi di hadapan orang banyak.

Nah, persiapan yang bisa sobat #UNYu lakukan yang pertama adalah berusaha untuk menguasai materi. Dengan penguasaan materi yang mumpuni, sobat #UNYu akan lebih mudah untuk menjelaskan materi di depan kelas. Kalaupun grogi, sobat #UNYu setidaknya tetap bisa menjelaskan karena sudah betul-betul paham dengan materi yang disampaikan, bukan hanya sekadar menghafal materi saja.

Setelah merasa mampu dalam penguasaan materi, sobat #UNYu bisa mulai untuk latihan secara berulang, seperti berlatih untuk membuka kelas, untuk menyampaikan materi, dan juga menutup pembelajaran. Sobat #UNYu bisa membuat catatan kecil tentang urutan penyampaian atau apa saja yang akan disampaikan nantinya. Dengan begini, ketika kalian lupa dengan apa yang ingin disampaikan, catatan kecil bisa sedikit membantu mengembalikan ingatan sobat #UNYu sekalian.

Yakin dengan Effort yang Sudah Dilakukan

Latihan berulang kali adalah salah satu cara agar sobat #UNYu bisa tampil percaya diri ketika di depan kelas. Sebab, ketika sobat #UNYu yakin dengan usaha yang sudah dilakukan sebelumnya, perasaan lebih percaya diri dengan kemampuan kalian akan muncul lebih besar. So, ketika sudah saatnya tampil di depan kelas, jangan pernah ragu dengan kemampuan kalian, ya!

Baca Juga  Telah Hadir! Prodi Baru Teknik Industri UNY
Menganggap Diri Kita Adalah Orang yang Paling Tahu Tentang Apa yang Akan Disampaikan

Ketika sudah ada di depan kelas, sobat #UNYu perlu menganggap bahwa diri kalian adalah orang yang paling tahu tentang materi yang akan disampaikan. Hal ini tentunya bisa kalian lakukan ketika kalian sudah belajar, sudah menguasai materi, dan sudah berlatih. Dengan begitu, menganggap diri sebagai orang yang paling tahu tidak akan berakhir pada sebuah kesombongan tetapi justru akan menambah kepercayaan diri kita.

Nah, itu tadi beberapa tips agar sobat #UNYu bisa lancar ketika sedang melakukan praktik mengajar skala kecil di depan kelas. Mata kuliah Micro Teaching ini kedepannya akan berguna ketika mahasiswa mendapatkan mata kuliah Praktik Kependidikan yang mengharuskan mereka terjun ke sekolah-sekolah untuk mengajar secara nyata. Seru dan bermanfaat, bukan?

Zahra Radhiyya M

Mahasiswi S1 Pendidikan Teknik Boga

Related Articles

Back to top button
X