Meradarkan Rumus Eksakta Kehidupan | UNY COMMUNITY
Home / Pojok #UNYu / Meradarkan Rumus Eksakta Kehidupan? Cuma Anak FMIPA Yang Bisa Begini

Meradarkan Rumus Eksakta Kehidupan? Cuma Anak FMIPA Yang Bisa Begini

Adakah kaitan rumus-rumus eksakta dalam hidup? Pasti ada kaitan tersebut. Segala hal di muka bumi ini tidak ada yang kebetulan terjadi melainkan atas kuasa besar dari Sang Pencipta. Perlu sekali nih, #UNYu untuk menilik sisi lain rumus eksakta kehidupan yang diradarkan anak FMIPA berikut ini.

1. Hukum Kekekalan Massa

Hukum kekekalan massa berbunyi: “Perubahan massa terhadap waktu=0”. Esensi dalam kehidupan dari hukum kekekalan massa tersebut adalah bahwa dalam hidup ini akan selaluada yang berubah dari waktu ke waktu. Perubahan baik atau buruk tersebut tidak lain untuk mengetuk kita agar senantiasa wajar dalam hidup ini dan jadilah nol, jadilah rendah hati karena hanya Tuhan Sang Maha Agung yang menghendaki setiap langkah kita. Ketentuan di depan sudah Tuhan tetapkan. Kita hanya perlu berusaha dan berserah diri pada Tuhan dalam setiap keadaan apapun.

Baca Juga  Sebab Hidup Adalah Perjuangan, Kuliah Di Jurusan Kurang Populer Pun Bisa Membuatmu Jadi Orang Hebat

 2. Cahaya Polikromatis

Masih ingat cahaya polikromatis?  Cahaya polikromatis merupakan cahaya yang terdiri lebih dari satu warna, yaitu warna putih, di mana warna putih dapat membiaskan cahaya dan posisi yang tepat. Fenomena pelangi merupakan contoh cahaya polikromatis. Pelangi terbentuk jika ada sinar matahari yang datang pada sudut 42⁰ dan tampaklah berbagai warna berbentuk seperti pita. Warna merah cenderung lebih sering terlihat di lengkungan paling bawah. Apakah warna merah tersebut selalu berada di lengkungan paling bawah? Jawabannya: “Belum tentu”. Jika sudutnya 50⁰ dari kita, maka lengkungan merah akan berada di paling atas. Fenomena tersebut menandai bahwa dalam hidup ini sebagian besar orang hanya pandai memuji tapi tidak mengerti yang sesunguhnya.

Baca Juga  Refleksi Diri Perjalanan Kuliah dari Tiap Semester

Baca juga : 5 Atmosfer dari FBS UNY yang boleh kamu yakini kebenarannya

3. Pemetaan Fungsi (x)

hubungan fungsional

F(x) : Fungsi tujuan

X     : Himpunan variabel dunia

Y     : Himpunan variabel akhirat

Pemetaan tersebut memiliki esensi bahwa dalam hidup ini kita harus bisa memetakan himpunan dunia ke himpunan akhirat dengan cara beribadah dengan baik sehingga dunia dan akhirat merupakan sebuah hubungan fungsional yang tidak sia-sia.

So? Logis ya. Rumus eksakta pun mampu membahasakan hakiki kehidupan melalui logikanya sendiri.

About Dy Zhisastra

Saya menyayangi mereka yang menyayangi saya | Pegiat Sastra Universitas Negeri Yogyakarta

Check Also

Ketika Pertanyaan ‘KAPAN NIKAH?’ Mencuat Ke Permukaan Saat Lebaran, Siapkan Jawaban Berikut Ini

Kebayang gak gaes, saat momentum lebaran, saat di mana semua sanak keluarga berkumpul dan pertanyaan …