review

Tips Berhemat Pengeluaran Menjelang Tanggal Tua

Tanggal tua bukan hanya menjadi masalah yang bagi anak kosan dan juga pekerja kantoran yang masih hidup melajang, tapi juga bagi orang-orang yang sudah berumah tangga. Jelang tanggal tua, biasanya dompet sudah semakin menipis. Kita pun tidak tahu kemana saja uang yang dimiliki tersebut pergi.

Jika sudah demikian, biasanya kita baru ingat untuk berhemat setiap bulan. Belum lagi penyakit lupa tersebut datang ketika tanggal gajian tiba. Rasanya sudah seperti berada di dalam lingkaran setan yang tak ada habisnya.

Agar kejadian seperti di atas tidak terulang setiap bulan, kamu bisa mulai menghemat beberapa pengeluaran. Berikut ini adalah tips yang bisa kamu lakukan.

Setop Keinginan

Ibarat orang yang sedang berpuasa, godaan pada saat tanggal tua memang sangat menggoda iman.  sebut saja cicilan HP 0% sampai dengan penawaran travel fair yang memberikan diskon jutaan sampai dengan cash back lebih dari 50%. Siapa sih yang tak tahan jika banyak penawaran menarik seperti ini? Alih-alih ingin berhemat pada saat tanggal tua malah bisa membuat kamu menggesek kartu kredit gara-gara tergoda iman.

Cara menghindarinya, pikirkan dengan bijak keputusanmu sebelum membeli barang atau membeli sesuatu pada saat tanggal tua. Pastikan bahwa keputusan kamu mengeluarkan biaya pada saat tanggal tua merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditunda dan bukan sekadar keinginan untuk memenuhi gaya hidup semata.

Cari Tambahan dari Kerja Sampingan

Cara sederhana untuk mendapatkan tambahan pada saat tanggal tua adalah dengan melakukan kerja sampingan. Kerja sampingan tidak semata-mata harus kerja kantoran. Ada beberapa ide bisnis yang bisa kamu lakukan menjelang tanggal tua. Misalnya saja dengan menjadi penulis lepas atau desainer grafis lepas, atau memberikan les privat pada pelajar.. Tentu saja kerja sampingan membutuhkan keterampilan. Sesuaikan kerja sampingan dengan keterampilan yang kamu miliki.

Pilih Masak Ketimbang Beli

Baca Juga  Ini Dia Cara Pembuatan Masker Kopi dan Putih Telur Untuk Wajah

Memasak sendiri jelas akan mengurangi biaya konsumsi sehari-hari. Misalnya saja dengan memasak nasi sendiri akan membuat pengeluaran untuk makan sedikit berkurang. Tidak perlu memasak menu mewah, yang penting memenuhi kebutuhan gizi harian. Dengan menjalani kebiasaan seperti ini, kamu bisa lebih mudah dalam mengatur uang belanja. Apabila kamu belum berkeluarga, maka kamu bisa sekaligus belajar untuk mengatur kebutuhan rumah tangga kelak ketika sudah berkeluarga. Sebagai milenial, kamu harus mulai melek finansial. Apalagi ketika berkeluarga nanti, kamu akan memiliki beban finansial yang lebih besar, mulai dari kebutuhan anak, hingga membayar cicilan seperti cicilan rumah, kendaraan, atau bahkan cicilan HP yang harus dibayarkan setiap bulan.

Tahan Keinginan Nongkrong di Luar Rumah

Salah satu pengeluaran yang paling banyak biasanya adalah biaya nongkrong di luar rumah seperti nongkrong di sebuah kafe mewah. Jika nongkrong dijadikan kebiasaan, bisa-bisa isi dompetmu terkuras tanpa terasa sama sekali. Coba kamu hitung biaya nongkrong yang dihabiskan dalam kuru waktu sebulan, jika biaya nongkrong ternyata lebih besar dari biaya cicilan HP, artinya beban pengeluaran hidup kamu selama sebulan akan terganggu. Idealnya biaya untuk hiburan tidak lebih dari 20 persen jika dihitung dari total pendapatan. Akan lebih bermanfaat lagi jika gaya hidup mulai dikurangi dengan mengalihkannya pada investasi masa depan.

Baca Juga  Jam Tangan : Petunjuk Waktu Sekaligus Perhiasan Tangan

Atur Ulang Rencana Pengeluaran Bulan Depan

Salah satu cara untuk bisa menghemat pengeluaran menjelang tanggal tua adalah merencanakannya di awal bulan, bukan malah merencanakannya pada saat menjelang tanggal tua. Gunakan cara sederhana dengan membagi pengeluaran harian atau minguan. Misalnya buatlah komitmen untuk tidak mengeluarkan biaya lebih dari Rp 100 ribu per hari. Dengan begitu kamu akan terlatih untuk disiplin soal pengeluaran sehari-hari agar bisa bertahan hingga tanggal tua. Berhemat pengeluaran bulanan itu gampang, yang sulit adalah memegang komitmennya.

Begitu juga jika memiliki komitmen untuk membayar cicilan HP tiap bulan. Jangan sampai terlambat membayar cicilan kredit. Agar tidak terbebani dengan utang, kamu bisa memanfaatkan kredit instan online dengan cara bijak. Misalnya di Kredivo ada layanan “bayar tunai dalam 30 hari tanpa bunga”. Dengan begitu kamu tak perlu mencicil dengan jangka waktu yang panjang.

Untuk bisa mendapatkan layanan tersebut, download saja aplikasinya melalui Play Store maupun App Store dan siapkan beberapa dokumen seperti KTP, dan sambungkan satu akun e-commerce yang telah memiliki transaksi seperti akun Bukalapak, Lazada dan sebagainya. Prosesnya cukup mudah dan cepat kok. Pengajuan kamu akan diproses dalam waktu 1×24 jam. Cek saja beberapa keuntungan menggunakan Kredivo di halaman berikut ini.

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X