Pojok #UNYuTips

Langkah Logis Taklukan Tanggal Tua Ala Mahasiswa

H- seminggu di akhir bulan dianggap tanggal-tanggal horror bagi sebagian besar mahasiswa. Kenapa? Pasalnya, pahlawan dompet mulai gugur dan menerbitkan pusing akut pemiliknya. Kalau sudah begitu, kamu pun baru menyadari ada kesalahan sistem manajemen keuangan. Monggo disimak langkah logis taklukan tanggal tua berikut ini.

meme-lucu-uang-menipis-di-tanggal-tua-6

1. Sayangi sisa-sisa pahlawan dompetmu dengan menggunakannya untuk hal yang sangat mendesak saja

Seberapa pun sisa pahlawan di dompetmu, kamu wajib mensyukurinya dengan menggunakannya untuk hal yang prioritas saja, gaes. Berhati-hatilah menggunakan uang agar tidak khilaf. Jangan sampai lemah melihat barang tertentu yang menyilaukan mata. Hari esok masih butuh makan dan kamu harus menyadari bahwa di tanggal tua inilah sikap prihatin itu harus dijalani dengan baik.

Baca Juga  Program Kerja (Proker) Mainstream yang Bakal Kamu Temui Selama KKN

2. Perbanyaklah kegiatan untuk kepentingan umum karena di balik kebaikan akan mendatangkan rezeki

Kamu memang punya masalah keuangan di tanggal tua, namun bukan berarti antipati terhadap sekitarmu. Perbanyaklah kegiatan untuk kepentingan umum, misalnya aktif di kegiatan masyarakat. Aktivitas tersebut akan mendatangkan rezeki yang datangnya tidak terduga, gaes. Justru salah jika di tanggal tua kamu malah bermalas-malasan di kost. Rezeki itu kan dicari bukan ditunggu. So, maksimalkan saja potensi sifat baikmu di tanggal-tanggal tua untuk kepentingan umum.

 3. Seringlah berkumpul bersama teman-teman untuk melepaskan beban di hati

Tanggal tua bukan berarti kamu tidak bisa berkumpul dengan teman-teman ya, gaes. Esensi berkumpul dengan teman-teman juga kan tidak mesti mengelurkan dana tertentu, ya kan? Siapa tahu dengan aktivitas ini, kamu bisa mendapat rezeki lain lewat temanmu. Traktiran misalnya atau pinjaman uang juga boleh. He..he.. Intinya, berkumpul dengan teman-teman akan membuatmu lebih bermakna dan bisa melepaskan beban di hati. Percayalah.

Baca Juga  Jadi, Apa Yang Sebenarnya? Sedang Mempertahankan Hubungan Atau Menunda Perpisahan?

4. Membuat skala prioritas kebutuhan untuk bulan depan

Merenunglah sejenak dan sadari penuh bahwa manajemen keuanganmu mesti diperbaiki agar bisa adem ayem di tanggal tua. Untuk itu, buatlah skala prioritas kebutuhan. Setelah membuatnya, silakan kamu menaati skala prioritas tersebut dengan tekad baja demi hidup yang lebih nyaman.

Bagaimana, mudah kan? Yes, jangan galau lagi ya kalau di tanggal tua.

Dy Zhisastra

Saya menyayangi mereka yang menyayangi saya | Pegiat Sastra Universitas Negeri Yogyakarta

Related Articles

Back to top button
Close
X